Pendakian Puncak Indrapura Gunung Kerinci

Sepatukusam.com-.Pendakian Puncak Indrapura Gunung Kerinci. Siapa yang tak tau dengan Gunung yang satu ini, ya Gunung Kerinci merupakan Gunung Api tertinggi di Indonesia. Gunung Kerinci memiliki ketinggian 3805 MDPL(meter diatas permukaan laut)

Gunung Kerinci memiliki puncak yang sering juga  disebut puncak Indrapura. Gunung kerinci juga masuk kedalam seven summit Indonesia atau tujuh puncak tertinggi di Indonesia setelah puncak cartenz pyramid

Gunung Kerinci terletak di Provinsi Jambi tepatny di Desa Kersik Tuo kabupaten Kerinci. Di Desa Kersik Tuo ini juga terdapat bebrapa toko yang menjual oleh oleh khas Kerinci seperti Sirup Kayu Manis, Teh dan juga Dodol
Pada tahun 2014 saya mendapat kesempatan dari organisasi saya untuk menjalankan sebuah expedisi dari program kerja dari organisasi yang dinamakan expedisi pendakian Gunung Kerinci dan Gunung Tujuh, heheh tentunya sebuah kebanggan tersendiri dong bisa mewakili Organisasi dan di percaya dalam program kerja tahunan dari Organisasi

Sebenarnya saat saya menulis tentang pendakian ini karena saya sedang tidak jalan jalan karena blog saya tentang traveling sedangkan saya lagi tidak jalan jalan bingung mau nulis apa jadi tulis saja tentang pendakian yang sudah saya pernah lakukan hehe, tidak apa apa kan? ,ya sekalian berbagi sedikit cerita tentang pendakian saya pada masa itu hehe

Jadi saat itu saya bersama dua rekan saya yang bernama Bimo yang sewaktu itu sedang menjabat sebagai SEKUM (sekretaris umum). Dan yang satunya lagi bernama Heri atau sering dipanggil ateng, heri sewaktu itu masih menjadi junior saya di Organisasi

Kami berangkat dari Bengkulu waktu itu sekitaran jam sembilan pagi dengan menumpangi mini bus dari perusahaan travel savamarwah yang saat itu satu satunya travel yang ada tujuannya ke Kerinci

Dan kami tiba di Kota Sungai penuh tengah malam tepatnya pada jam kurang lebih pukul sebelas Malam, karena tidak memungkinkan untuk lanjut langsung ke Gunung kerinci kami memilih menginap di Loket dan melanjutkan keesokan harinya, kenapa gak ngipan di hotel atau penginapa? Hehe, yang pertama karena untuk mengirit biaya yang kedua biar bisa dapat suasa nginap di loket

Pagi nya sekitaran jam delapan setelah sarapan kami berangkat dengan menumpang angkot yang sudah di pesan oleh pihak loket safamarwah, wahh baik kan pihak travelnya, menuju Desa Kersik Tuo  yaitu Desa terakhir untuk mulai pendakian Gunung kerinci

Selama di perjalanan menuju Desa Kersik Tuo kita akan di suguhkan dengan hijaunya perkebunan Teh yang sangat luas dan di hiasi oleh kabut dan gagahnya Gunung Kerinci yang menjulang tinggi, jadi tidak akan bosan selama diperjalanan. Jika beruntung kita akan bertemu dan bisa satu Angkot dengan pendaki lain yang juga mau mendaki

Setelah sampai di Desa Kersik Tuo kita akan disambut dengan ciri khas dari Desa ini, yaa pasti dengan suhu dingin yang seakan sedang mengelitik badan yang merambat melalui celah jaket dan pastinya ikon Gunung Kerinci yang identik yaitu Tugu Macan

Setelah itu kita akan mulai mendaki Gunung Kerinci eitss jangan lupa sebelum mendaki kita lapor dulu yahh di pos lapor pendakian biar kalau terjadi apa apa yang tidak diinginkan kita bisa segera memberi tahu pihak TNKS atau pihak pengelolah Gunung Kerinci

Kamipun mulai mendaki pada pukul sebelas siang dan mulai berjalan santai sembari meregangkan otot otot dan urat agar siap untuk diajak menanjak,ya karena Gunung Kerinci Terkenal dengan Jalurnya yang tiada dua dimana saat kaki dan tangan bertemu,heheh

Oh iya jangan lupa berdoa'a sebelum mulai mendaki ini bertujuan meminta perlindungan dari yang maha kuasa dan menghargai apapun yang ada di Gunung, yang berarti kita berpamitan dan meminta izin atas pendakian kita

Pintu Rimba-pos 1 - pos 2 - pos 3-Shelter 1
 Dari pintu rimba menuju pos 1 itu tidak membutuhkan waktu lama sekitaran 15 menit selain itu jalannya jug masih landai
Dari Pos1 ke Pos2 memakan waktu sekitran 25 menit
Dari Pos2 ke Pos3 memakan waktu sekitaran 1jam sampai 1 jam 30 menit. Di pos3 ini kita bisa mengambil air pos tiga juga disebut pos baku panjang. Dari pos3 menuju Shelter1 kita akan mulai melewati jalur yang terus menanjak sampai ke Shelter1

Shelter1-Shelter2-Shelter3
 Di Shelter1 kami memutuskan untuk istirahat sejenak sekalian untuk makan siang dari Shelter 1 ini kita bisa melihat pemandangan lautan awan dan jika cuaca cerah kita bisa menikmati Desa Kersik Tuo dari ketinggian. Setelah makan siang kami memutuskan melanjutkan perjalanan menuju shelter2

Dari shelter1 menuju shelter2 bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 2-3 jam ,tergantung jenis berjalan jika santai bisa lebih lama lagi.

Di Shelter2 memiliki ketinggian 3056 MDPL di ketinggian ini pastinya sudah bisa merasakan suhu dingin khas Gunung. Shelter2 juga menyediakan sumber mata air dan sering dijadikan tempat untuk bermalam sebelum melakukan summit attack

Dari Shelter2 menuju Shelter3 biasa nya memakan waktu 1-2 jam dan kita mulai merasakan jalur yang sempit disertai angin yang kencang karena dijalur ini sudah tidak ada pohon tinggi seperti di shelter1. Hanya ada tumbuhan kayu panjang umur dan mulai memasuki kawasan batas vegetasi

Shelter3
Shelter3 adalah batas vegetasi dan  tempat terakhir pendaki boleh mendirikan tenda. Di Shelter3 ini kita bisa menikmati pemandangan yang sangat indah mulai dari indahnya danau Gunung Tujuh hingga luasnya Samudra Hindia

Summit Attack
Kami melakukan summit acttack atau perjalan menuju puncak pada pukul 2 malam itu dilakukan agar dapat menikmati sunrice yang indah dari batu gantung jalur menuju puncak sebelum Tugu Yudha

Tugu Yudha
 Tugu Yudha adalah sebuah monumet yang dibuat untuk mengenang seorang pendaki yang sekaligus salah satu anggota pecinta alam asal Jakarta yang hilang saat melakukan pendakian di Gunung Kerinci. Dan kami pun menyempatkan mengirimkan Do'a untuk almarhum bang Yudha

Puncak Indrapura
Puncak Indrapura sebutan untuk puncak tertinggi di Sumatera yang memiliki ketinggian 3805 MDPL, dari puncak ini kita bisa melihat betap indahnya pemandangan yang di berikan Gunung Kerinci
Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan tentang Pendakian Puncak Indrapura, Gunung Kerinci. Dan jangan lupa untuk membawa turun kembali sampah kita agar tidak menambah ketinggian dari Gunung Kerinci akibat Sampah

Terimakasih, sudah mampir di blog sepatukusam.com
Salam Lestari
Salam traveller
Trio saputra
Menjadi manusia yang berguna adalah jalan ninjaku. Tapi aku bukan Ninja, jadi saat ini saya hanya sedang berusaha memperbaiki diri menjadi orang baik yang bisa berguna untuk orang lain