Bukit Tinggi Travelling Dadakan Penuh Cerita

2 komentar
jam gadang bukit tinggi padang
Jam Gadang Bukit Tinggi



Minggu ketiga pada Bulan Juni aku melakukan sebuah perjalanan traveling dadakan ke Bukit Tinggi, Padang Sumatera Barat. yang membuat traveling kali ini terasa berbeda karena perjalanan ini di lakukan serba dadakan, heheh. sudah tau donk gimana kalau melakukan perjalanan yang dadakan. Tiba-tiba dapat kabar, tiba-tiba sudah sampai di loket, tiba-tiba sudah sampai di Bukit Tinggi, hihi. Tapi meskipun dadakan Traveling ke Bukit Tinggi ini jadi terasa begitu banyak cerita yang menarik, dan mungkin juga sangat susah untuk di  lupakan, hmm kira2 masih mudah ngelupain mantan deh, dari pada neglupain kenangan traveling dadakan seperti ini.

Traveling Dadakan penuh cerita



Jadi ceritanya begini, Pada bulan Juni itu aku tiba-tiba di beri kabar oleh dua orang sahabatku yang bernama Mezi dan Arsad, hmm kira-kira sekitaran pukul 19.30an kabar itu tiba padaku melalui sebuah pesan chat via whatsapp, yang isi nya kurang lebih seperti ini. 

"assalammualaikum, bang besok ikut kita ya jalan-jalan ke Bukit Tinggi, pesan masuk dari Mezi.

ahahah, terkejut sudah pasti lah, toh tidak ada angin,hujan, apalagi doi, hehe. dapat pesan yang mendadak seperti itu. Besok ?. balasan ku yang sedikit bingung.

"iya besok bang, tenang semua perlengkapan sudah kami siapkan, termasuk tiket bus untuk menuju ke Bukit Tinggi, harus ikut lah pokoknya. Mezi kembali membalas chat

 Gila dadakan sekali, gak ngasi kabar jauh hari, tiba-tiba eh udah ngajak pergi aja. ya mau di apakan lagi, sedikit berkemas melengkapi perlengkapan yang mau di bawa.

Besoknya Mezi sudah tiba di depan rumah, kami menunggu bus di depan rumah mezi, yaa karena kebetulan bus jurusan Bukit Tiggi memang lewat jalur sana. ahaha dengan modal pas-pasan, nekad bercampur sedikit semangat, akupun pamitan sama my mak tercinta, pada malam nya juga sudah minta izin dengan my mak tercinta.

pukul 06.25 kurang lebih kami tiba di Bukit Tinggi, wahh gak kerasa kan sudah tiba di Bukit Tinggi. Setelah menempuh perjalanan selama 12 jam di dalam Bus, akhirnya sampai juga di Bukit Tinggi. setelah sampai di terminal di Bukit Tinggi arah tujuan belum jelas, apa karena mata yang sudah lelah di prjalanan atau karena perjalanan yang serba dadakan. nah berikut ini adalah hasil traveling dadakan dan beberapa tempat yang berhasil kami kunjungi di Bukit Tinggi

Jam Gadang Bukit Tinggi

Karena berda di kota Bukit Tinggi pastinya ingat dengan salah satu icon dari Kota Bukit Tinggi, yaa benar sekali Jam Gadang, kamipun memutuskan untuk pergi ke Jam Gadang. Dari terminal kami menaiki angkot berwarnah merah untuk menuju ke Jam Gadang di Bukit Tinggi

"Mau kemana bang, sapaan lembut dengan logat khas Padang dari sopir angkot

" Arsad dengan semngat menyebut nama monumen di Bukit Tinggi, Jam Gadang pak.

Angkot melesat dengan santai, kadang sesekali sopir membuka percakapan dengan kami, dari mana abang-abang ini ? tanya sopir yang melihat penampilan kami. Bengkulu pak, aku membalas pertanyaan pak sopir angkot. Sekitaran 15 menit kami tiba di depan halaman Jam Gadang, Bukit Tinggi.

Wih, akhirnya tiba di monumen bersejarah sekaligus ikon dari kota Bukit Tingi, yang dulunya cuma bisa melihat dari internet atau di gambar baju orang yang sudah pernah ke Padang. Tanpa banyak gaya, tanpa basa basi, kami langsung mengabadikan moment, ya ber sua foto. 

jam gadang, travelling dadakan penuh cerita

Saat itu karena hari libur Jam Gadang sangat ramai, banyak wisatwan luar kota Bukit Tinggi yang berkunjung kesana, oh iya dari Jam Gadang ini kita bisa menikmati  indahnya pemandangan kota Bukit tinggi dari kejauhan ya karena letak Jam Gadang ini memang cukup Tinggi jadi pemandangan disini sangat indah.

Setelah dirasa cukup mengabadikan momen di Jam Gadang, kamipun beranjak mencari makan sembari keliling-keliling di pusat perbelanjaan grosiran terbesar di sumatera itu. Tak jauh dari Jam Gadang terdapat sebuah kedai mie ayam yang sangat enak, hehe lupa tapi nama kedainya fotonya juga lupa. Jadi hari pertama kami di Bukit Tinggi kami mencicipi mie ayam yang sangat enak disanan, dan secangkir kopi ginseng yang sangat nikmat.

Taman Bung Hatta Bukit Tinggi

Selanjutnya setelah selesai mencicipi mie ayam kami mulai bergerak menuju salah satu monumen bersejarah selanjutnya, Taman Pahlawan Bung Hatta. Taman Bung Hatta ini terletak tidak juah dari Jam Gadang hanya bejarak kurang lebih 100meter saja dari Jam Gadang Bukit Tinggi. Taman Bung Hatta ini sangat menjadi rekomendasi buat yang punya rencana untuk traveling ke Bukit Tinggi, tempatnya sangat nyman dan adem.

taman pahlawan bung hatta bukit tinggi
Tugu Bung Hatta

Telaga dewi, Gunung singgalang

Selanjutnya perjalanan kami berlanjut menuju ke Gunung Singgalang, karena sebenarny tujuan utma dari perjalanan ini memang untuk mendaki Gunung, hehe namun sekalian sajalah kan mumpung sudah berada di Bukit Tinggi rugi donk kalau tidak mampir ke Jam Gadang dan Taman Bung Hatta.

Setelah selesai berfoto dan keliling di seputaran Jam Gadang dan Taman Bung Hatta perjalanan langsung kami lanjutkan menuju gunung Singgalang yang berada cukup jauh dari Monument Jam Gadang. Gunung Singgalang adalah sebuah gunung yang sudah tidak aktif lagi dan memiliki telaga yang sangat cantik, unik dan memiliki keindahan tersendiri bagi setiap pendaki yang mendaki Gunung Singgalang ini.

Pendakian gunung singgalang
Cadas Gunung singgalang


"Gunug Singgalang secara administratif terletak di Padang Panjang, Koto Baru, Sumatera Barat. Gunung Singgalang memiliki Ketinggian 2.877 Mdpl yang memiliki telaga atau danau bekas letusan purba pada Gunung Singgalang. Gunung singgalang ini merupakan salah satu tujuan wisata yang cukup favorit di Sumatera Barat, terutama dalam destinasi wisata alam."

Selama di pejalanan dengan menumpang Angkot mikrolet kami mulai bergerak menuju lokasi Gunung Singgalang, kurang lebih 45 menit dari Bukit Tinggi, meskipun dalam mikrolet cukup panas dan sedikit berdesakan dengan penumpang lain, nmaun tidak akan bosan kok, karena pemandangan menuju Koto baru, padang panjang ini kita bisa menikmati keindahan alam Kota bukit Tinggi yang indah.


Baca Juga : Pendakian Puncak Indrapura Gunung Kerinci


45 Menit sudah dilewati, kamipun tiba di simpang pandai sikek. Ya pandai sikek adalah sebuah desa yang berada tepat di bawah Gunung singgalang, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki, hehe mau naik ojek budget yang dibawa sedikit, jadi untuk berhemat kami lebih memilih untuk berjalan kaki saja, sekalian bisa bertegur sapa dengan warga lokal.

Setelahg tiba di pos lapor pendakian Gunung Singgalang, perjalanan kembali kami lanjutkan, hehe masih tetap jalan kaki ya, melewati perkebunan warga yang sangat indah, di tambah dengan sejuknya udara khas pegunungan yang membuat perjlanan semakin terasa nikmat meski sedikit berkeringat.

telaga dewi gunung singgalang padang
Telaga dewi gunung singgalang


30 menit berlalu karena perjlanan yang asik  tak terassa kamipun tiba di titik awal pendakian Gunung Singgalang, Tower TVRI, disini adalah titik awal pendakian Gunung Singgalang.hehe untuk info tentang pendakiannya silahkan baca di sini " Ketenangan telaga Dewi Gunung Singgalang " sengaja dibuat artikelnya secara terpisah karena pada pendakian ini ceritanya cukup panjang.

Yang menjadi tujuan para pendaki mendaki Gunung Singgalang ini adalah Telaga Dewi yang sangat indah, apalagi pas kabut tipis turun yang menyelimuti Telag, heheh di Telaga Dewi ini kita juga bisa melihat ikan mas yang besar dan jinak, hehe tapi jangan di ambil ya, kalau suka cukup abadikan saja lewat jepretan kamera.

Tips Backpacker dengan Budget yang Minim

pandai sikek padang
Pandai Sikek Padang

Itulah sedikit cerita tentang Jam Gadang, Travelling dadakan penuh cerita, tapi emang banyak banget ceritanya, hehe jujur saja karena traveling ini dadakan budgetnya pun juga dadakan sekalali, kalau ga salah hanya membawa uang kurang dari 1 juta, hehe cukup ga cukup di cukupin aja, dan alhamdulillah masih ada sisa untuk membeli oleh-oleh.

ya dengan Budget segitu sebenarnya kita ,asih bisa melakukan traveling, dengan cara Menjadi Backpacker. oh iya satu lagi selama di padang waktu itu kami tidak sama sekali menginap di hotel ataupun gues house, melainkan kami 1 malam menginap di masjid dan 2 malam bermalam di Gunung Singgalang. heheh

Buat yang pengen jalan-jalan tapi Budget minim jangan takut kok, asalkan persiapan sudah matang, alat-alat sudah lengkap ga apa-apa gass aja, travelingnya dengan cara Backpacker aja pasti sangat menyenangkan 


Trio saputra
Tetaplah menjadi Versi diri sendiri, Berdirilah di atas kaki Sendiri dan Berjuanglah tanpa harus memberatkan Orang Lain

Related Posts

2 komentar

  1. Salah satu destinasi yang belum kesampaian buat dieksplorasi nih, main ke Sumater Barat hahaha. Semoga bisa segera ke sana setelah pandemi ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh, semoga saja kak 😊, duhh makasi banget kak sudah bersedia mampir disini 🙏🙏

      Nanti kalau ke sumatera mampir ke bengkulu kak, trio siap antar keliling 🤭

      Hapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter