Mengenali apa Itu Teknik Foto Long Exposure, dan Cara Memainkannya

7 komentar

 

Long Exposure atau LEP adalah salah satu teknik fotografi yang banyak di sukai oleh Fotografer Landscape atau Fotografer Pemandangan. Dengan melakukan teknik Long Exposure akan mengahasilkan gambar yang halus atau mendapatkan Gambar Jejak (lintasan Cahaya). Nah buat kalian yang ingin menerapkan dan mencoba teknik Long Exposure brikut ini adalah Tips yang bisa kalian coba untuk Mengenali apa Itu Teknik Foto Long Exposure, dan Cara Memainkannya 

Apa Itu Long Exposure ?

Sebelum melanjutkan ke Teknik Long Exposure, ada baiknya kita harus tau terlebih dahulu apa itu Long Exposure. Long Exposure adalah Teknik memainkan Shutter Speed pada kamera. Dalam Dunia Fotografo Long Exposure berartikan Mengkombinasikan Objek diam dan Objek yang di lakukan dengan Memainkan Shutter Speed untuk mendapatkan Hasil Gambar yang bergerak (berupa Jejak) dan menghasilkan Gambar yang Halus.

teknik long exposure

Umumnya Teknik Long exposure biasa di gunakan untuk mendapatkan hasil Foto pemandangan yang lebih halus dan Cantik. seperti memotret Air Terjun yang menjadi lebih halus atau Light Trail (jejak Lampu kendaraan yang bergerak).

Sederhananya Arti Long Exposure

Biar lebih mudah di Pahami, Long Exposure adalah Teknik memain kan Shutter Speed yang lebih lambat (1/30 detik, atau lebih kecil lagi). Long Exposure adalah Proses Pemotretan dengan cara membuka Jendela Bidik yang lebih Lambat yang bertujuan untuk menghasilkan gambar yang lebih halus, Dengan membiarkan cahaya yang masuk ke jendela bidik menjadi lebih banyak hingga Shutter pada kamera kembali tertutup.

Kapan Waktu yang tepat menggunkan Long Exposure

Adapun waktu yang pas menggunkan Teknik Long Exposure adalah saat keadaan kurang Cahaya, Seperti saat ingin mengambil moment Golden Hours setelah matahari Terbenam, atau ingin mengambil Light Trail saat malam Hari untuk mendapatkan Gambar Lintasan Cahaya. Namun bukan berarti Tekhnik Long Exposure hanya di gunakan saat Minim Cahaya saja.

Long Exposure juga sering di pakai Fotografer Landscape untuk merekam Moment Air Terjun saat siang hari, atau Aliran Sungai agar menjadi lebih Halus . Namun biasanya Fotografer akan Menggunkan Filter untuk mengurangi cahaya terang dari matahari agar bisa menghasilkan Gambar yang lebih ciamik. Adapun Filter yang biasa di gunakan Fotografer dengan teknik Long Exposure adalah Filter ND (untuk penghalang cahaya).


long exposure
f11-Shutter Speed 1/10 Iso 100, tanpa Filter ND


Mengapa Menggunakan Long Exposure

Seperti yang di jelaskan di atas tadi. Penggunaan Long exposure bertujan untuk mnghasilkan Gambar yang lebih halus atau menghasikan Lintasan Cahaya.  Namun bukan hanya itu Saja, dengan Memainkan Teknik Long Exposure, berarti kalian mengingikan berbagai Macam teknik yang ada dalam Fotografi yang bisa di tekuni dan di coba. Mengenali teknik Long exposure juga berarti bahwa kalian sudah mulai mencintai dan ingin mengexpose lebih jauh tentang Dunia Fotografi.


Baca Juga Dong : Rekomendasi Kamera DSLR Murah untuk Pemula

 

Cara Memainkan Teknik Long Exposure

Setelah tau apa itu Long Exposure selanjutnya mari kita mulai bagaimana cara memainkan Teknik Long Exposure. Sebagai Tekinik yang banyak di Gunakan dalam Fotografi. Long Exposure juga memiliki cara penggunaan yang perlu di Perhatikan. Berikut ini adalah Cara memainkan Teknik Long Exposure.

1. Mengatur Shutter Speed kamera

Seperti yang di jelaskan di atas tadi bahwa Teknik Long Exposure memerlukan pengaturan Shutter Speed pada kamera. Pada Teknik Long Exposure Shutter Speed yang di gunakan adalah Shutter Speed yang lambat atau Shutter Speed dengan angka yang kecil. Biasanya para Fotografer menggunakan Shutter Speed pada angka 1/30 second atau bahkan lebih kecil lagi.

2. Mengatur ISO pada Kamera

Sebagaimana yang kita ketahui pengaturan ISO adalah hal yang paling penting saat melakukan Pemotretan, begitupun dengan Teknik Long Exposure. Aturlah ISO pada pengaturan ISO terendah pada Kamera. Terutama saat akan memotret pemandangan Air Terjun, dengan ISO terendah akan menghasilkan Gambar yang tetap jernih dan Tajam.

3. Mengatur Aperture pada Kamera

Tidak seperti foto Portait, Long Exposure memerlukan pengaturan Aperture atau Bukaan yang besar pada angka Aperture. Karena dengan Aperture dengan Angka yang besar akan menghasilkan Foto yang tajam menyeluruh. karena pada foto Long Exposure akan lebih indah jika hasil Gambarnya Tajam semua.

Baca Juga Dong : Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik, Cocok Untuk Teman Travelling

Peralatan yang di Perlukan untuk memotret Teknik Long Exposure

Karena Memotret Long Exposure menggunakan Teknik Shutter Speed yang rendah, pastinya akan memerlukan bantuan Trippod untuk menghindari Guncangan yang terjadi saat merekam gambar Long Exposure. Berikut adalah peralatan yang di perlukan untuk memainkan Teknik Long Exposure.

1. Kamera

Yang paling pertama pastinya adalah Kamera yang akan di gunkan untuk memotret pada Teknik Long Exposure. Apakah harus kamera DSLR, tentu saja tidak, bahkan kamera ponselpun bisa melakukan Teknik Long Exposure ini. Asalakan ada pengaturan untuk mengatur Shutter Speed dan bisa mengatur ISO serta bukaan (aperture) pada Kamera.

2. Trippod

Trippod adalah peralatan yang wajib di bawa saat akan memotret dengan Teknik Long Exposure, Karena pada Shutter Speed yang rendah kamera kan mudah mengalami getaran, terutama getaran yang di hasilkan dari tangan kita sendiri. Maka dari itu Trippod sangat penting di bawa saat akan melakukan Pemotretan dengan teknik Long Exposure. Kecuali tangan kalian bisa menjadi patung untuk beberapa detik, mungkin kalian tidak akan memerlukan Trippod. hehe.

3. Filter Nd

Sebagian Fotografer menyukai proses Pemotretan Long Exposure menggunakan Filter Nd untuk menghasilkan Gambar yang lebih cantik. Fungsi Filter Nd itu sendiri untuk meredam cahaya Matahari yang masuk secara berlebihan ke lensa Kamera. Jika kalian punya akan lebih baik, jika tidak, kalian tetap bisa menghasilkan gambar yang menarik dengan bantuan editing setelah pemotretan.

4. Hood Lens

Hood Lens berfungsi untuk meminimalisir cahaya Matahari yang berlebihan, yang bisa memantulkan cahaya dari Lensa Kamera. Terutama saat akan memotret pada siang hari, Hood Lens ini sangat berguna untuk meminimalisir Cahaya Matahari. Hood Lens atau bisa juga di katakan sebagai Tudung Lensa

Penutup

Setelah Mengenali apa Itu Teknik Foto Long Exposure, dan Cara Memainkannya. Selanjutnya tinggal mempraktikkannya, Mulailah Dengan alat atau Gear yang kita miliki saat ini. Tidak ada salahnya untuk mencoba. Keterbatasan bukanlah satu-satunya alasan untuk berkembang.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, artikel ini di buat dari pengalaman pribadi saat mencoba memainkan Teknik Long Exposure, tanpa menggunkan Filter Nd, hehe. Kalau ada yang kurang dari penjelasan ini boleh komentar di bawah, saya akan sangat senang hati, dan akan merubah kesalahan itu. Karena memang teknik yang saya bagikan ini adalah berdasarkan pengalaman Pribadi sendiri. 

Dan terimaksih sudah mengunjungi Sepatukusam.com. 

Salam Potret dan Salam Travelling, serta salam sehat.

 

Trio saputra
Seorang yang menyukai Kopi

Related Posts

7 komentar

  1. Wah jadi paham sekarang, Teknik Foto Long Exposure, dan Cara Memainkannya ✅😊

    BalasHapus
  2. Keren banget , penjelasan tentang teknik foto long exposure sangat rinci

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap, terimakasih sudah berkunjung mas

      Hapus
  3. Dengan teknik Long Exposure ini mungkin bisa membuat hasil gambar lebih pas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehhe, lebih tepatnya untuk membuat gambar menjadi lebih halus kang

      Hapus

Posting Komentar