Oleh-oleh khas Kepahiang di Desa Tebat Monok

Posting Komentar

     



Desa Tebat Monok adalah salah satu Desa yang terdapat di Kabupaten Kepahiang, Desa Tebat Monok bisa di katakan sebagai Desa pusat Oleh-oleh Khas Kepahiang. Di sepanjang Desa Tebat Monok ini hapir sebagia warganya menjual Makanan Khas Kabupaten Kepahiang. 

Hayuk siapa nih yang sering beli Oleh-oleh di Desa Tebat Monok ini jika pulang dari jalan-jalan ke Kepahiang, Mantep.. berarti kamu orang yang peduli dengan keluarga atau orang yang gak ikut kalian jalan-jalan, haha. 


Desa Tebat Monok :  Pusat Oleh-oleh khas Kepahiang


Ada yang bilang blum mengunjugi suatu tempat jika tidak membeli oleh-oleh khas dari daerah tersebut.  Setiap Daerah juga pasti punya ciri khas dari daerahnya masing-masing, termasuk juga Kabupaten Kepahiang yang terkenal dengan Oleh-oleh khas dari daerahnya. Desa Tebat Monok adalah tempat di mana kita bisa membeli oleh-oleh khas dari Kepahiang ini.

Sepulang dari berwisataria dari Air Terjun Sengkuang dan Kebun Teh Kabawetan kemarin kami mampir sejenak di Desa Tebat Monok ini untuk membeli beberapa oleh-oleh khas dari Kabupaten Kepahiang ini. Hehe, sebenarnya mau di gabungin di artikel yang sebelumnya sih, tapi… di fikir lagi mending di buat terpisah deh, di buat khusus untuk membahas Oleh-oleh saja, biar lebi detail dan Jelas.

Sebenarnya juga setiap pulang dari Rumah Nenek di Kepahiang juga selalu membeli Oleh-oleh di Desa Tebat Monok ini, Namun kali ini rasanya ingin saja menuliskannya dalam sebuah artikel di Blog, hehehh, biar apa ya ?, Mungkin biar jumlah postingannya bertambah, atau mungkin baru kefikiran aja.Huft!!.


yuk yuk belanja oleh-oleh 


Yang paling sering aku beli jika pulang dari Kepahiang di sini adalah Keeripik umbi-umbian dan alpukal. Ya memang emak aku suka makan alpukat, kalau keripiknya buat temen nonton, haha juga sering di jadikan lalapan saat makan sih. Kalau kalian yang suka di Beli di Desa Teabat Monok ini apa ?

Desa Tebat Monok ini bisa di katakana pusat Oleh-oleh khas Kepahiang deh, di Sepanjang jalan Desa Tebat Monok, yang juga jalan lintas untuk menuju Kabupaten Rejang Lebong-Lubuk Linggau- Pagar Alam, tiap harinya Banyak sekali kendaraan yang lalu Lalang di jalan Desa Tebat Monok ini. Di sepanjang jalan Desa Tebat Monok ini kalian pasti akan melihat gerai-gerai sederhana para penjual aneka makanan khas Kepahiang, mulai dari, Buah Alvukat, Ubi Jalar, Hingga kerip bayam yang nikmat.

Mungkin buat kalian yang orang Bengkulu dan pernah ke arah Kepahiang maupun Curup pasti sering juga membeli aneka Oleh-oleh di Tebat Monok, atau mungkin juga hanya lewat namun tidak membeli, yahhh rugi tapi dong, Oleh-oleh yang di jual di Tebat Monok ini juga enak-enak, apa lagi keripik Umbi-umbian dan keripik bayamnya, yang pas sekali untuk di jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah, dan calon mertua jika ada. Haha.!!

Setiap gerai yang ada di Desa Tebat Monok ini rata-rata menjual oleh-oleh yang sama, hanya saja berbeda pada label di kemasan yang di jual, karena memang Oleh-oleh yang di jual merupakan hasil dari olahan sendiri, yaa jadi merek nya beda dong, tapi isinya tetap sama kok, karena rata-rata menjual produk yang sama, nah tergantung kalian mau beli di Gerai yang mana, haha, jika tidak mampirin aja semua, tiap gerai beli satu produk olahan,  biar adil, iya kan . Hahaah

Desa Tebat Monok Kabupaten Kepahiang




Desa Tebat Monok berada tepat di awal masuk Kabupaten Kepahiang, setelah turun dari Kawasan Gunung itu sudah masuk ke Desa Tebat Monok, tetapi belum ada gerai Oleh-olehnya jika di awal masuk Desa. Gerai Oleh-oleh ini Berada di Ujung Desa Tebat Monok, gak terlalu ujung juga sih, sekitaran 100meter dari para penjual Parang di Dekat Jembatan Tebat Monok. HAhah Belepotan yaa.

 Selain tempat Oleh-oleh khas Kepahiang, jika cuaca sedang cerah kita bisa menikmati pemandangan yang tak kalah menabjukan dari Desa Tebat Monok, bahkan tak sedikit juga para Fotografer yang sering menjepret momen dari Desa Tebat Monok, dihh makin cantik dong, heheh



Warga Desa yang dominan menggunakan bahasa Rejang akan menambah kesan unik jika membeli oleh-oleh di Desa Tebat Monok ini, hehe tapi meskipum warganya mengunakan bahasa Rejang, jika pembeli mau beli Oleh-oelh tetap akan di layani dengan bahasa Indonesia kok, atau biasa juga dengan bahasa Bengkulu. Jadi gak perlu khawatir deh, ( Bahasa Rejang adalah bahasa Daerah yang sering di gunakan Masyarakat di Kabupaten kepahiang dalam berbicara sehari-hari).


Trio saputra
Bukan siapa-siapa,hanya seorang yang menyukai Travelling dan Kopi. Mengisi waktu kosong dengan membaca dan menulis gak jelas, kadang juga sering menjadi kang foto dadakan, kang edit dadakan

Related Posts

Posting Komentar