Tips Bepergian sendiri agar Menjadi Solo Traveling yang Menyenangkan

 

Tips Melakukan Solo Traveling

Bepergian sendiri, kenapa tidak!. Banyak yang beranggapan bahwa Solo Traveling itu gak seru, bahkan ada yang bilang juga kalau traveling sendiri itu berbahaya atau lain sebagainya. Padahal Traveling Sendiri itu adalah suatu hal yang sangat menyenangkan bahkan bisa lebih seru.

Karena Solo Traveling atau Bepergian sendiri itu kita tidak harus berdiskusi dengan teman seperjalanan, tidak perlu repot untuk menentukan tempat tujuan, tidak perlu khawatir. Tinggal ikuti saja apa kata hati dan insting kemana akan baiknya, pastinya dengan tujuan yang sudah di rencanakan sebelumnya, Solo Traveling itu kita bisa bebas bergerak kemanapun kita suka, kemanapun ketempat yang menarik untuk kita.


Solo Traveling

Nah sebelum itu, apa sih sebenarnya Solo Traveling itu?. Solo Traveling merupakan kegiatan Bepergian seseorang Sendiri atau tanpa pendamping ke suatu tempat wisata atau suatu daerah yang di lakukan sendiri dan itu di sebut dengan Solo Traveling

Tips Bepergian sendiri atau Solo Traveling

Tips Bepergian Sendiri atau Solo Traveling berikut ini bisa kalian coba agar Solo Traveling kalian menjadi lebih menyenangkan dan bisa menjadi perjalanan Sendiri akan menjadi aman, Saya juga selalu menerapkan tips di bawah ini jika sedang Solo Traveling ke luar Kota. Nah berikut ini adalah beberapa Tips Bepergian Sendir atau Solo Traveling

1. Bersikap Sopan

Pasti kita sering melihat atau membaca di suatu tempat dengan kalimat "anda sopan kamipu segan". Dari kata-kata tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa dengan bersikap sopan, kita akan di segani orang, atau bahkan kita bisa dengan mudah untuk mendapatkan teman baru atau mungkin bisa dengan mudah untuk mendapatkan pertolongan saat terjadi sesuatu.


2. Bersikap Ramah kepada Orang baru dan Penduduk Lokal

Yang satu ini mungkin tidak perlu di bicarakan lagi sih sebenarnya, namun terkadang kita sering lupa untuk bersikap ramah kepada orang baru. Padahal dengan bersikap ramah kita bisa mendapatkan banyak keuntungan entah itu bisa di tawarkan istirahat atau bahkan bisa di ajak untuk mengunjungi destinasi Dengan Gratis.


3.Pelajari bahasa Lokal

Tidak semua Orang tau dengan bahasa kita, bahkan pada beberapa kejadian, saya pernah melakukan Traveling ke salah satu wilayah yang cukup jauh dari kota, dan tidak semua warganya yang bisa berbahasa Indonesia dengan pasih, Berbekal sedikit mengetahui bahasa Lokal mereka saja, dan itu sangat menguntungkan, bahkan saya di ajak untuk mampir dan menikmati secangkir kopi khas dari daerah tersebut.


4. Menggunakan Pakaian yang sopan dan sesuai dengan Budaya Setempat

Menghargai orang lain atau masyarakat sekitar adalah suatu hal yang sangat wajib di lakukan saat melakukan Solo Traveling. Termasuk dengan cara berpakaian, dengan menggunakan pakaian yang sopan dan sesuai dengan adat setempat adalah salah satu cara untuk menghargai orang lokal dan Budaya setempat.

Dengan berpakaian yang sopan, akan lebih mudah jika mau meminta pertolongan kepada orang lain, karena kita menggunkan pakaian yang sopan, orang  akan beranggapan baik jika kita mengenakan pakaian yang baik juga.

kan ada tuh di beberapa tempat yang mempunyai aturan-aturan tentang cara berpakaian, pakaian yang mana yang melanggar aturan adat setempat,

5. Percaya pada insting dan diri Sendiri

Solo Traveling, namanya juga Solo berarti melakukan perjalanan sendiri. Percaya pada insting dan diri sendiri adalah cara terbaik untuk terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan, semoga saja tidak terjadi apa-apa ya kan. 

Pernah kan beberapa kejadian kita mengalamai seperti ada kata dalam hati saat menentukan pilihan, atau ada di Fikiran yang bebicara jangan, nanti bahaya. Nah itulah yang di namakan insting dan mulailah untuk percya kepada diri sendiri untuk hal keselamatan dan kenyamanan dalam Solo Traveling.


6. Melakukan Riset atau survei Tujuan Solo Traveling

melakukan riset sebelum solo traveling
menganalisa tujuan solo traveling

melakukan Riset sebelum melakukan Solo Traveling adalah hal yang wajib untuk di lakukan, Mulai dari riset tujuan destinasi yang akan di kunjungi, Riset tentang daerah yang akan di datangai, hingga melakukan survei tentang anggaran, waktu tempuh, dan penginapan yang ada di Lokasi yang akan menjadi Tujuan Solo Traveling nantinya 

Cara Menikmati Jalan-jalan sendiri

Dengan kita melakukan Solo Traveling bukan Berarti kita tidak bisa menikmati  jalan-jalan seendiri tersebut, bahkan lebih asik dan menyenangkan jika melakukan Solo Traveling. Dimana kita bisa dengan leluasa menjalin silahturahmi dan pertemanan dengan orang baru.

Bahkan dengan Solo Traveling kita bisa denganmudah untuk beradaptsi dengan orang-orang baru, jadi meskipun Bepergian Sendiri, bukan berarti perjalanan tersebut tidak bisa menyenangkan, Kita bisa menikmati Jalan-jalan sendiri menjadi lebih seru.

Jadi masih Ragukah untuk memulai Solo Traveling ?. ada pepatah yang bilang , "kalau tidak sekarang kapan lagi,Kalau bukan Kita siapa Lagi". Yuk mulai packing dan rencanakan Traveling kalian, jangan lupa juga untuk tetap mengikuti protokol kesehatan yang sudah di tetapkan. Selalu rajin mencuci tangan walaupun tidak makan. Selalu membawa Handsanitaizer dan jangan Lupa memakai Masker. 

 Salam Sehat , dan Salam Lestari


2 komentar

  1. Wah luar biasa tipsnya Kang, InsyaAllah mau coba solo travelling sepertinya seru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, makasia kang. seru dong kang, siiap selamat mencoba kang. alhamdulillah kalau bermanfaat

      Hapus


EmoticonEmoticon