Tentang Sampah #2 Mengenal Prinsip 3R Dalam Pengolahan Sampah

mengenal prinsip 3r dalam pengolahan sampah

Upaya pengelolahan Sampah terus di lakukan bukan hanya di Indonesia saja, bahkan Upaya pengeolahan sampah ini juga di lakukan Secara Global yang sering di kenal dengan Metode 3R yang memiliki Arti dan Singkatan sebagai berikut : Reduce (Kurangi), Reuse (Gunakan Kembali), Recycle (Daur Ulang). Prinsip 3R dalam pengolahan sampah ini merupakan metode yang sedang di terapkan secara Global di seluruh Dunia.

Prinsip 3R dalam pengolahan Sampah meeliputi perilaku dan sikap mendaur ulang sampah, Mnggunakan kembali serta mendaur ulang Sampah. Begitupun Indonesia yang menargetkan Pengurangan sampah setiap tahunnya. 

Penerapan Prinsip 3R di harapkan bisa membantu mengurangi dan mengatasi limbah yang di hasilkan manusia. Prinsi 3r ini adalah Upaya bertahap yang di awali saat sampah belum di produksi.

Masing-masing dari prinsip 3R memiliki arti tersendiri, Prinsip 3R yang di maskud adalah Reduce,Reuse,Recycle.

Pengertian Prinsip 3R Pengolahan Sampah

Reduce

Reduce yang berartikan mengurangi. Reduce sendiri merupakan tahapan awal sebagai langkah untuk meminimalisir atau mengurangi penggunaan barang yang berpotensi menjadi sampah. Ini sebuah prinsip awal yang bisa di terapkan, sebagai contoh penerapan dari Prinsip Reduce ini adalah dengan mengurangi kantong belanja plastik

Dengan membawa Tas belanja dari rumah juga merupakan bagian dari penerapan dari Prinsip Reduce ini, secara tidakl langsung ini sudah menerapkan satu prinsip dengan mengurangi sampah dari Kantong Plastik.

Baca Juga Dong : Membiasakan Diri Membuang Sampah pada Tempatnya

Reuse

prinsip 3r dalam pengolahan sampah


Reuse yang berartikan memakai atau menggunakan Kembali. Reuse sendiri prinsip pengolahan yang bertujuan untuk menggunakan kembali barang yang masih bisa untuk di gunakan yang befungsi meengurangi sampah dari barang yang di gunakan tersebut. Sebagai contoh pergi belanja ke pasar menggunkan keranjang belanja. 

Recycle

prinsip 3r dalampengolahan sampah


Recycle berartikan Mendaur Ulang. Recycle merupakan prinsip pengolahan sampah yang bertujuan untuk mendaur ulang barang yang bisa menjadi sampah, mendaur ulang di sini berartikan memanfaatkan barang tersebut agar bisa di gunakan kembali sebagai barang yang berguna untuk di pakai. Sebagai contoh bisa kita lakukan dengan sampah gelas plastik yang bisa di manfaat kan sebagai kerajinan tangan dengan membuat menjadi Tas belanja, atau kerajinan tangan lainnya.

Penutup

Penerapan metode 3R dalam pengolahan Sampah memiliki tujuan yang sangat bermanfaat untuk upaya dalam pengurangan penggunaan Sampah. Sebagai bentuk dari terwujudnya lingkungan yang bebas dari sampah.

Kita semua bisa memulai menerapkan Prinsip 3R dalam Pengolahan Sampah ini. Dengan menerapkan prinsip 3R semoga kita semua bisa menciptakan lingkungan yang bebas dari sampah sehingga terwujudnya lingkungan yang sehat.

Itu saja yang dapat saya sampaikan Mengenai Prinsi 3R dalam pengolahan Sampah kali ini, semoga bisa bermanfaat dan bisa menerapkannya dalam kehidupan yang nyata.

Terimakasih Sudah mengunjungi Sepatukusam

Tabik