Jembatan Manula yang Indah Menyimpan sejuta Cerita

Posting Komentar
jembatan Manula


Jembatan Manula yang indah dengan Sejuta Cerita mulai dari cerita Syekh Aminullah hingga Tebing Batu yang indah. Tepat pada Bulan  Puasa nanti Jembatan Manula ini Genap berusia satu Tahun setelah di resmikan pada Tahun Lalu. Ujar Pak Imam. Jembatan Manula adalah Jembatan yang menghubungkan Provinsi Bengkulu dan Lampung. Jembatan Manula sempat menjadi Viral karena keindahan pemandangan dari Jembatan Manula yang cukup unik dengan View pemandangan Bukit Batu dan Hijaunya Kawasan Hutan Lindung Bukit Barisan Barat. Jembatan Manula yang Indah Menyimpan sejuta Cerita

Jembatan Manula 

Jembatan Manula adalah Sebuah Jembatan yang di bangun untuk menghubungkan dua Provinsi di Sumatera, yaitu Provinsi Bengkulu dan Provinsi Lampung. Jembatan Manula ini juga di kenal sebagai Jembatan Terpanjang yang ada di Bengkulu. Jembatan Manula memiliki panjang 215 meter. Jembatan Manula terletak di Desa Tebing Rambutan Kecamatan Nasal, Kaur Bengkulu. 

Jembatan Manula juga memili Cerita yang menarik untuk di usut dan di simak. Selain itu Jembatan Manula ini memiliki View Pemandangan yang indah dengan Tebing Batu yang menjulang menjadi dinding di antara jalan menuju Jembatan Manula.

Cerita Tentang Jembatan Manula 


Saat Malam di Rumah Pak Imam, aku mendapatkan sebuah cerita yang cukup menarik, yaitu Cerita tentang Jembatan Manula yang sedang hits dan Viral di Bengkulu beberapa waktu lalu, bahkan sekarang juga masih cukup Viral sih.

Dengan hikmat aku mendengarkan sedikit Cerita dari Pak Imam saat malam itu yang juga di temani dengan suasana malam yang cukup dingin dan Listrik mati. Ternyata Jembatan Manula yang Indah Menyimpan sejuta Cerita. jembatan yang cukup Hits dan sempat Viral ini memiliki cerita yang cukup untuk membuat Bulu kuduk merinding. 


jembatan manula di kaur

Diatas Jembatan Manula ini adalah sebuah tanjakan yang cukup terkenal dengan rawan kecelakannya, Tebing Batu namanya, Sudah ada lebih dari ratusan Kendaraan yang terjun ke dalam jurang Tebing Batu di atas Jembatan Manula. Ujar Pak Iman yang bercerita sembari menghisap rokok dan sesekali menyeruput Kopi hangat buatan andung.


Baca Juga Dong : Pulau Pisang, Pesona Surga Pesisir Barat


Asal Mula Nama Jembatan Manula

Saat itu kami yang pulang dari Lampung setelah Traveling ke Pulau Pisang. Aku memutuskan untuk mampir sebentar di depan Makan Syekh Aminullah yang terkenal dan cikak bakal asal nama Jembatan Manula.

Si Bapak penjaga makam bersedia menceritakan sedikit Tentang asal usul nama Jembatan Manula dan Kaitannya dengan Syekh Aminullah. Jembatan Manula di ambil dari Nama Sungai yang berada di Bawah Jembatan Manula tersebut, Ujar Bapak penjaga Makam.

pesona jembatan manula
Jembatan Manula


Dahulu Syekh Aminullah saat menyebarkan Agama Islam di Pesisir Lampung pernah bertapa di Danau Sungai Manula yang berada tepat di bawah Makam Tilasan Syekh Aminullah. Dan Masyarakat kerap memanggil Syekh Aminullah dengan julukan Manula Sahaja, Dari nama itulah Nama Jembatan Manula ini di ambil sebagai bentuk penghormatan kepada Syekh Aminullah.

Kata si bapak, Meskipun Makam ini hanya tilasan, Namun pada hari dan waktu tertentu banyak Masyarakt yang datang untuk berziarah kemakam Syekh Aminullah, baik itu dari Provinsi Lampung maupun dari Bengkulu.

Tebing Batu Jembatan manula

Pada awal masuk kawasan Jembatan Manula ada sebuah spot Foto yang membuat Jembatan Manula ini menjadi Hits dan Viral bagi para penikmat Fotografi dan para Instagramable untuk berswafoto. Tebing Batu adalah salah satu daya tarik tersendiri bagi para pengguna jalan yang akan melintasi Jembatan Manula ini.

tebing batu jembatan manula



Karena Memang Tebing Batu ini sering di jadikan tempat Swafot yang Instagramable di Jembatan Manula.

Kalau Kebetulan Lewat di depan Makam, ada tidak ada Orang di depan makam ada baiknya berhenti sejenak, atau mengucapkan salam dan permisi untuk numpang lewat, karena memang sebagaimana mestinya kita lewat di wilayah Orang, tetap jaga perkataan saat melintas di depan Makan maupun di Jembatan Manula. Ujar Bapak Penjaga Makam Syekh Aminullah.

Trio saputra
Bukan siapa-siapa,hanya seorang yang menyukai Travelling dan Kopi. Mengisi waktu kosong dengan membaca dan menulis gak jelas, kadang juga sering menjadi kang foto dadakan, kang edit dadakan

Related Posts

Posting Komentar