Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hammockan di Air Terjun? Cara Menikmati Air Terjun yang Unik dan Seru

 

hammockan di air terjun cara menikmati ai terjun yang unik dan seru

Air Terjun merupakan salah satu Destinasi Wisata yang paling banyak di sukai dan di minati wisatawan, Karena memang seperti yang kita ketahui bahwa Air Terjun merupakan tujuan Destinasi wisata yang bisa membuat siapa saja terasa tenang dan bisa berseru-seruan dengan orang terdekat, namun pasti kalian pernah juga kan bosan ataupun jenuh jika datang dan menikmati wisata Air Terjun dengan cara yang itu-itu saja.  Nah bagaiman jika Hammockan di Air Terjun? sudah pernah coba belum, kalau belum yuk lihat bagaiman cara membuat dan serunya Menikmati Air Terjun dengan cara ini.

Sebenarnya di wisata Air Terjun bisa di Improvisasikan dengan cara yang berbeda loh, jadi gak mononton dengan cara yang itu-itu saja, sebenarnya berdasarkan pengalaman pribadi sih, karena memang saya adalah salah satu manusia yang sangat menyukai Destinasi wisata Air Terjun. Jadi tiap datang ke wisata Air Terjun pasti hal yang sama itu terus di lakukan, kalu gak mandi ya pasti cari spot terjun, paling paling mentoknya ke masak-masak di Air Terjun.

Jadi ceritanya tuh beberapa waktu lalu, tepat di Air Terjun yang cukup populer di Bengkulu Tengah, yap Air Terjun Datar Lebar. Tak terhitung lagi deh berap kali ke Air Terjun Datar Lebar ini, ya pasti itu-itu saja yang di lakukan. Jadi Waktu itu terbesit ide Gimana kalau Membuat Hammock di atas Air Terjun ini, keren gak tuh. Wkwkw

Setelah muncul ide yang kurang masuk akal dan sangat gak jelas ini, tanpa fikir banyak saya dan Sahabat saya mempersiapkan Alat untuk mencoba membentangkan Hammock di Air Terjun Datar Lebar.

air terjun datar lebar


Peralatan dah siap, Juga sudah di Lokasi kan yak. Awalnya pengunjung yang lain bingung sih lihat apa yang kami buat, WKWK. Lah iyolah, masa main Hammock di atas Air Terjun. Hammock dan peralatan yang lainnya sudah di Siapkan.

Kami mulai memasang Tali Webing dari sisi kiri dan kanan tebing Air Terjun dengan mengikatkan ke pohon yang cukup kuat untuk mengangkat beban. 

Setelah dapat pohon yang cukup kuat, Hammcok di ikatkan ke Webing dan di sambung menggunakan Carabiner agar sambungan kuat dan tali tidak mengunci, supaya nanti pas melepaskannya jadi tidak susah.

Baca Juga Dong : 12 Destinasi Wisata Air Terjun Paling Indah di Bengkulu Tengah

Dan ini adalah percobaan pertama saya membuat sensasi yang berbeda menikmati Air Terjun. Dan pengunjung lain, yang awalnya heran menjadi cukup kagum dengan Experimen tidak jelas ini, wkwk. 

Ini seru banget loh, selain untuk menikamti Air Terjun yang berbeda juga sangat cocok untk menjadi Gaya foto di Air Terjun dengan pose dan cara yang berbeda. Bukan itu saja lah, Dengan membuat Hammcok tepat di atas Air Terjun ini, akan memberikan sebuah rasa yang cukup unik, Buat kalian yang bosan dengan cara itu-itu saja boleh banget Mencoba cara ini.

Namun ada hal yang perlu di perhatikan juga sebelum membuat hal semacam ini, mulai dari Kualitas Hammcok yang kuat, Hingga peralatan pendukung lainnya, meskipun cukup susah namun di jamin deh bakalan meciptakan keseruan yang berbeda banget, dan Foto kalian bakalan di lirik orang jika post di media sosial.

Peralatan yang di Butuhkan 

1. Hammock

Untuk Hammocknya disini saya sarankan untuk menggunkan Hammock yang kuat, bukan Hammock yang biasa di jual murah di pinggir jalan, Sarannya cobalah untuk memilih dengan merk Outdoor yang memang sudah terkenal dengan kualitasnya.

Kenapa karena Hammockan di Atas Air Terjun ini pasti nanti akan basah, dan berat cukup berbahaya jika nantinya putus, bisa bisa kena batu yang ada di bawah. 

2. Webing

Webing merupakan salah satu jenis tali yang cukup kuat, karena Tali Webing ini biasa di gunakan dalam panjat tebing maupun dalam tim penyelamatan. Jadi tidak di ragukan lagi dengan kekuatan dari Tali Webing ini.

Selain itu Kenapa memilih webing, kenapa gak tali rafia atau tali kambing. Jadi begini, karena memasang pada pohon dan past terkena air , Webing adalah pilihan yang tepat karen webing mudah untuk di lepas dan tidak licin saat terkena Air.

3. Carabiner

Karabiner berfungsi untuk penyambung dari satu webing ke webing yang lainnya. Ini bertujuan agar saat pelepasan webing menjadi lebih mudah. Selain itu untuk pemasangan di antar tebing Air Terjun menjadi lebih mudah.

Dimana kita hanya perlu menyatukan ke dua sisi webing dengan Carabiner, jadi agar pemasangannya lebih mudah. Tidak perlu repot untuk membuat simpul saat menyambung ke dua sisinya.

Tips Membuat Hammock di Air Terjun

air terjun datar lebar bengkulu tengah


Karena cara untuk menikmati Air Terjun ini cukup Extreme, terlebih lagi jika Air Terjunnya cukup tinggi dan berbatuan,baiknya di lakukan dengan baik dan hati-hati. Amati terlebih dahulu sekitaran Air Terjun, apakah mendukung untuk membuat Hammock ini atau tidak, lihat ada pohon yang cukup kuat atau tidak.

Karena memang Hammockan di Air Terjun ini harus ada sandaran atau tempat untuk mengikat webing dengan cukup kuat, sebenarnya tergantung sama beban yang nantinya akan di tampung oleh Hammock sih.

Siap kan Webing yang cukup panjang, biarkan bersisah dari pada kurang agar bisa di setel sesuai selera kendor atau kencannya nanti Hammock yang di gunakan.

Jangan lupa berpamitan, karena memang ini berkaitan dengan alam bebas dan Tempat Wisata. Berpamitan berarti kita meminta izin baik itu dengan pihak pengelola maupun dengan hal yang tak terlihat oleh mata, karena hidup di Dunia ini buka kita saja.

Akhir Kata

Itulah Hal yang bisa di coba untuk menikmati Destinasi Wisata Air Terjun dengan cara yang berbeda dari saya, semoga bisa menjadi Referensi untuk menikmati Air Terjun dengan cara yang tidak biasa.

Jangan lupa untuk tetap menghargai manusia beserta kerabatnya, meskipun hal ini harus mencari pohon, baiknya jangan sampai mematahkan satu dahan pohon, dan jangan sampai meninggalkan sampah, Jadilah penikmat Ciptaan Tuhan yang bijaksana. Selamat Mencoba 

Terimakasih sudah berkenan mengunjungi dan membaca  Artikel dari Sepatukusam.com

Tabikk