Makanan Khas Bengkulu yang Enak dan Wajib di Coba

Posting Komentar
alt="sepatukusam.com/makanan khas bengkulu"

  Bengkulu Merupakan Provinsi yang terdiri dari berbagai suku, yang mana dari setiap suku tersebut memiliki Makanan Khas masing-masing. Makanan Khas Bengkulu juga sangat terkenal Enak dan Unik, seperti yang sudah sangat familiar kita dengar adalah Ikan Pais. Ikan Pais atau Pendap adalah makanan khas Bengkulu yang sudah sangat dikenal oleh banyak orang bahkan wisatawan luar bengkulu juga sangat menyukai ikan pais Bengkulu. Sebagai Masyarakat asli Provinsi Bengkulu pastinya kita harus tau atau wajib untuk mengenal apa saja Makanan Khas Bengkulu, maka dari itu disini saya akan membahasa berbagai Makanan Khas Bengkulu yang Enak dan Wajib Untuk di Coba. yuk langsung saja simak

Makanan Khas Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu yang enak

Makanan Khas bengkulu Adalah Kuliner yang hanya bisa di temukan di Provinsi Bengkulu, bahkan dari beberap Mkanan Tersebut adlalah makan Tradisional yang sangat jrang untuk di temukan kalau bukan dalam acara-acara adat tertentu di Provinsi Bengkulu, nah berikut ini adalah Makanan Khas Bengkulu yang Enak dan Wajib di Coba. Skuy lihat apa saja Makanan Khas Bengkulu yang wajib untuk di coba.

1. Ikan Pais atau Pendap



alt="sepatukusam.com/makanan khas bengkulu"
sumber gambar: GenPi.co

Ikan Pais atau sering juga di sebut Pendap ini merupakan Makanan Khas Bengkulu yang Legendaris yang sangat enak dan juga menjadi makanan favorit yang ada di Bengkulu. Pendap ini memiliki cita rasa yang sangat khas dengan aroma daun talas yang menjadi pembukusnya. Dengan rasa pedas dan gurihnya pendap ini juga menjadi makanan favorit wisatawan yang berkunjung ke provinsi Bengkulu.

Menurut sejarah yang dikutip dari Wikipedia Pendap/batutuk ini merupakan makanan tradisional khas Krui,Lampung Barat, dan Bengkulu yang berakar sejak zaman nenek moyang. dan Pendap ini juga pernah dirilis dalam sebuah lagu Daerah Bengkulu yang berjudul Ikan Pais sekitar tahun 1990-an. Pendap ini juga merupakan makanan favorit  Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno saat beliau menjalani masa pengasingan di Bengkulu. bukan hanya Ir. Soekarno Pendap ini juga menjadi  merupakan langganan mantan Presiden Megawati Soekarnoputri

Note : bagi yang ingin mencicipi atau sebagai oleh-oleh pendap ini bisa di jumpai di sepanjang jalan Tanjung Jaya yang memang masih mejual Pendap ini sampai sekarang.


2. Lempuk Durian 


Lempuk Durian juga merupakan Makanan Khas Bengkulu yang tidak akan dijumpai di daerah lain. Lempuk Durian atau juga bisa disebut sebagai Dodol Durian ini terbuat dari tepung Gandum dan daging Buah Durian yang dimasak selama kurang lebih 8 jam. Lempuk Durian juga sangat cocok untuk menjadi Oleh-oleh jika kita berkunjung  Bengkulu.


alt="makanan khas bengkulu/lempukdurian"
Sumber Gambar : Mytrip123.com


Kita bisa menjumpai Lempuk Durian ini di sepanjang jalan Soekarno-Hatta tepatnya di anggut atas yang juga tidak jauh dari Situs Budaya Rumah Pengasingan Bung Karno. Yaa sembari jalan-jalan mengunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno tak ada salahnya untuk mampir di toko-toko penjual oleh-oleh Kas Bengkulu

Baca juga : 5 Tempat Wisata Budaya di Bengkulu

3.Tempoyak


Berikutnya masih tentang olahan dari bahan Buah Durian, yaa yang satu ini adalah Tempoyak atau yang juga disebut Tempuyak. Tempoyak merupakan Makanan Khas Bengkulu yang sangat favorit dikalangan Masyarakat Bengkulu terlebih jika saat musim Buah Durian tiba. Tempuyak adalah masakan yang terbuat dari hasil Fermentasi Buah Durian yang dikupas dari bjinya kemdian didiamkan dalam wadah selama kurang lebih 1 hingga 2 minggu. Tempoyak ini sering diaplikasikan dengan ikan segar yang dimasak dengan Bumbu-bumbu tradisional yang sangat enak.


alt="sepatukusam.com/makanan khas bengkulu/tempoyak"
Sumber Gambar : Wikipedia


Menurut Sejarah Tempoyak diriwayatkan dalam Hikayat Abdullah sebagai makanan sehari-hari penduduk Trengganu. Ketika Abdullah bin Abdulkadir Munsyi berkunjung ke Trengganu sekitar tahun 1836, ia mengatakan bahwa salah satu makanan kegemaran masyarakat disana adalah Tempoyak. Tempoyak merupakan makanan Khas rumpun bangsa Melayu. Yaitu bangsa yang ada di Malaysia dan Indonesia yang terdapat di Sumatera dan Kalimantan- sumber Wikipedia

4. Kue Tat atau Kue Khas Bengkulu


alt="sepatukusam.com/kue tat"
Sumber Gambar : https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/

Kue tat merupakan masakan Khas Bengkulu yang dulunya sering dibuat saat acara adat dan juga merupakan makanan para Raja-raja yang ada di Bengkulu. Namun seiring perkembangan zaman Kue Tat ini bukan hanya untuk upacara adat saja, tetapi juga untuk makanan masyrakat umum dan komersil sebagai oleh-oleh Khas Bengkulu.

Kue Tat berbentuk seperti kue pie yang pipih sedikt tebal, Kue Tat juga memiliki varian rasa seperti strawberry, nanas, dan kelapa. Bahan pembuatannyapun tidak begitu sulit hanya dengan tepung terigu, mentega, gula, telur,santan, dan parutan kelapa sebagai toping atau sering disebut masyarakat dengan iti Tat.

Baca juga : Rekomendasi Wisata Kuliner Malam di Bengkulu

5.Lema


Lema adalah Makanan Khas Bengkulu yang berasal dari Suku Rejang. Lema ini terbuat dari Rebung yang di cincang, kemudian di campuran ikan air tawar seperti ikan mujahir dan ikan sepat. Setelah itu adonan tersebut disimpan ke dalam wadah yang yang dilapisi daun pisang dan di tutup rapat-rapat. proses fermentasi ini berlangsung tiga hari. setelah itu Lema siap untuk dimasak dan dijadikan lauk saat makan.

makanan khas bengkulu
Sumber Gambar : https://id.wikipedia.org/


Cita rasa yang dihasilkan dari Lema ini sesuai dengan selera Masyarakat Bengkulu yang asam dan pedas. Serta aroma yang sangat unik tetapi gurih setelah dimasak.

6. Lemang 


Lemang adalah Makanan Khas Bengkulu yang sering dimasak saat acara antran uang atau  (Tunangan dalam Bhasa Bengkulu) sebelum pernikahan yang biasa di lakukan masyarakat Bengkulu dan sudah menjadi tradisi turun temurun sejak zaman dahulu. Lemang ini terbuat dari beras ketan yang di beri santan dan dimasak di dalam Bambu yang kemudian dibakar, masih sangat tradisional kan.

makanan khas bengkulu
Sumber Gambar : https://pedomanbengkulu.com/

Lemang juga merupakan Makanan Khas Bengkulu yang sekaligus juga menjadi ikon kuliner di Provinsi Bengkulu. walaupun Lemang ini adalah Makanan tradisional bukan berarti tidak bisa menemuinya jika tidak dalam acara Tunangan. Kita bisa menjumpai jajanan Lemang ini di sepanjang jalan Sungai Rupat Kota Bengkulu


7.Gulai Kemba'ang 

Gulai Kemba'ang adalah masakan kuliner khas bengkulu yang tidak akan bisa di temukan di daerah lain. gulai Kemba'ang ini terbuat dari iga sapi yang di masak dengan bumbu khas Bengkulu.

Gulai kemba'ang ini biasanya banyak di jumpai saat bulan puasa, karena gulai kemba'ang ini sangat cocok untuk menu buka puasa yang nikmat.

8. Bagar Hiu

Berikutnya Ada Bagr Hiu yang menjadi masakan Khas Bengkulu yang nikmat dan wajib untuk di coba. Bengkulu yang memiliki garis pantai yang panjang pastinya memiliki kekayaan hasil laut yang luar biasa, termasuk Ikan Hiu.

Sebagai namanya Bagar Hiu ini berbahan dasar Ikan Hiu dengan jenis Hiu Punai yang memiliki tekstur daging yang lunak. Proses pembuatan Bagar Hiu ini biasanya masih di lakukan dengan Tradisional dengan bumbu-bumbu Khas bengkulu.


Penutup


Itulah beberapa Makanan Khas Bengkulu yang Enak dan wajib di Coba jika sahabat traveller sedang berwisata ke Bengkulu. 

salam traveller.

Trio saputra
Tetaplah menjadi Versi diri sendiri, Berdirilah di atas kaki Sendiri dan Berjuanglah tanpa harus memberatkan Orang Lain

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter