Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mending Beli Kamera Mirrorless atau Kamera DSLR untuk Belajar Fotografi

 

kamera mirrorles atau kamera dslr

Semakin berkembangnya Dunia Fotografi semakin banyak pula pilihan Kamera yang tersedia di pasaran. Apalagi saat Kamera Mirrorles hadir sebagai Kamera Modern yang lebih ciamik dari segi Body hingga penggunaanya, lalu bagaimana Dengan Kamera DSLR? apakah masih populer dalam Dunia Fotografi?. Tentu saja masih. Lalu bagaimana menentukan apakah Mending Beli Kamera Mirrorles atau Kamera DSLR untuk belajar Fotografi?. 

Buat yang masih bingung dalam menentukan pilihan apakah Mending beli Kamera Mirrorless atau Kamera DSLR, mungkin ini artikel yang tepat untuk menentukan pilihan sebelum membeli Kamera yang akan menjadi senjata andalan untuk memulai Fotografi. Sebelum itu baiknya mengerti dahulu apa itu Kamera Mirrorles dan Kamera DSLR.

Kamera Mirrorless atau Kamera DSLR

Kamera Mirrorles dan Kamera DSLR sebenarnya sama-sama pilihan yang baik untuk memulai Fotografi, tinggal kitanya saja mau pakai yang mana untuk mulai mengenal Dunia Fotografi. Namun terkadang beberapa orang masih bingung untuk menentukan pilihan, bahkan ada yang bertanya-tanya terlebih dahulu kepada Fotografer Profesional dalam menentukan Pilihan.

Sebenarnya kamera apapun akan baik di gunakan apabila kita paham dan mengerti dari Kamera yang akan kita pakai untuk pemotretan, bahkan banyak Fotografer akan menjawab " maksimalkan Gear apa yang ada'. Dari kata-kata itu kita mulai mengerti bahwa Gear bukanlah satu-satunya penentu.

Namun meskipun terkadang memang Gear tetap akan memberikan hasil yang maksimal dengan kualitas dari Gambar, namun bagus dengan tidaknya akan kembali lagi kepada si Fotografer dalam teknik pengambilan gambar dan pemahaman pada Kamera.

Sebelum menentukan pilihan apakah membeli Kamera Mirrorless atau Kamera DSLR, baiknya mengerti dahulu apa saja perbedaan dari Kamera tersebut. Berikut ini saya akan menjelaskan pengertian dari masing-masing kamera Mirrorless dan Kamera DSLR.

Pengertian Kamera Mirrorless

Kamera Mirrorless adalah Kamera yang tidak memiliki cermin dan jendela bidik Optik seperti kamera DSLR. Nemun meskipun tidak memiliki jendela Bidik, kualitas Gambar yang di hasilkan tetap sama dengan Kamera DSLR. karena Kamera Mirrorles memiliki sensor yang besar seperti Kamera DSLR.

Lalu Bagaiman Cara Kerja Kamera Mirrorless

cara kerja kamera mirrorles
cara kerja kamera Mirrorles


Lalu bagaimana Cara kerja dari Kamera Mirrorles?. Kamera Mirrorless yang tidak memiliki jendela bidik akan membidik objek melalui lensa yang kan langsung terlihat di LCD kamera. Ini merupakan karena Kamera Mirrorless yang menghilangkan Cermin dan prisma. Jadi objek yang di tangkap Lensa akan langsung terlihat di layar LCD.

Konsekuesi dari ini akan lebih banyak mengkonsumsi daya Batterai dari Kamera. berbeda dengan kamera DSLR yang bisa membidik lewat view Finder yang akan berfungsi saat menekan tombol Shutter saja, dan ini akan lebih menghemat penggunaa daya batterai dari kamera.

Baca Juga : Rekomendasi Kamera DSLR Murah untuk pemula

Pengertian Kamera DSLR

Kamera DSLR merupakan singakatan dari Digital Single Lens Reflex yang di artikan dalam bahasa sederhana ialah Kamera Digital yang menggunakan Cermin untuk memindahkan Cahaya dari lensa ke jendela Bidik atau yang lebih di kenal dengan View Finder, yang merupakan sebuah lubang cermin yang biasa di gunakan untuk melihat objek yang di rekam dari Lensa.

Berbeda dengan kamera Mirrorles, hasil dari rekam Lensa yang langsung terlihat di layar LCD, Sebaliknya dengan kamera DSLR. Namun meskipun kamera DSLR menggunkan View finder bukan berarti kamera ini tidak bisa melihat langsung dari layar LCD.

Cara Kerja Kamera DSLR

cara kerja kamera dslr
Cara kerja Kamera Dslr

Lalu bagaimana cara kerja Kamera DSLR, Kamera ini bekerja melalui lensa yang merekam objek yang anda lihat dari View Finder yang terdapat di Belakang Kamera. Apapun yang anda lihat dari View Finder merupakan hasil rekam dari lensa, dan hasil yang di lihat dari jendela optik ini merupakan gambar yang akan di hasilkan.

Adegan atau objek yang di rekam lensa berupa cahaya yang akan di teruskan ke dalam cermin reflek yang berada dalam posisi 45 derajat - kemudian menerusakan cahaya vertikal ke elemen optik yang biasa juga di sebut dengan Pentaprims - kemudian elemen optik ini meneruskan lalu mengubah cahaya vertikal tadi ke horizontal dengan mengarahkan ke cermin yang terpisah, atau tepatnya yang di sebut dengan Jendela Bidik. 

* beberapa gambar dari rumurkamera.com

Perbedaan Kamera Mirrorless dengan Kamera DSLR

Dari pengertian di atas sudah terlihat jelas bukan perbedaan dari Kamera ini. Jelas sekali jika di lihat dari fungsi dari pengertian ini Kamera Mirrorles lebih mudah di gunakan di bandingkan dengan kamera DSLR jika di lihat dari cara kerja dari masing-masing Kamera.

Kamera Mirrorles yang merekam gambar dari lensa kemudian langsung ke LCD, sedangkan kamera DSLR yang merekam gambar yang di lihat dari jendela bidik, ini merupakan perbedaan yang paling signifikan dari masing- masing kamera tersebut.

Mending Beli Kamera Mirrorless atau Kamera DSLR 

Balik lagi dari pemahaman masing-masing, yang mana cocok untuk dan mudah untuk di gunakan. Dari pengertian dan penjelasan di atas, pastinya sudah memahami fungsi dan kinerja dari masing-masing jenis kamera tersebut. Pilih yang paling cocok dan mudah untuk di pelajari.

Kalau saran dari saya sih, kalau mau belajar, baiknya membeli kamera DSLR saja terlebih dahulu, selain harga yang leibih terjangkau, juga bisa melatih untuk melihat objek dengan lebih detai melalui View finder. Namun bukan berarti Kamera Mirrorles tidak bisa melihat lebih detail, bahkan Kamera Mirrorless di gadang-gadang bisa menghasilkan tangkapan lensa yang lebih jelas dari LCD.

Menurut saya pribadi, dengan kamera DSLR bisa melatih mencari fokus yang tepat melalui View finder atau jendela bidik, namun kembali lagi ke pemahaman masing-masing untuk menentukan pilihan, saya bicara begini karena saya belajar dari Kamera DSLR. Selain itu melalui kamera DSLR bisa melatih mengexplore lebih tentang Fotografi.

Kedua jenis Kamera tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Kamera Mirroless di kenal dengan cara penggunaanya yang simple dengan pengaturan yang lebih mudah, Sebaliknya dengan Kamera DSLR yang mmiliki cukup banyak menu dan tombol yang bisa di Explore.

Penutup 

Sedikit banyaknya itulah pemahaman dan Pengertian Dari kamera Mirrorles dan Kamera DSLR. Kalau masih bingung Mending beli Kamera Mirrorless atau Kamera DSLR untuk Belajar Fotografi, baiknya pahami lebih lanjut dari masing-masing Kamera tersebut.

Mungkin melalui artikel ini bisa sedikit membantu memahami pengertian Kamera Mirrorless dan Kamera DSLR, dan semoga melalui artikel ini bisa membantu dalam pemilihan kamera yang tepat untuk memulai Fotografi.

Sesuaikan dengan Budget dan pengetahuan masing-masing, Kalau kata Profesional fotografi " Gear bukanlah penentu, melainkan skill dan tekniklah yang akan menghasilkan Gambar terbaik, Mulailah dengan Gear yang di miliki saat ini" . Selamat mencoba seemoga bermanfaat.

Salam Motret, salam hangat

Terimaksih sudah berkrnan berkunjung dan membaca artikel di sepatukusam.com 

tabik..