Benteng Malborough, Melihat Lebih Dekat Sejarah Bengkulu

Posting Komentar

 Benteng Malborough atau sering juga disebut Fort Malborough merupakan sepenggal saksi bisu bagaimana Sejarah Bengkulu dari Zaman penjajahan Inggris Hingga Indonesia Merdeka, bahkan Sampai Sekarang. Benteng Malborough tetap menjadi saksi bagaimana perkembangan Bengkulu dari waktu ke waktu. Melalui Benteng Malborough mari kita melihat lebih dekat Sejarah Bengkulu.

sejarah benteng malborough bengkulu
Benteng Malborough Bengkulu


Benteng Malborough adalah salah satu dari Beberapa Benteng peninggalan Zaman Penjajahan di Bengkulu. Selain Rumah pengasingan Bungkarno, Tugu Thomas Parr, dan Tempat bersejarah lainnya di Bengkulu. Benteng ini tetap menjadi yang paling ramai di Kunjungi di Bengkulu. Lalu bagaimana Cerita Benteng Malborough dan kondisi, serta bentuk dari Benteng Malborough, yuks sama-sama kita lihat Sejarah Benteng Malborough di Bengkulu ini.

Sejarah Benteng Malborough ( Fort Malborough)

Benteng Malborough sendiri di bangun pada masa kedudukan Inggris di Bengkulu. sebenarnya Fort Malborough bukanlah Benteng pertama yang ada di Bengkulu. Melainkan yang pertama adalah Benteng York yang berada di pasar Bengkulu. 

Benteng York sendiri di tinggal karena pada saat itu kondisi Bengkulu yang rawan Longsor dan Gempa, serta adanya wabah penyakit Malaria dan Kolera. Benteng York dulunya merupakan Pangkalan Dagang pertama Inggris di Bengkulu, Menurut sejarah yang terlampir di Wikipedia, Benteng York di bangun sekitar Tahun 1618.

Kemudian karena banyaknya masalah mulai dari Wabah Kolera hingga malaria, belum lagi Lokasi Benteng yang berada di Pinggir sungai Bangkahulu yang terus menerus mengikisi Benteng, Akhirnya pada tahun 1714, Pembangunan Benteng Baru di lakukan yang sekarang di kenal Dengan Benteng Malborough.

benteng malborough bengkulu
Halaman Benteng Malborough


Nanti deh Next artikel saya akan buatkan sejarah Benteng York, Insa'allah akan di Buat, sekalian jalan ke Benteng yang sekarang hanya tinggal beberapa Puing-puing kenangan saja, setelah di tinggal pergi dia dengan yang lain, hemm.. 

Oke Lanjut ke Sejarah, Benteng Malborough di bangun pada tahun 1714-1719 di bawah pimpinan Gubernur Joseph Callet sebagai Benteng pertahanan Inggis masa itu. Menurut Sejarah Benteng ini pernah di Bakar oleh Rakyat Bengkulu, sehingga membuat penghuninya terpaksa mengungsi ke Madras, namun kemudian kembali lagi pada tahun 1724 setelah di buatnya perjanjian. Pada tahun 1793 serangan kembali di lakukan, akibat insiden ini salah satu Opsir Inggris yang bernama Robert Hamilton Tewas.

Baca Juga Dong : 5 Tempat Wisata Budaya di Bengkulu

Selang beberapa tahun, tepatnya pada 1807 residen Thomas Parr juga tewas, kemudian di bautlah Monument peninggalan Inggris sebagai bentuk pengingat, Monument itu sekarang yang di kenal dengan Nama Tugu Thomas Parr.

Peninggalan Benteng Malborough
Peninggalan Tulisan di dalam Pintu Masuk Benteng


Menurut Sejarah Setelah berakhirnya residen Inggris di Bengkulu. Benteng Malborough masih berfungsi sebagai Benteng pertahanan pada masa Hindia Belanda di Bengkulu Hingga Sekarang yang di serahkan kemendikbud untuk di pugarkan menjadi Cagar Budaya, Berikut Urutan fungsi dari Benteng Malborough dari Zaman ke Zaman

  • Sebagai Benteng Pertahanan Hindia Belanda (1825-1942)
  • Di duduki Jepang sebagai Benteng Pertahanan semasa di Bengkulu (1942-1945)
  • Markas Polri (1948), karena saat itu jepang yang kalah.
  • Kembali di duduki Belanda (1949-1950)
  • Setelah Belanda Pergi, Menjadi Markas TNI-AD (1977)

Lokasi dan Biaya Masuk Benteng Malborough

Secara administratif Bengteng Malborough masuk ke dalam wilayah Kebun Keling, tepatnya di Jl. Benteng, Kebun Keling, Kota Bengkulu. Atau tepat berada di depan Kampung China. dekat dengan pusat Kota Bengkulu menjadikan Benteng ini selalu Ramai di Kunjungi.

Untuk biaya masuk ke Benteng Malborough akan di kenakan tarif karcis seharga Rp 2.500/ orang. jam buka mulai dari Pukul 08:00 - 18:00 Wib. Dengan harga karcis masuk yang murah juga menjaid alasan wisatawan menjadikan Benteng ini sebagai tujuan Wisata Sejarah di Bengkulu.

Pesona Benteng Malborough

Barang bersejarah di BentengMalborough
Barisan Meriam Benteng Malborough
Sel militer benteng malborough
Sel militer

Di Benteng Malborough yang masih banyak menyimpan benda bersejarah seperti meriam dan Senjata perang lainya yang di simpan. Selain itu pengunjung juga bisa menikmati indahnya pemandangan Pantai Tapak Paderi dari atas Benteng, Pemandangan laut biru menjadikan Pesona Benteng Malborough menjadi lebih Indah untuk menjadi tujuan Wisata keluarga di Bengkulu.

Halaman Benteng Malborough yang laus kerap di jadikan tempat piknik yang menyenangkan bersama keluarga, selai itu juga bisa melihat tulisan-tulisan informasi yang di sediakan pengelola tentang sejarah singkat dan kegunaan dari berbagai sudut Benteng. 

Benteng Malborough Bengkulu


Terdapat juga beberapa ruangan yang menyajikan cerita sejarah Benteng Malborough yang bisa menambah pengetahuan tentang sejarah Benteng ini, dan melihat bagaimana perkembangan Benteng Malborough dari tahun ke tahun. 

Baca Juga Dong : Bukan di Bali! Budaya Bali di Desa Tawang Rejo Bengkulu

Penutup

Benteng Malborough yang menjadi Saksi Sejarah di Bengkulu sangat di rekomendasikan untuk tujuan wisata Keluarga yang edukatif. Selain itu Benteng ini juga sangat cocok untuk menjadi tujuan liburan dan tempat Hunting yang Instagramable di Bengkulu.

Sebagaimanapun itu,kita tidak boleh melupakan Sejarah. Melalui Benteng Malborough ini kita bisa melihat dan membayangkan bagaiman perjuangan para Pejuang kemerdekaan dahulu. Banyak cara untuk menghargainya, termasuk dengan tidak melupakan sejarah yang ada.

spot foto di benteng malborough
Bonus Photo Mimin lagi Hunting :v


menceritakan, dan memberitahu ke Generasi untuk tetap menjaga dan merawat Tempat sejarah juga merupakan bagian dari Wujud mencintai Budaya dan Sejarah Indonesia. Tetap menjaga apa yang ada, jangan merusak, dan selalu menjaga kebersihan dari Tempat yang kita kunjungi, Termasuk Tempat Bersejarah Seperti Benteng Malborough ini.

Itu saja tentang Sejarah Singkat dari Benteng Malborough Bengkulu.Selanjutnya nanti saya akan berusaha Menuliskan Cerita Lengkap Tentang Sejarah Benteng Malborough ini, semoga saja bisa terealisakan, Amiinn. Yuk,,Tetap Mencintai Budaya dan Menghargai Sejarah.

Tabik..

Trio saputra
Tetaplah menjadi Versi diri sendiri, Berdirilah di atas kaki Sendiri dan Berjuanglah tanpa harus memberatkan Orang Lain

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter