Tentang Sampah #3 Cara Mengolah Sampah di Rumah dengan bijak

cara mengolah sampah


 Sampah Rumah Tangga juga merupakan salah satu penyumbang jumlah sampah yang ada di lingkungan, kurangnya edukasi mengelolah sampah juga menjadi faktor penyebabnya. Namun apabila masing-masing dari kita bisa mengolah sampah dengan bijak itu bisa bermanfaat dengan mengurangi jumlah produksi sampah per harinya.

Menurut data statistik hasil dari riste Kementrian Lingkungan Hidup dan Hutan (KLHK) menyatakan bahwa produksi Sampah Nasional mencapai 175.000 ton perharinya. Jika produksi ini di kalkulasikan ke tahunan, berarti Indonesia menghasilkan Sampah sebanyak 64 juta ton pertahunnya, waw sebuah angka yang cukup fantastis ya.

Seperti sampah di rumah, hal yang perlu di perhatikan adalah cara mengelola sampah agar bisa meminimalisir jumlah penggunaan sampah serta bisa menangulangi penanganan sampah yang ada di rumah.

Mulai dari sekarang kita bisa meminimalisir penggunaan sampah yang ada di rumah kita dengan cara mengelola sampah yang ada, lalu bagaimana cara mengolah sampah di rumah yang baik dan benar. Simak cara mengelola sampah di rumah berikut ini, cekidot!!

Cara mengolah Sampah di Rumah dengan bijak dan Benar

Dengan mengelola sampah yang baik dan bijak, ini bisa membantu mengatasi penumpukan sampah, penyebaran bakteri dan penyakit, menghindari dari bau busuk, serta bisa memanfaatkan sampah di rumah sebagai bahan yang bisa di pakai kembali dan membuat pupuk organik.

1. Pisahkan Sampah Organik dan Anorganik 

cara mengolah sampah di rumah


Dengan memisahkan Sampah Organik dan Anorganik akan mempermudahkan saat akan membuang dan mengelola sampah dengan cara yang lain. Dengan memisahkan sampah terlebih dahulu pastinya akan menghindari terjadinya bau busuk, terutama sampah Organik yang memang mudah busuk, jika tercampur itu akan mempersulit saat ingin membuang dan memilih sampah yang akan di olah kembali.

Selain itu setelah memisahkan sampah organik dapat  langsung di olah menjadi pupuk kompos, serta sampah yang lain, seperti baterai dan bahan kimia lainnya bisa di buang sesuai dengan instruksinya supaya tidak mencemari lingkungan.

Baca Juga Dong : Ujung Jalan yang Indah Menjadi Lorong Sampah

2. Mengurangi penggunaan Plastik

Mengurangi penggunaan plastik bisa di lakukan dengan berbagai cara, mulai dari mengganti alas tenpat sampah dengan bekas koran atau kardus, pergi belanja dengan membawa keranjang dari Rumah. Dengan mengurangi penggunaan Plastik ini bisa meminimalisir Sampah di Rumah, sehingga tidak menupuk.

3. Jalankan Prinsip 3R (Reduce,Reuse,Recycle)

cara mengolah sampah


Dengan menjalankan Prinsip 3R kita dapat mengelola Sampah di Rumah dengan bijak. Dengan prinsip ini juga kita bisa melakukan Daur ulang serta pemanfaattan kembali barang yang masih bisa di gunakan untuk di daur Ulang. Cara mengolah sampah dengan prinsip 3r ini akan membantu serta mempermudahkan dalam penanganan sampah di rumah

4. Memberkan sisa minyak Jelatah ke Instansi Pengolahan Minyak 

Minyak Jelatah yang kelihatannya sederhana namun sebenarnya sangat berbahaya. Jangan pernah membuang sisa minyak ke saluran pembuangan, selain bisa mencemari perairan juga dapat menyumbat saluran pembuangan.

Sisa minyak Jelatah bisa di berikan ke instansi terkait agar bisa kembali di olah menjadi Biodisel. Biodisel sendiri bisa di gunakan untuk bahan bakar kendaraan serta bisa menyelamatkan lingkungan dengan mendaur ulang Sampah minyak jelatah.

5. Bersihkan tempat Sampah secara menyeluruh dan teratur

Hal ini yang paling gampang untuk di lakukan, Setelah selesai memisahkan sampah serta membuang sampah yang tidak bisa di kelola, baiknya langsung lakukan pembersihan tempat sampah secara menyeluruh, ini di lakukan agar tidak ada sisa dari sampah yang bisa menimbulkan bau busuk di Rumah

Akhir Kata

Mari sama-sama kita lakukan sebisa mungkin mengurangi pengunaan sampah, Serta bijak mengelola sampah dari kita di rumah. Merubah kebiasaan untuk menciptakan lingkungan yang sehat serta membantu pemerintah dalam penanganan masalah Sampah Nasional.

Dengan mengelola sampah di rumah kita semua berharap bisa menekan jumlah produksi sampah di Indonesia agar terwujud Indonesia bebas Sampah. Mungkin Cara Mengola Sampah di Rumah ini bisa membantu mengatasi masalah sampah di rumah kalian juga, selamat mencoba

Salam sehat, dan terimakasih sudah berkenan mengunjungi sepatukusam.com 

Tabik