Air Terjun Sengkuang : Keindahan di Balik Hijaunya Kebun Teh Kabawetan

2 komentar



Hamparan Hijaunya Perkebunan Teh bagai menjadi sebuah lukisan, dengan pemandangan yang luar biasa. Percikan Air yang mengembun seakan memberikan kesejukan dan memberikan kesegaran pada setiap mata yang memandangnya, ciahh. Air Terjun Sengkuang : Keindahan di Balik Hijuanya Kebun Teh Kabawetan

Oh, iya di artikel ini ada sedikit vidio pendek tentang perjalanan ke Air Terjun Sengkuang ini ya.

Perjalanan Menuju Air Terjun Sengkuan


Perjalanan Luar Kota pertama di awal Tahun 2021, yang memberikan kisah betapa serunya Travelling bersama dengan sahabat. Mumpung kami sedang ada waktu libur yang bersamaan, jadi Traveling kali ini kami lakukan bersama-sama, yang biasanya aku traveling sendiri, namun kali ini aku di temani oleh para Sahabat ku yang luar biasa kocak,seru dan tidak bisa di jelaskan dengan kata deh betapa serunya jika Traveling bersama mereka.

Setalah sepakat kemana tujuan Traveling bersama ini, kami berangkat dari rumahku. Tujuan Traveling kami kali ini adalah sebuah Air Terjun Sengkuang. Air Terjun Sengkuang berada di Kabupaten Kephiang, Yang juga memiliki pesona Keindahan yang sangat Cantik.

Singkatnya, sekitaran 1 jam perjalanan menggunakan sepeda motor dan Kami tiba di Kabupaten Kepahiang. Sebagai patokan, awal masuk Kabupaten Kepahiang kalian akan menjumpai pasar yang di sebut pasar kepahiang. 

Dari pasar Kepahiang ini, berarti perjalanan sudah tidak begitu jauh lagi, hanya membutuhkan waktu sekitaran 30 lebih untuk bisa mencapai wisata Air Terjun Sengkuang.


Oke lanjut ya, Setelah melewat pasar kepahiang yang cukup ramai, perjalanan kami lanjutkan, melewati jalan belakang pasar kepahiang yang kemudian di lanjutkan melewati beberapa desa sebelum akhirnya tiba di area perkebunan Teh Kabawetan.

Nah ini adalah salah satu momen perjalanan yang begitu menabjubkan, sebelum bisa menikmati Pesona Air Terjun Sengkuang, para wisatawan biasanya akan menyempatkan untuk istirahat sejenak di Area Perkebunan Teh Kabawetan ini.

Jadi, sepanjang jalan menuju Air Terjun sengkuang ini adalah desa-desa yang memiliki suasana yang masih sangat asri, terlebih lagi saat melewati kebun Teh Kabawetan. Yang membuat perjalanan menuju Air Terjun Sengkuang akan menjadi lebih terasa mengasikkan

Setelah melewati Kebun Teh Kabawetan, berarti perjalanan sudah semakin dekat, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit untuk sampai di lokasi Air Terjun Sengkuan, Setelah tiba tepat di depan jalan masuk menuju Air Terjun kami istirahat sejenak untuk merengangkan pantat yang mulai menipis karena perjalanan yang cukup panjang ,



Sembari istirahat aku dan Andi, melakukan registrasi pembayaran tiket masuk Lokasi Air Terjun Sengkuang, sementara Riki dan Mezi tertawa-tawa ringan, entah apa yang sedang mereka tertawakan kami tidak tau!

pembayaran registrasi masuk selesai, dan kami menitipkan motor dan helm dengan bapak-bapak yang sedang bertugas tersebut, Yuk mulai jalan masuk.

Dari loket pembayaran registrasi sederhana tadi, perjalanan kami lanjurkan dengan berjalan kaki dong, kan motornya sudah di titipkana di atas. Haha, lagian juga tidak bisa untuk membawa sepeda motor ke air tejun. karena jalanya menuruni anak tangga, bukan anak tetangga!.

Sekitaran bejalan 5 menit yang di warnai dengan canda riang dari Sahabat kocak ku ini, membuat perjalanan tidak terasa bahwa kami sudah menuruni kurang lebih 50-60an anak tangga. dan tiba tepat di pinggir Air Terjun Sengkuang.

Setalah Sampai di pinggir Air Terjun Sengkuang. behhh... Pesona yang di di beri sungguh luar biasa sejuk,  Percikan Air yang mengembun seakan memberikan kesejukan yang memberikan kesegaran pada setiap butiran embun yang sampai ke wajah. Dengan Air yang begitu jernih, membuat mata seolah menjadi lensa landscape yang ingin mengabadiakan moment lewat sebuah kenangan.

Jembatan Air Terjun Sengkuang

Mau mandi sih sebenarnya, tapi saat itu cuaca sedang hujan, membuat rencana untuk mandi harus di batalkan dahulu. Kami hanya bersua foto di beberapa spot, seperti jembatan yang ada di depan Air Terjun, Anak tangga yang unik untuk di jadikan sopt foto.


asikk lah pokoknya di Air Terjun sengkuang ini, apa lagi saat aku ke sini barengan dengan sahabat-sahabat baikku, wihh lebih wahh lagi dong. nah buatkalian yang belum punya tujuan buat rekreasi wisata, Air Terjun Sengkuang ini Rekomended banget.

muka para sahabat-sahabatku



Selain itu akses menuju Lokasi Air Terjun ini juga sangat baik, tidak begitu jauh dengan lokasi parkir, dan jalan menuju air Terjunnya juga cukup enak rekomeded deh pokonya.

Air Terjun sengkuang ini terletak di area Perkebunan Teh Kabawetan, tepatnya di desa Mekar sari, Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang. Air Terjun Sengkuang ini berda di ketinggian 1.786 MDPL

Fasilitas dan Apa Saja yang Bisa di Lakukan di Air Terjun Sengkuang

Fasilitas di Air Terjun Sengkuang ini cukup lengkap dengan basic wisata alam Air Terjun seperti ini. Di Air Terjun sengkuang ini pengunjug juga bisa menikmati Sejuknya Air Terjun dengan semangkuk Pop Mie, yang bisa di beli di sekitar  Lokasi Air Terjun Sengkuang ini.

Mau mandi untuk bisa menikmati lebih segarnya air dari pegunungan ini ?. Tenang Di Air Terjun sengkuang ini pengujung juga di perbolehkan untuk mandi kok. Di beberapa bagian juga di sediakan kamar ganti, untuk pengunjung yang ingin mengganti baju mandi.

Kebelet pipis ? hahah. Di lokasi Air Terjun Sengkuang ini juga tersedia WC umum kok, jangan pipis di air terjun ya, kasian loh sama pengunjung yang lain harus menikmati air terjun yang bercampur pipis kalian, haha.

Tiket atau Karcis Masuk Air Terjun Sengkuang Kepahiang


Untuk menikmati keindahan air Terjun sengkuang ini pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang Rp 3.000 saja per satu orang. dan Parkir kendaraan Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua Rp 5.000 untuk Kendaraa roda empat.

Murah kan. untuk Menikmati Wisata Air Terjun Sengkuang ini. Kami yang waktu itu ber-empat dan dua sepeda motor, hanya di kenakan tarif  Rp. 20.000 saja. Dengan Fasilitas yang lumayan Lengkap.

Pembayaran tiket Masuk Air Terjun Sengkuang



Selain itu pengunjung juga tak perlu khawatir untuk menitipkan motor di parkirana ini, karena bapak-bapak penjaga parkirnya juga baik, dan insa'allah amanah, Karena pada saat itu si bapak penjaga parkir rela menunggu kami yang pulang terakhir hanya untuk menjaga sepeda motor kami.

Tips melakukan Perjalana ke Air Terjun Sengkuang


Tidak banyak tips sih jika kalian juga mau ke sini, saran saja. Baiknya jika jarak rumah kalian cukup jauh, datanglah lebih awal agar sampai dilokasi tidak terlalu kesiangan.

Gunakan jaket, karena nanti akan melewati pegunungan yang cukup dingin, terlebih lagi jika sore hari, kabut dan terkadang juga sering hujan, jadi baiknya juga menyediakan jas hujan, jika menggunakan sepeda motor.

Selamat menonton ke seruan dan ke kocakkan dari perjalanan kami, wkwk , ada mamang gorengannya loh🤭




Trio saputra
Bukan siapa-siapa,hanya seorang yang menyukai Travelling dan Kopi. Mengisi waktu kosong dengan membaca dan menulis gak jelas, kadang juga sering menjadi kang foto dadakan, kang edit dadakan

Related Posts

2 komentar

Posting Komentar