Air Terjun Datar Lebar yang Menjadi Pesona Keindahan Wisata Alam Bengkulu Tengah

Posting Komentar
air terjun datar lebar

 Sepatukusam.com.-Air Terjun Datar Lebar merupakan wisata favorit di Bengkulu Tengah dan salah satu Air Terjun yang terdapat di Kabupaten Bengkulu Tengah. Air Terjun Datar Lebar ini juga merupakan air terjun tertinggi yang ada di bengkulu tengah yang juga memiliki keindahan tiada duanya. Air Terjun Datar Lebar, pesona keindahan wisata alam Bengkulu Tengah yang sangat indah dan memiliki ke unikan yang akan membuat setiap pengunjungnya akan terpesona dengan keindahannya.

sedikit cerita, hehe. bagiku Desa Datar Lebar ini merupakan salah satu desa yang memiliki potensi Destinasi Wisata alam yang sangat bagus, terlebih lagi warga desanya yang sangat ramah dan welcome dengan setiap pengunjung yang datang berwisata disini.apa lagi jika kita menyempatkan untuk singgah di rumah warga pastinya secangkir kopi pasti akan menghampiri saat obrolan kita berlangsung. di Desa Datar Lebar ini kita bukan hanya bisa menikmati wisat air terjunnya yang sangat indah saja, tetapi kita bisa menikmati sebuah suasana pedesaan yang sangat alami,damai, dan penuh dengan ketenangan. terlebih lagi kita bisa melihat rumah-rumah panggung yang masih sangat tradisional.

Air Terjun Datar Lebar Bengkulu Tengah

Lokasi Air Terjun Datar Lebar

Sesuai dengan namanya, Air Terjun Datar Lebar ini terletak di Desa Datar Lebar. secara administratif Desa Datar Lebar ini terletak di kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah. yang berjarak 46,0 km dari pusat kota bengkulu dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. setelah sampai di Pasar Taba Penanjung kita akan menjumpai sebuah palang yang menandakan lokasi wisata Air Terjun Datar Lebar yang dibuat oleh pemerintah kabupaten Bengkulu Tengah


Estimasi perjalanan menuju Air Terjun Datar Lebar

untuk estimasi waktu perjalan menuju Air Terjun Datar Lebar memerlukan waktu perjalanan yang lumayan untuk mengeluarkan keringat. Air terjun ini terletPak di dalam hutan yang cukup jauh dari desa. perjalanan akan dimulai dengan melewati perkebunan warga desa yang kemudian akan menyisir aliran sungai dengan waktu tempuh kurang lebih 30menit. namun waluapun jauh setelah sampai nantinya di lokasi air terjun lelah di perjalanan akan di bayar degan keindahan air terjun datar lebar. 


jembatan bambu
Jembatan Bambu air terjun datar lebar


Ditengah perjalanan kita juga kan menjumpai sebuah bendungan yang juga bisa menjadi spot untuk berfoto sembari beristirahat, nah jika sudah bertemu bendungan ini berarrti perjalan sudah dekat, sekitaran 10 menitan dari bendungan, lalu kita akan melewati sebuah jembatan bambu yang biasa digunakan warga untuk menuju perkebunan kopi. dari jembatan bambu kita sudah bisa mendengar suara aliran air terjun datar lebar yang bergemuruh. setelah berjalan 2 menit dari jembatan bambu barulah kita sampai kelokasi air terjun datar lebar ini.


Yang menarik selain Air Terjun di Desa Datar Lebar

Selain bisa menikmati  wisata Air Terjun di Desa Datar Lebar ini kita juga bisa meikmati suasa pedesaan yang masih sangat asri dan tradisional. pada awal masuk di desa kita akan disambut dengan suasa khas desa yang tenang dengan nuansa alamnya yang masih sangat sejuk. sepanjang jalan Desa Datar Lebar kita bisa melihat beberapa rumah warga yang masih tradisional. terlebih lagi jika saat ,musim panen kopi tiba kita bisa meihat warga yang menumbuk kopi mengunakan Lesung. Lesung merupakan sebuah alat yang biasa di gunakan warga desa untuk menubuk Kopi hinga menjadi kopi bubuk
warga desa yang sedang menumbuk kopi
cara menumbuk kopi yang masih tradisional



Tips Wisata ke Air Terjun Datar Lebar

Sedikit tips untuk berwisata ke Air Terjun Datar Lebar ini, jika pertama kalinya datang ke wisata air terjun datar lebar ini ada baiknya untuk meminta dipandu warga desa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat diperjalanan nantinya. bersikap ramah pada warga desa, untuk kendaraan baiknya untuk dititip saja di pekarangan rumah warga karena di wisata ini tidak ada pengelolah parkiran seperti Destinasi wisata Bengkulu Tengah yang lainnya

Setelah selesai menikmati air terjun datar lebar ini jangan lupa untuk membawa kembali sampah yang dibawa, jangan sampai warna warni bungkus makanan kita juga ikut memberi warna di air terjun datar lebar.

Terimakasih sudah mengunjungi blog Sepatukusam
salam traveller


Trio saputra
Seorang yang menyukai Kopi

Related Posts

Posting Komentar