Air Terjun Sengkuang : Keindahan di Balik Hijuanya Kebun Teh Kabawetan




Hamparan Hijua Perkebunan Teh yang bagai menjadi sebuah lukisan pemandangan yang luar biasa, Percikan Air yang mengembun seakan memberikan kesejukan dan memberikan kesegaran pada setiap mata yang memandangnya, ciahh. Air Terjun Sengkuang : Keindahan di Balik Hijuanya Kebun Teh Kabawetan

Oh, iya di artikel ini ada sedikit vidio pendek tentang perjalanan ke Air Terjun Sengkuang ini ya.

Perjalanan Menuju Air Terjun Sengkuan


Perjalanan Luar Kota pertama di awal Tahun 2021, yang memberikan kisah betapa serunya Travelling bersama dengan sahabat. Mumpung kami sedang ada waktu libur yang bersamaan, jadi Traveling kali ini kami lakukan bersama-sama, yang biasanya aku traveling sendiri, namun kali ini aku di temani oleh para Sahabat ku yang luar biasa kocak,seru dan tidak bisa di jelaskan dengan kata deh betapa serunya jika Traveling bersama mereka.

Setalah sepakat kemana tujuan Traveling bersama ini, kami berangkat dari rumahku. Tujuan Traveling kami kali ini adalah sebuah Air Terjun Sengkuang. Air Terjun Sengkuang berada di Kabupaten Kephiang, Yang juga memiliki pesona Keindahan yang sangat Cantik.

Singkatnya, sekitaran 1 jam perjalanan menggunakan sepeda motor dan Kami tiba di Kabupaten Kepahiang. Sebagai patokan, awal masuk Kabupaten Kepahiang kalian akan menjumpai pasar yang di sebut pasar kepahiang. 

Dari pasar Kepahiang ini, berarti perjalanan sudah tidak begitu jauh lagi, hanya membutuhkan waktu sekitaran 30 lebih untuk bisa mencapai wisata Air Terjun Sengkuang.


Oke lanjut ya, Setelah melewat pasar kepahiang yang cukup ramai, perjalanan kami lanjutkan, melewati jalan belakang pasar kepahiang yang kemudian di lanjutkan melewati beberapa desa sebelum akhirnya tiba di area perkebunan Teh Kabawetan.

Nah ini adalah salah satu momen perjalanan yang begitu menabjubkan, sebelum bisa menikmati Pesona Air Terjun Sengkuang, para wisatawan biasanya akan menyempatkan untuk istirahat sejenak di Area Perkebunan Teh Kabawetan ini.

Jadi, sepanjang jalan menuju Air Terjun sengkuang ini adalah desa-desa yang memiliki suasana yang masih sangat asri, terlebih lagi saat melewati kebun Teh Kabawetan. Yang membuat perjalanan menuju Air Terjun Sengkuang akan menjadi lebih terasa mengasikkan

Setelah melewati Kebun Teh Kabawetan, berarti perjalanan sudah semakin dekat, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit untuk sampai di lokasi Air Terjun Sengkuan, Setelah tiba tepat di depan jalan masuk menuju Air Terjun kami istirahat sejenak untuk merengangkan pantat yang mulai menipis karena perjalanan yang cukup panjang ,



Sembari istirahat aku dan Andi, melakukan registrasi pembayaran tiket masuk Lokasi Air Terjun Sengkuang, sementara Riki dan Mezi tertawa-tawa ringan, entah apa yang sedang mereka tertawakan kami tidak tau!

pembayaran registrasi masuk selesai, dan kami menitipkan motor dan helm dengan bapak-bapak yang sedang bertugas tersebut, Yuk mulai jalan masuk.

Dari loket pembayaran registrasi sederhana tadi, perjalanan kami lanjurkan dengan berjalan kaki dong, kan motornya sudah di titipkana di atas. Haha, lagian juga tidak bisa untuk membawa sepeda motor ke air tejun. karena jalanya menuruni anak tangga, bukan anak tetangga!.

Sekitaran bejalan 5 menit yang di warnai dengan canda riang dari Sahabat kocak ku ini, membuat perjalanan tidak terasa bahwa kami sudah menuruni kurang lebih 50-60an anak tangga. dan tiba tepat di pinggir Air Terjun Sengkuang.

Setalah Sampai di pinggir Air Terjun Sengkuang. behhh... Pesona yang di di beri sungguh luar biasa sejuk,  Percikan Air yang mengembun seakan memberikan kesejukan yang memberikan kesegaran pada setiap butiran embun yang sampai ke wajah. Dengan Air yang begitu jernih, membuat mata seolah menjadi lensa landscape yang ingin mengabadiakan moment lewat sebuah kenangan.

Jembatan Air Terjun Sengkuang

Mau mandi sih sebenarnya, tapi saat itu cuaca sedang hujan, membuat rencana untuk mandi harus di batalkan dahulu. Kami hanya bersua foto di beberapa spot, seperti jembatan yang ada di depan Air Terjun, Anak tangga yang unik untuk di jadikan sopt foto.


asikk lah pokoknya di Air Terjun sengkuang ini, apa lagi saat aku ke sini barengan dengan sahabat-sahabat baikku, wihh lebih wahh lagi dong. nah buatkalian yang belum punya tujuan buat rekreasi wisata, Air Terjun Sengkuang ini Rekomended banget.

muka para sahabat-sahabatku



Selain itu akses menuju Lokasi Air Terjun ini juga sangat baik, tidak begitu jauh dengan lokasi parkir, dan jalan menuju air Terjunnya juga cukup enak rekomeded deh pokonya.

Air Terjun sengkuang ini terletak di area Perkebunan Teh Kabawetan, tepatnya di desa Mekar sari, Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang. Air Terjun Sengkuang ini berda di ketinggian 1.786 MDPL

Fasilitas dan Apa Saja yang Bisa di Lakukan di Air Terjun Sengkuang

Fasilitas di Air Terjun Sengkuang ini cukup lengkap dengan basic wisata alam Air Terjun seperti ini. Di Air Terjun sengkuang ini pengunjug juga bisa menikmati Sejuknya Air Terjun dengan semangkuk Pop Mie, yang bisa di beli di sekitar  Lokasi Air Terjun Sengkuang ini.

Mau mandi untuk bisa menikmati lebih segarnya air dari pegunungan ini ?. Tenang Di Air Terjun sengkuang ini pengujung juga di perbolehkan untuk mandi kok. Di beberapa bagian juga di sediakan kamar ganti, untuk pengunjung yang ingin mengganti baju mandi.

Kebelet pipis ? hahah. Di lokasi Air Terjun Sengkuang ini juga tersedia WC umum kok, jangan pipis di air terjun ya, kasian loh sama pengunjung yang lain harus menikmati air terjun yang bercampur pipis kalian, haha.

Tiket atau Karcis Masuk Air Terjun Sengkuang Kepahiang


Untuk menikmati keindahan air Terjun sengkuang ini pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang Rp 3.000 saja per satu orang. dan Parkir kendaraan Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua Rp 5.000 untuk Kendaraa roda empat.

Murah kan. untuk Menikmati Wisata Air Terjun Sengkuang ini. Kami yang waktu itu ber-empat dan dua sepeda motor, hanya di kenakan tarif  Rp. 20.000 saja. Dengan Fasilitas yang lumayan Lengkap.

Pembayaran tiket Masuk Air Terjun Sengkuang



Selain itu pengunjung juga tak perlu khawatir untuk menitipkan motor di parkirana ini, karena bapak-bapak penjaga parkirnya juga baik, dan insa'allah amanah, Karena pada saat itu si bapak penjaga parkir rela menunggu kami yang pulang terakhir hanya untuk menjaga sepeda motor kami.

Tips melakukan Perjalana ke Air Terjun Sengkuang


Tidak banyak tips sih jika kalian juga mau ke sini, saran saja. Baiknya jika jarak rumah kalian cukup jauh, datanglah lebih awal agar sampai dilokasi tidak terlalu kesiangan.

Gunakan jaket, karena nanti akan melewati pegunungan yang cukup dingin, terlebih lagi jika sore hari, kabut dan terkadang juga sering hujan, jadi baiknya juga menyediakan jas hujan, jika menggunakan sepeda motor.

Selamat menonton ke seruan dan ke kocakkan dari perjalanan kami, wkwk , ada mamang gorengannya loh🤭




Renah Semanek, Taman Kota Bengkulu Tengah

 


Setelah beberapa waktu tidak jalan-jalan, akhirnya hari ini kembali keluar untuk jalan-jalan, sekaligus untuk mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang sudah buram (seperti masa depan), awokawok dan hampir tidak terbaca sama sekali, karena sudah usang dan beberapa kali terendam air. (Arghh, mengeliat badan). Tak jauh dari area perkantoran Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah, terdapat sebuah Taman Wisata Bengkulu Tengah, yang Bernama Taman Renah Semanek - Taman Kota Bengkulu Tengah.


Renah Semanek, Taman Wisata  Bengkulu Tengah

Taman Wisata Bengkulu Tengah


Sebenarnya Taman Renah Semanek ini bukan tujuan perjalanan sih, tapi yah nanggung kan , kepalangan lewat sana, yaa sayang kalau tidak mampir, walaupun hanya sebentar untuk melepaskan rasa penasaran dan mengabadikan foto di sana.

Jadi, tadi kebetulan mau menganti KTP yang sudah mulai buram, dan bisa di bilang sudah hampir gak kelihatan sama sekali sih, nah kebetulan juga jalan menuju Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Bengkulu Tengah ini melewati salah satu Taman Wisata Bengkulu Tengah, yang juga masih Berada di area Perkantoran Pemerintah Bengkulu Tengah. Sayang kan jika tidak mampir sebentar.

Setelah mengurus KTP di Dinas DUKCAPIL yang gagal, karena stock untuk KTP sedang kosong, yah mau gimana lagi, pulang adalah salah satu solusi. Sempat nanya juga sih.
 Kira-kira kapan ada stock untuk KTP nya buk, Tanya ku dari lubang Loket yang menjadi pembatas antar aku dan kamu!.
 " Nah untuk kapan adanya kami belum bisa pastikan pak, Karena stocknya masih harus menunggu kiriman dari Jakarta, Jawab ibu-ibu admin dari dalam ruangan yang dibatasi kaca bening.
Oh iya buk, terimakasih jawab ku (padalah sedang butuh sekali KTP, untuk verifikasi adsense dan aplikasi Jenius) :(

Melewati Lorong menuju pintu keluar, parkiran, menghidupkan motor dan pulang. Nah di perjalanan pulang inilah aku sempatkan untuk mampir sejenak di Taman Wisata Bengkulu Tengah, Taman Renah Semanek ini.


Taman Renah Semanek, Taman Kota Bengkulu Tengah


 untuk spot foto hunting yang instagramable


Taman Renah Semanek, Taman Wisata Bengkulu Tengah ini sebenarnya cukup bagus sih untuk di jadikan tempat rekreasi bersama keluarga. Taman Renah Semanek ini juga cukup sejuk, yaa karena tempatnya berada di area pedesaan dan perkantoran Pemerintah Bengkulu Tengah, tapi sayangnya Taman Ini tidak begitu  terurus dan terawat dengan Baik, sehingga menjadikan tempat ini menjadi kurang di lirik dan diminati wisatawan Lokal.

Di Jalan masuk Menuju Taman Renah Semanek ini terdapat sebuah jembatan yang bagus dengan gaya arsitek yang moderen dengan tiang-tiang beton yang berjejer rapih, Namun yang menjadi kurang enak di pandang adalah banyak sekali tulisan-tulisan karya orang-orang yang kreatif menulis dengan spidol,cat pilok dan mungkin juga menggunakan arang kayu. 


nah di sepanjang jembatan ini banyak sekali tulisan-tulisan 


Fasilitas Taman Renah Semanek ini juga cukup memadai, seperti tempat duduk hingga Wc yang juga tersedia di Taman Renah Semanek ini. Namun ya kembali lagi karena kurang ter-urus, sehingga menjadikan Fasilitasnya menjadi tidak terawat. Kalau untuk yang suka Foto Hunting, Taman Renah Semanek ini juga bagus kok untuk tempata foto Hunting. 

Yah semoga saja Pemerintah yang terkait lebih memperhatikan aset wisata daerah seperti daerah lain, 

Lokasi Taman Renah Semanek Bengkulu Tengah





Taman Renah Semanek, Taman Wisata Kota Bengkulu Tengah ini terletak di area Perkantoran Pemerintah Bengkulu Tengah, Tepatnya di Desa Renah Semanek, Kecamatan Karang Tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah.

Lokasi Taman Renah Semanek yang berada di area Perkantoran Pemerintah Bengkulu Tengah, menjadikan akses menuju lokasi tidak begitu sulit, bahkan menyenangkan jika kesana sambil menikmati pedesaan, hutan, dan kebun Sawit. Lebih gembira lagi kalau sambil nyanyi-nyanyi(jika tidak malu dengan warga sekitar) hahah.

Berjarak kurang lebih 7Km dari jalan lintas Bengkulu Kepahiang, dengan waktu tempuh menuju lokasi hanya sekitaran 10-15 menitan, tergantung jenis perjalanan kalian juga sih. asik kok kalau mau ke sini, meskipun Taman Renah Semanek ini belum begitu terawat, namun cukup lumayan jika hanya ingin sekedar foto-foto dan menikmati suasana alam.


Penutup

Seandainya Taman Kota Bengkulu Tengah ini lebih Terwat pasti akan menjadikan tempat ini lebih di minati lagi, kalau sudah banyak yang meminati pastinya juga kan berdampak dengan ekonomi masyarakat sekitar yang bisa berjualanan di Taman Kota Bengkulu Tengah ini.

Soo, semoga saja kedepannya akan lebih di perhatikan lagi, oh iya jika berkunjung ke sini jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya ya, agar bisa tetap bersih dan indah. Meskipun belum begitu di perhatikan.

Next, Semoga Destinasi wisata Bengkulu Tengah juga lebih Baik lagi, agar bisa meningkatkan ekonomi dari sektor wisata dan Bengkulu Tengah juga bisa lebih di kenal oleh wisatawan luar.

Salam Hangat saat Hujan. :)




Tren Traveling 2021 yang Harus di Ketahui dan wajib Untuk di Coba



Tren Traveling 2021 yang Harus di Ketahui dan wajib Untuk di Coba


Tahun 2020 adalah Tahun dimana kita semua merasakan bagai hidup dalam keterbatasan,  Semuanya serba terbatas, mulai dari bekerja dari rumah hingga sekolah yang di lakukan secara Online.Tak bisa di pungkiri kita semua pasti tidak ingin Becana yang di sebabkan oleh Virus Corona atau akrab di sebut dengan COVID-19 yang secara Universal ini terus berlanjut, Kita butuh kebebasan, butuh perjalanan, pergerakan dan menikmati semua secara normal kembali.

Sama halnya dengan kegiatan yang lain, Kegiatan traveling juga bagaikan mati suri, pergerakan mobilitas para traveller terbatas untuk melakukan traveling. Nah meskipun semua serba terbatas namun tidak sedikit juga para traveller yang masih aktif melakukan kegiatan Traveling yang sudah terlanjur menjadi hobi mereka. 

Tahun sudah berganti trend dan gaya pasti juga ikut berganti seiring dengan perkembangan Zaman, termasuk juga dengan Trend kegiatan Travelling, nah berikut ini 10 Trend Traveling 2021 yang Harus di Ketahui dan wajib Untuk di Coba

Baca Juga Dong : 2021 Mau Kemana ?

Tren Traveling 2021 


Tahun Berganti begitupun dengan tren dan gaya yang juga akan berganti seiring mengikuti perkembangan dan cara. Dunia berganti setiap harinya Industri perjalananan menderita karena dampak dari pandemi COVID-19, Dunia pariwisata kahwatir industri perjalanan ini akan hilang pada tahun 2020. Namun kita harus tetap optimis dan fokus tentang peluang dan inovasi yang akan bermunculan. Tetap lakukan, jangan terlalu takut, kecuali kalian punya alasan yangkuat untuk tetap melakukan semua dari jarak jauh.

Perjalan yang Lebih Sehat 


Bencana pandemi masih menghiasi Dunia, semua kegiatan di luar ruangan masih terbatas. Di 2021 para pelancong atau traveller akan merubah kebiasaan perjalanan yang lebih sehat serta membawa atribut dan perlengkapan Protokol kesehatan.

Karena di berbagai Daerah dan Belahan Dunia laninya menerapkan peraturann Protokol COVID-19 yang cukup ketat, seperti tetap memakai masker, mejaga jarak, dan membawa surat keterangan bebas COVID.

Perjalanan Glampervan


Menurut salah satu perusahaan penyewa RV peer-to-peer RVshare. telah terjadi peningkatan pemesanan 166 persen dari tahun 2020. Mengapa demikian? Dengan pembatasan perjalanan dan menghindari kerumunan yang memaksa orang berilibur dengan tujuan Domestik, melakukan perjalanan dengan jalur Darat. Karena berada di kendaraan pribadi adalah pilihan yang tepat dalam masa Pandemi COVID sepeti saat ini.



Perjalanan Glampervan menjadi pilihan yang tepat untuk tetap melakukan perjalanan di tengah masa pandemi ini. Bagaimana tidak, dengan Glampervan kita tetap bisa melakukan perjalanan tanpa harus berkerumanan.


Hutan Liar menjadi Tujuan


Pandemi membuat beberapa tempat wisata terpaksa harus tutup, pada akhir tahun 2020 wisata alam menjadi tujuan alternatif bagi para pelancong dan juga traveller. 

Pada 2021 ini tidak menutup kemungkinan Hutan liar atau belantara akan menjadi tujuan liburan yang aman dari kerumunan, terlebih lagi Hutan liar juga bisa membarikan manfaat yang cukup baik untuk kesahatan, pernafasan, dan sejuk.

Menurut beberapa media yang membahasa tentang Dunia Traveling menyatakan bahwa pemesanan tahun 2021 menunjukkan permintaan yang kuat untuk pengalaman Hutan Liar. Thorton : " Hutan Belantara Mungkin saja menjadi Kebugaran Baru untuk tahun 2021. Waktu di luar ruangan setelah satu tahun di tentukan pleh penguncian dan peningkatanwaktu layar akan menajadi lebih penting dari sebelumnya".

Destinasi Wisata yang Ramah Lingkungan


Tidak menutup kemungkinan bahwa di 2021 ini akan lebih banyak wisatawan  yang akan memilih pergi berlibur ke tempat wisata yang Ramah Lingkungan ( EkoWisata). Pasalnya Temapat Wisata yang Ramah Lingkaungan ini akan memberikan sebuah kesan yang cukup untuk menenangkan.

Traveling Dengan Kendaraan Pribadi


Pada 2021 ini akan lebih banyak wisatawan dan Traveller yang akan melakukan peerjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Karena para wisatawan akan merasa jauh lebih nyaman menggunakan kendaraan pribadi di bandingkan denagan kendaraan umum. 

Wabah Covid ini memaksa semua aktivitas menjadi terbatas, menjaga jarak harus tetap dilakukan sebagai cara efektif untuk menjaga diri sendiri. Kendaraan Pribadi adalah solusi untuk menerapkan istilah SOCIAL DISTANCING tersebut.

Wisata Alam Akan Menjadi Tujuan


Di prediksi dari akhir tahun 2020 yang melihat peningkatan dalam sektor destinasi Wisata Alam  akan menjadi acuan sebagai tren traveling yang populer di 2021 ini. Semenjak wabah COVID-19 ang melanda, banyak tempat wisata modern yang terpaksa harus di tutup. Sementara keinginan para pelaku wisata dalam jalan-jalan masih tinggi.

Destinasi Wisata alam menjadi tujuan yang cocok untuk melepaskan hasrat jalan-jalan yang perlu di lakukan, setealah harus menahan diri untuk tetap di ruma saja.


Budaya dan Tinggal Bersama Masyarakat Lokal 


Budaya pada suatu daerah memiliki daya tarik tersendiri bagi para traveller. Destinasi wisata budaya Menawarkan pengalaman yang lebih dekat dengan masyarakat pastinya akan membrikan sebuah pengalaman yang mengesankan dalam berwisata


Destianasi yang memberikan ketenangan, jauh dari hiruk pikuk dan polusi seperti desa, pasti akan semakin banyak di cari. Dan berwisata budaya akan memberikan sebuah pembelajaran baru.

Penutup 


Nah dari berbagai Tren Traveling 2021 diatas apakah kalian sudah menentukan sebuah rencana perjalanan pada tahun 2021 ini?, jika iya maka lakukanlah, hahah. 

Itulah beberapa Tren Traveling 2021 yang Harus di Ketahui dan wajib Untuk di Coba sebagai acuan untuk melakukan traveling di tahun ini. jangan lupa tetap patuhi aturan dan ikuti protokol kesehatan yang telah di tetapkan. semoga Pandemi ini cepat berlalu dan kita bisa melakukan traveling kembali normal seperti dulu lagi.


2021 Mau Kemana ?


 Eh gak terasa  sudah tahun 2021 aja ya, sudah punya tujuan mau kemana belum di tahun 2021 ini ?. Belum ? yah sama dong, eh tapi bo'ong ( emotikon kelihatan Gigi). Ya kalau aku sih sudah punya dong tujuan di tahun 2021 ini, hahah. Tapi ya belum tau bakalan terealisasi atau belum juga sih, tapi mudah-mudahan bakalan terealisasi, amiinn. Bantu amiinin dong :V.

Sebagai Traveller yang menurut teman-teman sekitaran ku dan gadungan menurut para Traveller yang sudah keliling Dunia, meskipun masih amatiran, aku juga punya rencana dong di 2021 ini. Biar juga bisa di kirain Proo. Kalau kalian 2021 Mau Kemana ?

Nah jadi begini, rencananya sih 2021 ini mau realisasikan sebuah misi ninja tingkat s dari konoha. Haha bukan deng, maksudnya mau realisasikan sebuah rencana perjalanan traveling ke salah satu suku yang ada di Jambi. yaps Suku Anak Dalam atau Orang Rimba. yang sudah lama di idam-idamkan namun tak pernah terlaksanakan. hiks (SAD), bukan Sedih.!!

Sejak terakhir ke Jambi sejak tahun 2014 yang lalu, dan beberapa kali juga pernah melintasi Provinsi Jambi, ada sejenis rasa untuk mengunjungi Suku Anak Dalam yang ada di Jambi. di tahun Kemarin, rasa itu kian membesar dan semakin kuat untuk bisa ke Suku Anak Dalam yang ada di Jambi.

Baca artikel tentang Suku Anak Dalam, lihat-lihat foto-foto tentang suku anak dalam, bahkan mulai bertanya-tanya dengan teman yang ada di jambi, yang juga pernah masuk ke suku anak dalam, hehe sudah benar-benar mau kesana deh pokoknya.

Atau kalian juga sudah punya rencana mau kemana ?, atau mau ikut barengan ke Suku Anak Dalam, yuk kalau mau, bisa barengan. biar semangat juga nabungnya. hahah

Rencana di Tahun 2021


Eh, nagapain di tulis di Blog, pakai acara di publikasi segala, baru juga rencana kah !. Hahah iya juga sih tapi gak apa-apa deng. Biar bisa semangat nabung buat capaiin rencana di 2021 ini, amiinn. amiiniin lagi dong, samapi 40x juga gak apa-apa, kan katanya kalau di amiiniin sebayak 40x mudah-mudahan bisa terwujud.

Jadi, eh iya kesal gak sih bacanya dari tadi kok jadi- jadi aja mulu, haha. Nah biar rencana perjalanan yang aku rencanakan bisa tercapai, dan bisa memaksimalkan menabung, aku buat saja list-nya agar ingat apa saja yang harus di capai di 2021 ini. Kalau kalian biasanya gimana ?, atau ada tips buat saya ?.

Lama deh, berbelit-belit cuman mau buat list rencana di tahun 2021 aja, kalian penasaran gak apa saja rencana saya di tahun 2021 ini ?. Kalau gak penasaran juga gak apa-apa sih, tapi kalau penasaran juga boleh lihat-lihat listnya. Nah jadi berikut ini adalah beberapa list rencana saya di Tahun 2021

  • Expedisi ke Suku Anak Dalam di Jambi
  • Menulis tentang wisata Bengkulu yang belum di Tulis di Blog ini
  • Menulis tentang Suku yang Ada  di Bengkulu
  • Membahagiakan Emak
  • dan masih banyak lagi
Nah dari List yang sudah di buat tanpa pemikiran di atas hanya poin pertama yang sangat ingin bisa aku realisasikan, meskipun yang poin-poin berikutnya sangat ingin bisa tercapai. hahah. Lah berarti ingin bisa tercapai semua dong bambaangs. Amiinin lagi dong semoga semua poinnya bisa te-realisasi, Hiks.

Expedisi ke Suku Anak Dalam di Jambi


Sesuai dengan judul listnya Expedisi Ke Suku Anak Dalam di Jambi, yahh pakai acara expedisi segala belum juga tentu tercapai om, ya gak apa-apalah, kan namanya juga rencana. Kita sebagai manusia biasa hanya punya rencana, usaha, dan do'a. selebihnya kan urusan yang maha kuasa

Siapa tau kan bisa tercapai, emangnya siapa yang tau ?, kamu tau ?, Bismillah aja deh, sembari berusaha untuk mencapainya semoga saja bisa tercapai, amiinn. heheh terimakasih yah, sudah amiinin lagi huft.

Menulis tentang wisata Bengkulu yang belum di Tulis di Blog ini


Kalau yang satu ini mungkin bisa tercapai soalnya kan masih seputaran Bengkulu, tapi harus punya banyak waktu juga sih untuk bisa merealisasikan, kecuali dapat anggaran donasi dari pemerintah. haha (kan siapa tau kalian yang baca ini tertarik buat rekomendasikan). 

Sebagai manusia yang mencintai tanah kelahirannya menuliskan tentang daerah itu adalah hal yang harus bisa di lakukan, menurutku sih begitu, menurut kalian gimana ? harus gak sih ?.




Sejak mulai aktif menulis di Blog ini, aku punya misi tingkat s dalam kegiatan travelingku. Yaa itu, misi untuk bisa menulis tentang Daerah Bengkulu ini, menceritakan keindahan Destinasi Wisata Bengkulu lewat sebuah tulisan. Agar bisa meningkatkan daya tarik wisatawan untuk berWisata di Bengkulu.

Tapi belum juga bisa terealisasi, baru sebgian saja sih yang sudah di tulis dan di publikasikan, seperti Dsa Tawang Rejo, Balinya Bengkulu dan Rekomendasi Tempat Wisata Air Terjun di Bengkulu Tengah yang Wajib di Kunjungi. Itu baru sebagian dari keindahan dari Bumi Raflesia ini.


Menulis Tentang Suku yang Ada di Bengkulu


Sebenarnya sih, aku ingin sekali menulis tentang suku-suku yang ada di Bengkulu. tapi yang sangat ingin aku telusuri dan di tulis itu adalah suku serawai yang ada di Bengkulu. Tapi kalau bisa sih ,mau di tuliskan semua, (kalau Bisa), yaa sebenarnya harus bisa dan harus bisa di realisasikan.

Membahagiakan Emak


Ya yang satu ini adalah tujuan terpenting dan paling penting, bahkan harus bisa tercapai. banyak hal sih yang bisa buat emak bahagia, yaa salah satunya mungkin dengan materi, atau dengan ikuti omongan emak, itu sudah termasuk membahagiakan emak sih.

Nah, yang ingin aku bahagiankan untuk emak nantinya adalah, dengan bisa mencapai cita-cita dan nikah (belum dulu deng, belum kepikirana mau nikah).

Dan membahagiiankan Emak itu adalah suatu KEWAJIBAN kita sebagai seorang anak, ya kan . 

Dan Lain-lain

Dan Lain-lain ini adalah beberapa renccan yang mungkin ingin di capai saat di perjalanan dalam tahun 2021 ini. atau mungkin ingin menytelesaikan renacana yang belum terselesaikan pada 2020 kemarin.

Kalian sudah ada tujuan belum di 2021 ini Mau Kemana ? ?. hahah hayuk buat rencana dan tujuan, semoga tujuan dan rencana kalian yang pernah meng-hantui di dalam pikiran kalian bisa tercapai di 2021 ini, jangan lupa berusaha dan tetap berDo'a agar yang mahan kuasa mengabulkannya, amiinn. tuh kan secara tidak langsung kalian sudah berDo'a, wkwkk.

Kesejukan yang Tiada Dua dari Danau Tertinggi di Asia Tenggara

 


Sejuk, Dingin, dan keindahan yang tiada dua dari pesona Danau Gunung Tujuh ini membuat mata tak henti melirik dari berbagai sisi. Danau Gunung Tujuh yang juga merupakan Danau tertinggi di Asia Tenggara ini memberikan sebuah kerinduan yang sangat berkesan dan memiliki kenangan yang tak terlupakan, hahah 

Masih tentang traveling di Kabupaten Kerinci, pas satu hari setelah turun dari Gunung kerinci aku kembali melanjutkan trip ke Danau Gunung Tujuh yang berada tidak jauh dari Gunung Kerinci. Aku bersama dengan teman-teman yang saat itu bertemu di base camp makjus. Yang kemudian menjadi tim untuk berangkat bersama-sama menuju Gunung Tujuh di Kerinci.

Sedikt info nih, jadi Gunung Tujuh ini adalah salah satu Gunung yang sudah tidak aktif lagi, dan Danau Gunung Tujuh ini terbentuk karena Letusan Gunung Tujuh yang pernah terjadi. Danau Gunung Tujuh ini juga merupakan Danau Tertinggi di Asia Tenggara dan juga merupakan Danau Tertinggi yang ada di Indonesia. 

Danau Gunung Tujuh ini memiliki luas 960 Hektare dengan panjang 4,5 kilometer dan memiliki lebar 3 kilometer. Kalau di tanamin kopi mungkin sudah bisa jadi juragan, hahah.

Danau Gunung Tujuh ini di kelilingi oleh Tujuh Puncak yaitu puncak Gunung Hulu dengan Ketinggian 2.525 Mdpl, puncak Gunung Hulu Sangir 2.230 Mdpl, Puncak Gunung Madura Besi 2.418 Mdpl, Puncak Gunung Lumut, yang di tumbuhi berbagai jenis Lumut 2.350 Mdpl, Puncak Gunung Selasih 2.230 Mdpl, Puncak Gunung Jar Panggang 2.469 Mdpl, dan Puncak Gunung Tujuh, sebagai puncak tertinggi yang juga sekaligus Sebagai nama dari Gunung Tujuh dengan ketinggian 2.735 Mdpl

Sekitaran pukul 08 lewat sekian, lupa lewat berapa.. Kami berangkat dari Base Camp Makjus menuju Gunung Tujuh menggunakan Mobil Kijang milik Bang Jarkin, Sekitaran 30 menit perjalanan deh kalau ga salah, durasi waktu perjalanan kami sedikit lambat karena banyak berhenti untuk menikmati suasa alam yang indah sepanjang perjalanan menuju Danau Gunung Tujuh.

Kurang  lebih pukul 09 aku bersama tim trip kocak sampai di pos lapor pendakian Gunung Tujuh yang juga merupakan titik awal pendakian Gunung Tujuh. Bang jarkin dan Bang yoga yang mengurus ke pos lapor pendakian Gunung Tujuh, sementara aku dengan yang lain sibuk untuk bersua foto, hahah. bukannya malah ikut urus registrasi masuk.


Gerbang Masuk Gunung Tujuh

Baca Juga Dong : Danau Kaco, Serunya Berenang di Danau yang Menjadi Situs Warisan UNESCO


Setelah registrasi di selesaikan oleh bang Jarkin dan Bang Yoga, Kami memutuskan untuk mulai perjalanan, ssttt, tapi wait, sebelum mulai pendakian, baiknya kita foto Bareng dulu deh di Gerbang masuk Gunung Tujuh, kan bagus tuh kalau fotonya rame di latarbelakangi Gapura Gunung Tujuh. ucap bang Yoga saat itu sambil Lari 

Setelah selesai foto bersama, kami mulai bekemas dan mulai berjalan santai mendaki Gunung Tujuh, Pendakian Gunung Tujuh ini sangat enak, karena jalurnya tidak begitu extreme seperti jalur pendakian Gunung Kerinci. Gunung Tujuh ini adalah salah satu tujuan camping Favorit di Kerinci saat akhir pekan. Ya salah satu alsannya adalah karenan Pesona Keindahan Dnaau Gunung Tujuh yang sangat menarik dan Indah. Hixs


Bagibung di Pinggir Danau Gunung Tujuh


Waktu Tempuh pendakian Gunung Tujuh ini juga bisa di bilang cukup singkat, tapi itu tergantung dengan si pendaki juga sih, Kalu santai dan menikmati perjlanan mungkin bisa sampai 2-3 jam. Kalau  ngebut seperti Valentino Rossi mungkin bisa sampai 0 koma sekian detik. haha. Tapi kayaknya sih ga bisa sekian detik deh, karena jalurnyakan tanah dan banyak akar.

Sekitaran 1 jam perjalanan pendakian kami tiba di puncak Gunung Tujuh, oh iya selama di perjalanan pendakian kita bisa menikmati suasana alam pegunungan yang masih asri, tidak ada polusi, tidak ada kemacetan, apa lagi pak polisi yang bertugas, huft ini  bicara Gunung apa ibu kota yang macet ya. !

Di Gunung Tujuh ini puncak lebih Dahulu baru Danau yang indah, haha. lah iya masa iya puncak di bawah Danau, basah kali bang, haha. Jadi Gunung Tujuh ini memiliki Ketinggian 2.735 Mdpl. yang kemudia turun kebawah dari puncak untuk mencapai Danau Gunung Tujuh yang indah. Sudah naik trus turun lagi, ahaha.

Setelah melewati puncak Gunung Tujuh dan turun Kami tiba di Danau Gunung Tujuh. Hmp kenapa cuma di lewati bang, tanya ku kepada bang yoga. Dah nanti aja kita foto-foto di puncak pas mau pulang, kita mandi dulu deh di Danau, makan dan riang-riang di pinggir Danau, bang yoga membalas pertanyaan ku sambil santai menghisap rokok.

Boom, saat sampai di pinggir Danau Gunung Tujuh, Mataku tak henti melihat pemandangan yang luar biasa, Hamparan Danau yang luas yang di selimuti Kabut tips, dan Puncak-punacak yang seolah menjadi pagar Danau, Dengan awan yang menjadi tudung puncak Gunung, membuat hati tak henti mengucap rasa syukur, Sungguh besar kuasa sang maha pencipta. dahh jangan di banyangi deh betapa indahnya Danau Gunung Tujuh ini.


jangan Lupa mandi ya jika sudah berada di Danau Gunung Tujuh

Yap, aku yang sudah tak sabar ingin merasakan betapa sejuk dan dinginnya Air Danau Gunung Tujuh langsung melompat dari batu besar itu dan berrr, serasa mandi dengan air es yang baru keluar dari Frezer ice Cream, dingin sekali air danau gunung tujug ini, beneran kok ga bohong. Tapi meskipun dinginnya minta ampun. Jika sudah sampai di Danau ini tak sedikit wisatawan yang menceburkan diri di sini.

Tak sampai di situ saja, di Danau Gunung Tujuh ini kita juga bisa menikmati keindahan Danau dengan menaiki sampan yang di sewa, yah tapi sayangnya saat aku kesana si bapak yang biasa membawa wisatawan buat keliling danau sedang tidak ada (sad). Hehe tapi gak apa-apa kok, Next time kalau masih ada umur mau kesana lagi saoalnya tempatnya sangat nyaman dan gak bakalan bisa di temui di tempat lain deh. coba aja sendiri ke sini, di jamin bakalan membuat kangen yang berat. hiks !!


view pemandangan Danau Gunung Tujuh yang Menakjubkan


Oh iya ada beberapa foto di atas yang  saya ambil dari google untuk menambah petunjuk agar lebih indah, karena pada saat saya ke Gunung Tujuh waktu itu banyak hasil Fotonya hilang karena penyimpanan yang kurang memadai. kentang

Air terjun Napal Jungur yang NgeHits di Bengkulu

 


Jika bicara tentang Destinasi Wisata yang ada di Bengkulu tak akan pernah habis deh, Selalu ada hal baru yang menjadikan Destinasi Wisata di Bumi Raflesia ini terus ber-munculan. Mulai dari Destinasi wisata Danau, Air Terjun, Taman Kota, Hingga wisata Budaya. Nah Baru-baru ini ada sebuah Destinasi Wisata  Pemandian Air Terjun yang sedang Hits di Bengkulu, bernama Napal Jungur. Air terjun Napal Jungur ini menjadi salah satu tujuan wisata yang Paling Banyak di Kunjungi di Bengkulu, Bisa di katakan Destinasi wisata baru yang Nge-Hits deh. 

Oh iya pada akhir cerita ini ada vidio tentang keindahan Destinasi Wisata Air terjun Napal Jungur yang sedang Nge-Hits di Bengkulu loh. bair kalian yang baca cerita ini jadi tambah ingin kesana, hiks

Seperti biasa hari libur kerja ku selalu ku isi dengan Traveling di Bumi Raflesia tercinta ini. Kali ini aku gak sendiri dong, aku di temani oleh seorang sahabat ku yang bernam Mezi adriansah bisa di sapa Triplek, ahah. Kebetulan hari itu dia juga lagi libur Kuliah. Dan kami memutuskan untuk Traveling ke salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu. Kabupaten Seluma yang menjadi tujuan kami kali ini.

Perjalanan Menuju Napal Jungur

Pukul 09 pagi kami berangkat, Berangkat lebih awal agar tidak terlalu panas di jalan. Jalanan cukup ramai asap knalpot mobil truck mengepul, suara bising knalpot gondrong ikut meramaikan suasa jalanan pagi itu. Menikmati perjalanan adalah sebuah hal yang harus di lakukan, supaya tidak terlalu suntuk di jalan.

Satu jam perjalanan mengunakan sepeda motor cukup membuat pantat tipis, haaha. Kami sampai di simpang jalan masuk menuju Desa Napal Jungur, Kecamatan Lubuk Sandi. kabupaten Seluma, Bengkulu. 

Oh iya sebelum lanjut ke cerita nih. Jadi destinassi Wisata Air Terjun Napal Jungur ini terletak di Desa Napal Jungur, Kecamatan Lubuk Sandi, Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Napal Jungur ini adalah sebuah Destinasi Wisata yang sempat menjadi Viral dan Hits di Bengkulu loh. Sampai-sampai pada hari Libur Tempat wisata ini sangat ramai di kunjungi Wisatawan Lokal.

Okay back to story. Nah jadi setelah sampai di simpang Lubuk Sandi perjalan kami di lanjutkan dengan meleawati perkebunan warga dan peDesaan yang masih sangat asri. Asli lah, Selama perjalanan kami tidak merasa bosan sama sekali, karena kami melewati Desa-desa yang masih sangat tradisional. Berasa-rasa Nostalgia lah dengan suasana desa seperti ini.

Naik turun tanjakan, pemandangan Hutan yang hijau menambah semangat untuk segera sampai ke lokasi Wisata Napal Jungur yang Nge-Hits, Hiks. Rumah panggung, jembatan, dan aliran sungai yang masih sangat bersih membuat suasana perjalanan kami sungguh menarik. Kalau gak percaya coba aja sendiri deh datang ke sini, iya sini duduk di samping  ku !

Kurang lebih 30 menit perjalanan kami tiba di depan Lokasi wisata Air Terjun Napal Jungur yang sedang Nge-Hits. Saat kami sampai di Lokasi masih sepi, entah itu karena masih kepagian , hanya ada petugas panitia pengelolah wisata yang ada, cukup sibuk lalu lalang membawa sebilah parang, eits ?. 


kang foto

Baca Juga Dong : Air Terjun Datar Lebar, Pesona Wisata Alam Bengkulu Tengah

Iya, beberapa hari yang lalu tempat wisata ini di tutup sementara, ujar salah satu pengelola. Karena hujan terus beberapa hari terakhir dan juga pihak pengelola sedang merenovasi sarana perlengkapan untuk kenyamanan pengunjung. Jadi kami dapat moment sepi dong, namun masih ada juga sih bebrapa pengnjung, karena sudah mulai di buka hari ini, ujar si bapak.

Karcis Masuk dan Pesona Napal Jungur


Untuk tiket masuk atau bahasa kerennya Karcis setiap pengunjung hanya perlu mengeluarkan Rp 5.000 saja, murah banget loh dengan fasilitas yang sudah memadai seprti ini hanya membayar segitu. Fasilitasnya cukup Lengkap sih, ada kamar ganti di berbagai titik, Toilet dan jejeran Warung yang menyediakan makanan cepat saji.

Pesoana yang di sajikan wisata Napal Jungur ini juga tak kalah menarik dengan destinasi wisata yang ada di Indonesia belahan lainya. Bengkulu Itu Indah bro . Yap. kata-kata itu cocok untuk Bumi Raflesia ini. Napal Jungur ini sangat exotis, menarik, dan indah. Sangat nyaman untuk piknik bersama keluarga, mandi dan berenang gembira bersama keluarga, teman, dan pacar jika punya. hahah. kalau jomlo ya dengan temen aja tetap seru juga kok.

Pada sisi seberang aliran sungai Napal Jungur tedapat sebuah Air Terjun yang unik, tidak terlalu tinggi namun cukup deras, pas banget deh buat kamu yang suka main air, foto selfie, dan membuat moment bersama orang terkasih. Jomlo juga boleh kok.





Batu-batu yang disusun hingga menyerupai sebuah kolam yang sangat menarik, membuat alirannya jadi tidak terlalu deras sehinngga nyaman buat berenang. Oh iya pada bagian hulu terdapat sebuah tempat terjun yang di buat untuk yang mau menguji adreanalin. haha, seru deh pokoknya. kalau main ke Wisata Napal Jungur ini dijamin jatuh cinta dan ingin kembali lagi ke mantan  Napal Jungur. Ahaha

Nah itulah cerita tentang traveling ke Air terjun Napal Jungur yang NgeHits di Bengkulu, Kabupaten Seluma kali ini, mau share juga boleh kok kalau menurut kalian bermanfaat sih. tapi sepertinya tidak ber-manfaat, hahah.

Nantikan cerita perjalanan Traveling sepatukusam selanjutnya ya, do'akan selalu sehat biar bisa selalu berbagi cerita lewat Blog ini. Tengkiw selamat melihat vidionya