Kesejukan yang Tiada Dua dari Danau Tertinggi di Asia Tenggara

6 komentar

 


Sejuk, Dingin, dan keindahan yang tiada dua dari pesona Danau Gunung Tujuh ini membuat mata tak henti melirik dari berbagai sisi. Danau Gunung Tujuh yang juga merupakan Danau tertinggi di Asia Tenggara ini memberikan sebuah kerinduan yang sangat berkesan dan memiliki kenangan yang tak terlupakan, hahah 

Masih tentang traveling di Kabupaten Kerinci, pas satu hari setelah turun dari Gunung kerinci aku kembali melanjutkan trip ke Danau Gunung Tujuh yang berada tidak jauh dari Gunung Kerinci. Aku bersama dengan teman-teman yang saat itu bertemu di base camp makjus. Yang kemudian menjadi tim untuk berangkat bersama-sama menuju Gunung Tujuh di Kerinci.

Sedikt info nih, jadi Gunung Tujuh ini adalah salah satu Gunung yang sudah tidak aktif lagi, dan Danau Gunung Tujuh ini terbentuk karena Letusan Gunung Tujuh yang pernah terjadi. Danau Gunung Tujuh ini juga merupakan Danau Tertinggi di Asia Tenggara dan juga merupakan Danau Tertinggi yang ada di Indonesia. 

Danau Gunung Tujuh ini memiliki luas 960 Hektare dengan panjang 4,5 kilometer dan memiliki lebar 3 kilometer. Kalau di tanamin kopi mungkin sudah bisa jadi juragan, hahah.

Danau Gunung Tujuh ini di kelilingi oleh Tujuh Puncak yaitu puncak Gunung Hulu dengan Ketinggian 2.525 Mdpl, puncak Gunung Hulu Sangir 2.230 Mdpl, Puncak Gunung Madura Besi 2.418 Mdpl, Puncak Gunung Lumut, yang di tumbuhi berbagai jenis Lumut 2.350 Mdpl, Puncak Gunung Selasih 2.230 Mdpl, Puncak Gunung Jar Panggang 2.469 Mdpl, dan Puncak Gunung Tujuh, sebagai puncak tertinggi yang juga sekaligus Sebagai nama dari Gunung Tujuh dengan ketinggian 2.735 Mdpl

Sekitaran pukul 08 lewat sekian, lupa lewat berapa.. Kami berangkat dari Base Camp Makjus menuju Gunung Tujuh menggunakan Mobil Kijang milik Bang Jarkin, Sekitaran 30 menit perjalanan deh kalau ga salah, durasi waktu perjalanan kami sedikit lambat karena banyak berhenti untuk menikmati suasa alam yang indah sepanjang perjalanan menuju Danau Gunung Tujuh.

Kurang  lebih pukul 09 aku bersama tim trip kocak sampai di pos lapor pendakian Gunung Tujuh yang juga merupakan titik awal pendakian Gunung Tujuh. Bang jarkin dan Bang yoga yang mengurus ke pos lapor pendakian Gunung Tujuh, sementara aku dengan yang lain sibuk untuk bersua foto, hahah. bukannya malah ikut urus registrasi masuk.


Gerbang Masuk Gunung Tujuh

Baca Juga Dong : Danau Kaco, Serunya Berenang di Danau yang Menjadi Situs Warisan UNESCO


Setelah registrasi di selesaikan oleh bang Jarkin dan Bang Yoga, Kami memutuskan untuk mulai perjalanan, ssttt, tapi wait, sebelum mulai pendakian, baiknya kita foto Bareng dulu deh di Gerbang masuk Gunung Tujuh, kan bagus tuh kalau fotonya rame di latarbelakangi Gapura Gunung Tujuh. ucap bang Yoga saat itu sambil Lari 

Setelah selesai foto bersama, kami mulai bekemas dan mulai berjalan santai mendaki Gunung Tujuh, Pendakian Gunung Tujuh ini sangat enak, karena jalurnya tidak begitu extreme seperti jalur pendakian Gunung Kerinci. Gunung Tujuh ini adalah salah satu tujuan camping Favorit di Kerinci saat akhir pekan. Ya salah satu alsannya adalah karenan Pesona Keindahan Dnaau Gunung Tujuh yang sangat menarik dan Indah. Hixs


Bagibung di Pinggir Danau Gunung Tujuh


Waktu Tempuh pendakian Gunung Tujuh ini juga bisa di bilang cukup singkat, tapi itu tergantung dengan si pendaki juga sih, Kalu santai dan menikmati perjlanan mungkin bisa sampai 2-3 jam. Kalau  ngebut seperti Valentino Rossi mungkin bisa sampai 0 koma sekian detik. haha. Tapi kayaknya sih ga bisa sekian detik deh, karena jalurnyakan tanah dan banyak akar.

Sekitaran 1 jam perjalanan pendakian kami tiba di puncak Gunung Tujuh, oh iya selama di perjalanan pendakian kita bisa menikmati suasana alam pegunungan yang masih asri, tidak ada polusi, tidak ada kemacetan, apa lagi pak polisi yang bertugas, huft ini  bicara Gunung apa ibu kota yang macet ya. !

Di Gunung Tujuh ini puncak lebih Dahulu baru Danau yang indah, haha. lah iya masa iya puncak di bawah Danau, basah kali bang, haha. Jadi Gunung Tujuh ini memiliki Ketinggian 2.735 Mdpl. yang kemudia turun kebawah dari puncak untuk mencapai Danau Gunung Tujuh yang indah. Sudah naik trus turun lagi, ahaha.

Setelah melewati puncak Gunung Tujuh dan turun Kami tiba di Danau Gunung Tujuh. Hmp kenapa cuma di lewati bang, tanya ku kepada bang yoga. Dah nanti aja kita foto-foto di puncak pas mau pulang, kita mandi dulu deh di Danau, makan dan riang-riang di pinggir Danau, bang yoga membalas pertanyaan ku sambil santai menghisap rokok.

Boom, saat sampai di pinggir Danau Gunung Tujuh, Mataku tak henti melihat pemandangan yang luar biasa, Hamparan Danau yang luas yang di selimuti Kabut tips, dan Puncak-punacak yang seolah menjadi pagar Danau, Dengan awan yang menjadi tudung puncak Gunung, membuat hati tak henti mengucap rasa syukur, Sungguh besar kuasa sang maha pencipta. dahh jangan di banyangi deh betapa indahnya Danau Gunung Tujuh ini.


jangan Lupa mandi ya jika sudah berada di Danau Gunung Tujuh

Yap, aku yang sudah tak sabar ingin merasakan betapa sejuk dan dinginnya Air Danau Gunung Tujuh langsung melompat dari batu besar itu dan berrr, serasa mandi dengan air es yang baru keluar dari Frezer ice Cream, dingin sekali air danau gunung tujug ini, beneran kok ga bohong. Tapi meskipun dinginnya minta ampun. Jika sudah sampai di Danau ini tak sedikit wisatawan yang menceburkan diri di sini.

Tak sampai di situ saja, di Danau Gunung Tujuh ini kita juga bisa menikmati keindahan Danau dengan menaiki sampan yang di sewa, yah tapi sayangnya saat aku kesana si bapak yang biasa membawa wisatawan buat keliling danau sedang tidak ada (sad). Hehe tapi gak apa-apa kok, Next time kalau masih ada umur mau kesana lagi saoalnya tempatnya sangat nyaman dan gak bakalan bisa di temui di tempat lain deh. coba aja sendiri ke sini, di jamin bakalan membuat kangen yang berat. hiks !!


view pemandangan Danau Gunung Tujuh yang Menakjubkan


Oh iya ada beberapa foto di atas yang  saya ambil dari google untuk menambah petunjuk agar lebih indah, karena pada saat saya ke Gunung Tujuh waktu itu banyak hasil Fotonya hilang karena penyimpanan yang kurang memadai. kentang

Terimakasih sudah Berkunjung ke Sepatukusam

Tabik

Trio saputra
Seorang yang menyukai Kopi

Related Posts

6 komentar

  1. Mantap bang,ajakim sya dong bang ke gunung tujuhnya,biar juga bisa mandi di danaunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuks kapan-kapan kita berangkat kesini barengan

      Hapus
  2. Mantap.. Bang Trio gunung tujuhnya,lebih semangat lagi menjelajah nusantara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya bang, bagus banget view nya di gunung tujuh ini 🤭

      Siap bang, semoga saja bisa menjelajah nusantara, amiinn

      Hapus
  3. Luar biasa Kang Trio, memang Indonesia memiliki sungguh banyak Surga.

    BalasHapus
  4. hehe iya kang, yuk main ke sumatera kang

    BalasHapus

Posting Komentar