Tentang Sampah #1 Membiasakan diri Membuang Sampah pada Tempatnya

Posting Komentar
membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya


 Sampah selalu menjadi masalah yang tidak pernah selesai di Negeri ini. Kurangnya Kesadaran diri tentang bahaya membuang Sampah tidak pada tempatnya belum tumbuh di beberapa Orang. Sampah selalu menjadi persoalan yang terus menerus di bincangkan, tak sedikit para komunitas pecinta lingkungan terus berupaya berkampanye tentang sampah, tak sedikit pula yang sadar tentang bahaya Sampah. 

Bencana Banjir, Kualitas Air yang menurun, hingga kualitas lingkungan yang sehat semua berasal dari Sampah. Mulai dari Pabrik hingga manusia yang kurang mencintai kebersihan lingkungan menjadi penyumbang terbesar masalah Sampah di Negeri ini. 

Lalu sampai kapan Sampah ini akan terus menjadi persoalan yang tidak berkesudahan?. Di saat Negara tetangga mulai membahas perkembangan Teknologi kita masih membicarakan Sampah yang tercecer di pinggir jalan.

Baca Juga Dong : Ujung Jalan yang Indah Menjadi Lorong Sampah

Sebenarnya tidak sepenuhnya berasal dari kesalahan Masyarakatnya, mungkin jika di sediakan Tempat pembuangan sampah yang merata,masalah sampah mungkin bisa di netralisir, Lalu bagaimana dengan Sungai?. Kembali lagi dengan kesadaran Masyarakatnya tentang bahaya sampah. Atau mungkin harus ada Sanksi tegas tentang pelanggaran terhadap Oknum yang masih jatuh cinta dengan membuang sampah tidak pada tempatnya.

Ciptakan Kesadaran dari diri Sendiri tentang membuang sampah pada tempatnya, Mulailah dengan cara yang sederhana.

Tips Membiasakan Diri Membuang Sampah pada Tempatnya

tips membuang sampah


Meskipun hanya sampah rokok ataupun bekas bungkus permen, itu tetaplah sampah. Sebenarnya memulai kebiasaan tentang membuang Sampah pada Tempatnya bisa saja kita mulai dari hal yang sekecil itu, simpan dulu bungkus permennya di kantong nanti saat berjalan bertemu tong sampah baru buang pada tempatnya. Sederhana bukan, tapi sulit di lakukan karena kebiasaan.

Saya pernah beberapa kali di ejek karena menyimpan bekas plastik rokok dan bekas bungkus permen di kantong tas, tapi saya senang, setidaknya saya tidak ikut mencecerkan Sampah kecil di jalan. Yuk mulai dari yang kecil, berikut ini adalah Tips yang bisa di coba agar Terbiasa membuang Sampah pada Tempatnya.

1. Simpan Dahulu Jika belum ketemu Tempat Sampah

Seperti yang di bicarakan tadi, meskipun hanya bungkus permen itu tetaplah Plastik, dan plastik butuh waktu bertahun-tahun agar bisa terurai di tanah, Sampai punya cucu plastik itu masih bisa di temukan di tempat pertama saat membuangnya.

Yang pertama paling sederhana adalah Dengan menyimpan dahulu sampai bertemu tempat membuang sampah yang seharusnya. Rasanya tidak begitu berat jika harus menyimpan dalam waktu beberapa jam sampai bertemu Tempat sampah.

2. Manfaatkan Kantong Saku

Kantong saku pada baju, celana, dan Tas bisa di jadikan tempat sementara untuk menyimpan Sampah, Bukan hanya berfungsi sebagai tempat menyimpan uang saja, Seperti bungkus permen yang kecil, itu tidak akan mengganggu ruang di saku.

Biasakan hal ini, mungkin nanti akan berdampak baik.

3. Tidak Ikut-ikutan

Terkadang kita sering ikut-ikutan dengan Orang Lain, ahk dia saja buang sampah di situ, buang juga ahk. Jangan lakukan,biarkan orang itu jika tidak berani menegur, setidaknya kita tidak ikut menyumbang ceceran Sampah.

4. Bawa Kembali apa yang kita Bawa

Jika tidak tersedia tempat sampah, tidak ada salahnya kita membawa kembali Sampah yang kita bawa, Ini sering terjadi di tempat wisata. Kita sering lupa untuk membawa kembali sampah dari kita sendiri.

Memang ada petugas kebersihan, tapi apa salahnya jika kita sendiri yang membawa, toh juga tidak terlalu merepotkaan.

5. Menghargai Petugas Kebersihan dan Petugas Sampah

Sederhana saja, dengan mengahargai petugas kebersihan setidaknya kita akan sedikit sadar dengan kebersihan, kan kasian juga tuh si petugas kebersiahanya, dia sudah cape-cape membersikan, di sapu eh kitanya buang sembarangan lagi

 Akhir Kata

Membiasakan diri dari hal yang kecil terlebih dahulu adalah pilihan terbaik untuk merubah kebiasaan, Termasuk dengan membuang Sampah pada tempatnya. Dengan tidak membuang Sampah sembarang berarti secara tidak langsung kita sudah ikut berpartisipasi dalam menjaga kebersihan.

Semoga kita semua bisa melakukan hal ini demi menjaga kelestarian Bumi kita ini. Kalau orang lain bisa kenapa kita tidak bisa, yuk sama-sama kita menjaga kebersihan dengan tidak ikut-ikutan membuang sampah sembarangan.

Terimakasih sudah mampir ke Blog Sepatukusam.com 

Tabik..
Trio saputra
Tetaplah menjadi Versi diri sendiri, Berdirilah di atas kaki Sendiri dan Berjuanglah tanpa harus memberatkan Orang Lain

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter