Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menikmati Suasana Hutan Mangrove Kampung Sejahtera di Bengkulu

Wisata-mangrove-Kampung-sejahtera-bengkulu
Wisata Mangrove Kampung Sejahtera


Kampung Sejahtera adalah sebuah kampung Nelayan yang berada di Pulau Baai Bengkulu. Kampung Sejahtera ini juga merupakan salah satu Objek wisata Hutan Mangrove yang ada di Bengkulu. Meskipun belum se bagus Mangrove Pik yang ada di Jakarta, Kampung Sejahtera tetap menjadi primadona dan juga sering menjadi Tujuan Wisata keluarga di Bengkulu. Oh iya selain bisa menikmati suasana Hutan Mangrove di Kampung Sejahtera ini juga bisa melihat aktivitas keseharian para Nelayan di Bengkulu yang menyaipakan peralatan Nelayan, mebersihkan Kapal, hingga melihat Hasil tangkapan Nelayan yang baru pulang dari Melaut, wihh mantap kan, jadi ada kesan yang berbeda saat liburan ke Kampung Sejahtera Bengkulu ini

Kampung Sejahtera, Menikmati suasana Hutan Mangrove di Bengkulu


Kampungsejahterabengkulu
Kampung Sejahtera


Minggu ini yang menjadi tujuan liburan ku adalah  Kampung Sejahtera yang berada di ujung kota Bengkulu. Jadi Kampung Sejahtera ini merupakan Kampung Nelayan yang di  sulap menjadi sebuah destinasi wisata Hutan Mangrove yang ada di Bengkulu. 

Seperti Biasa aku menghabiskan cukup banyak waktu untuk bersiap-siap sebelum memulai perjalanan liburan, mulai dari memilih baju, memilih sendal atau pakai sepatu, menyiapkan kamera, handphone, DLL yang di perlukan saat liburan, ce'ilehh tong rumit amat mau pergi jalan aja, hahah.

pukul 09 lewat sekian, Motor bututku mulai melesat santai menuju Lokasi Wisata Hutan Mangrove, Kampung Sejahtera di daerah pulai baai. sekitaran 30 menit menikmati suasa jalan yang cukup ramai dan sedikit terik cukup untuk menambah vitamin D pada kulit. Akhirnya ,aku tiba di gang masuk menuju Kampung Sejahtera.

Hmm, aroma ikan semakin menyengat, lalu lalang anak kecil menghiasi lorong gang. aku tiba di ujung Kampung Sejahtera. Kapal-kapal Nelayan berjejer rapi menghiasi bibir Dermaga kecil. Di kapal yang terParkir, ada beberapa nelayan yang sedang merajut jaring sembari tertawa kecil dengan segelas kopi panas.


Wisata mangrove bengkulu
Wisata Hutan Mangrove Bengkulu


Akupun mulai berjalan kecil menyisiri bibir dermaga kecil, sembari memotret sedikit bagian yang kurasa cukup indah, sesekali bertegur sapa dengan Nelayan yang sedang duduk santai di Halaman rumah. Karena hanya solo Traveling aku hanya bisa memotret keindahan Hutan Mangrove saja,tanpa ada aku di Dalamnya :(.

 Heheh namun tidak juga, aku dengan ramah mengajak beberapa orang untuk mengobrol yang kemudian berakhir dengan minta tolong untuk di Foto, dan tanpa pamri abang-abangnya mau memotoku dengan ikhlas, begitulah resiko jika solo traveler, tapi ada juga enaknya gak semua ga enak kok. Tapi Banyak enaknya di banding gak enaknya, so happy Fun aja kan traveling buat senang-senang.



Lokasi dan Fasilitas Wisata Hutan Mangrove Kampung Sejahtera 


Kampung Sejahtera ini berlokasi di Pulau Baai Bengkulu, berjarak 15 km dari pusat Kota Bengkulu dengan waktu tempuh kurang lebih 25 menit. Kampung Sejahtera juga masuk kedalam kawasan daerah pelabuhan Pulau Baai Bengkulu.

Sebagai Kampung yang menjadi tujuan wisata Kampung Sejahtera ini memiliki fasilitas yang cukup memadai, seperti taman, Wc umum, dan juga spot-spot foto yang Instagramable.


Wisata mangrove kampung sejahtera bengkulu
Wisata mangrove kampung sejahtera


Di Kampung Sejahtera ini pengunjung juga bisa merasakan sensasi menaiki kapal nelayan loh, dengan tarif Rp. 20.000/orang selama 1 jam mengelilingi kawasan Hutan Mangrove di Kampung Sejahtera. Tidak ada biaya retribusi masuk namun, hanya ada Parkir saja Rp 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat, enak ya bisa menikmati suasa yang indah tanpa ada retribusi masuk.

Selain itu pegunjung juga bisa memilih alternatif lain yaitu memancing, pada hari minggu atau libur sore hari banyak sekali para pemancing yang melepaskan hobinya di Kampung sejahtera ini, jadi buat para pengunjung yang suka mancing sangat dianjurkan jika berlibur di Kampung Sejahtera ini untuk membawa peralatan memancing.



Tips dan Saran Liburan di Kampung Sejahtera Hutan Mangrove


Kampung sejahtera pulau baai
Wisata mangrove bengkulu


Sebenarnya tidak banyak tips sih untuk berlibur di Lokasi Hutan Mangrove, Kampung Sejahtera ini. Hanya saja jika Kampung Sejahtera ini menjadi tujuan Liburan baiknya datang pada sore hari atau lebih pagi agar tidak terlalu panas, namanya juga pantai ya pasti panaslah omm.

Membawa bekal sendiri, hehe selain lebih sehat, di Kampung Sejahtera ini tidak ada warung makan apalagi restoran, hanya ada beberapan penjual rujak, dan sosis goreng yang ngetem di Kampung Sejahtera ini.

Heehehe, jangan lupa juga untuk tidak membuang sampah sembarangan ya, sayang aja nanti kasian lautnya dan ikannya jika memakan sampah.