Tips Memulai Menulis Cerita Pejalanan Yang Menarik

tips menulis cerita perjalanan yang menarik


 Suka melakukan Perjalanan?, punya cerita Perjalanan yang menarik untuk di Ceritakan? dan ingin menceritakan hasil Jalan-jalan kalian?, Namun susah Untuk memulai menulis cerita perjalanan?. Tenang kalian gak sendirian kok, Haha. Sama akupun juga begitu!.Terkadang mencari Tips Menulis Cerita Perjalanan yang menarik adalah sebuah kegiatan yang sering aku lakukan untuk memulai menuliskan hasil dari jalan-jalan.

Terkadang kita sering merasa kesusahan untuk memulai menuliskan  kembali cerita perjalanan yang sudah di laukakan, baik itu cerita perjalanan yang baru, ataupun yang sudah lumayan lama. Pernah gak sih kalian berfikir, Wah sepertinya kalau di tulis bakalan bagus nih cerita Traveling ku hari ini. untung-untung bisa menjadi sebuah panduan bagi orang yang sedang mencari referensi tentang Tempat yang sudah kalian datangi. Iya gak sih ?. 

 Tips Memulai Menulis Cerita Pejalanan


Tapi kadang kalian juga sering kebingungan untuk memulai sebuah cerita dari mana, atau bagaimana?. Bagus gak sih nantinya?, atau bakalan menarik gak sih?. menurut ku jawabannya cuman satu. MULAI SAJA MENULIS. Urusan bagus dengan tidaknya nanti belakangan, yang penting,berani dulu untuk memulai dari suatu kalimat.

Nah sekedar berbagi pengalaman yang sering kulakukan untuk menuliskan kembali hasil dari perjalanan yang sudah di lakukan hingga menjadi sebuah cerita perjalanan yang menarik (bagiku). Ada beberapa Tips yang  sering saya lakukan sebelum memulai menuliskan kembali cerita perjalanan.

Cara Menulis Cerita Perjalanan yang Menarik


Untuk memulai sebuah cerita tidak harus di awali dengan kata "Suatu hari". Banyak sekali kata yang bisa di gunakan untuk memulai menulis, seperti, "Matahari hari ini begitu terik" atau bisa juga menggunakan kata yang sedikit puitis, seperti, "Laju kendaraan yang lalu lalang seakan membuat perjalanan terasa mengasikkan", atau dengan kata yang lebih sederhana lagi seperti, "Kami Berangkat". 

Nah jika sudah ada kalimat pertamanya, selanjutnya baru mulai bercerita sesuai dengan apa yang kalian alami, tanpa rekayasa, Berceritalah secara alami dan natural. Berikut ini adalah Tips yang bisa kalian coba untuk Memulai Menulis Cerita Perjalanan yang Menarik

1. Mulailah Menulis 

cara memulai menulis cerita perjalanan yang menarik
Mulailah Menulis


Yang Paling pertama adalah Mulailah Menulis. Bagaimana cerita perjalanan akan jadi, kalau tidak mulai menulis, hahah kecuali hayalan kalian bisa menjadi beberapa lembaran cerita dengan sendirinya.Haha, namun ku rasa itu adalah suatu hal yang kemustahilan. Ya tidak?, kalau cuman di hayalkan saja tanpa di tulis, apa iya akan menjadi lembaran cerita dengan Sendirinya. jadi Mualailah Untuk Menulis.

 

2. Mencatat setiap aktivitas saat Traveling


Membawa buku diary, kenapa tidak!. Tidak mungkin kita ingat semua kejadian yang kita lakukan selama Traveling, jika itu bukan kejadian yang memang berkisah. Apalagi kalau kalian pelupa seperti saya, Heheh. Mencobalah Mencatat beberapa kejadian yang nantinya akan di tuliskan ke dalam cerita perjalanan  yang akan kita tulis.

 

3. Sesegera Mungkin Menulis Setelah Pulang Traveling


Biasanya kalau saya, jika sedang tidak membawa Buku, maka aku akan sesegera mungkin menuliskan cerita perjalanannya setelah sampai kerumah. Karena biasanya jika sudah lewat beberapa hari akan mulai lupa tentang apa yang akan di masukkan ke dalam cerita. Apalagi jika sudah berhari hari bahkan berminggu-minggu.

 

4. Menulislah Dengan Tenang


tips menulis cerita perjalanan agar menjadi menarik

Carilah cara menulis yang menurut kalian paling cocok untuk menulis, usahakan menulis dengan tenang agar bisa mengingat beberapa kejadian yang mungkin lupa di catat ke dalam buku yang kalian bawa saat traveling.


5. Jauhkan benda yang Menggangu selama Menulis

 

Menulis membutuhkan ketengan, dan Fokus. Mencobalah untuk menulis jauh dari Benda-benda yang bisa menganggu ketenangan, Seperti, Gadget, Musik, atau bahkan dari kebisingan jalan, jika rumah kalian di pinggir jalan maksudnya, haha.

 

6. Menulislah Dengan Santai

 

Maksud Menulis Dengan Santai di sini adalah Menulislah dengan tidak ada tekanan, semampunya, jangan terlalu di paksakan untuk mengejar tulisan. Baiarkan saja menulis dengan mengalir dengan cerita, jika sudah merasa Lelah, istirahatlah sejenak. Jika sudah mulai Kembali enakan barulah Kembali menulis.

 

7. Cobalah Menulis di Luar Ruangan


Jika di rasa sedang bosan untuk menulis di dalam kamar, cobalah untuk menulis di luar ruangan, Bisa mencoba di Taman,Pinggir pantai,atau di atas atap rumah. Hahah, jika mau mencoba menulis sedit extreme. Carilah tempat Ternyaman untuk Menulis. Bahkan aku pernah membuat satu tulisan sambil menikmati sunset yang indah, hehe.

Nah itulah  Tips Memulai Menulis Cerita Pejalanan Yang Menarik, yang biasa aku lakukan sebelum memulai menulis kembali cerita perjalanan ku di blog ini. Semoga tips ini bisa sdikit memantu untuk kalian yang juga mau menuliskan cerita perjalanan Traveling Kalian. 

Intinya Mulailah untuk menulis, dan carilah cara bagaimana kalian bisa menulis dengan senyaman Mungkin.

0 Comments

Posting Komentar