Alasan Pentingnya memakai sepatu gunung saat mendaki

2 komentar

 

pentingnya menggunakan sepatu saat mendaki gunung

Mendaki Gunung merupakan salah satu olahraga extreme yang banyak menanggung resiko, terlebih lagi saat mendaki Gunung tanpa memikirkan Safety Prosedur Pendakian. Seperti memakai Sepatu Gunung merupakan salah satu point dalam Safety Prosedur Pendakian.

Ya kita tau sendiri bagaimana jalur yang akan di lewati nantinya saat melakukan pendakian. Jalur yang licin, akar, serta batu yang tajam ini sangat tidak memungkinkan untuk melakukan pendakian tanpa menggunakan sepatu gunung.

Berdasarkan pengalaman pribadi, saat pertama mendaki gunung waktu itu, masih menggunkan sepatu semi gunung, semacam sepatu boot. Saat sebelum melakukan pendakian seniorku selalu mengingatkan untuk membiasakan diri menggunakan sepatu dalam melakukan pendakian.

Ini merupaka  suatu hal yang harus di patuhi, karena memang waktu itu saya aktif di salah satu organisasi pecinta alam, jadi kata senior itu mau tidak mau harus di ikuti.

Dan itu tidaklah buruk, demi sebuah kebaikan dan safety saat pendakian, sejak itu setiap melakukan pendakian, maupun trakking ke bukit atau air terjun selalu menggunakan sepatu gunung.

Karena memang sepatu gunung lebih nyaman di gunakan saat melakukan trakking maupun pendakian.

Pentingnya mematuhi Safety Prosedur Dalam Pendakian

Seperti yang kita bahas tadi, bahwasannya Pendakian ini merupakan bagian dari olahraga extreme. Jika olahraga extreme tidak di ikuti prosedur dan aturan yang baik, maka besar kemungkinan akan menambah peluang hal2 yang tidak di inginkan saat pendakian, tentu saja kita semua tidak mau itu terjadi

Menggunakan Sepatu Gunung saat mendaki

Yang pertama adalah menggunakan Sepatu Gunung saat Mendaki, ini berkaitan dengan kenyamanan serta keamanan saat mendaki Gunung.

Sepatu Gunung sendiri berperan sangat penting dalam kegiatan pendakian, ini bertujuan untuk meminimalisir kecelakaan saat pendakian, baik itu terpeleset ataupun menghindari lecet pada kaki.

Membawa peralatan wajib Mendaki Gunung

Untuk melakukan pendakian, bukan hanya tentang berjalan mendaki kemudian puncak saja, namun pendaki gunung haruslah mempersiapkan secara matang hal-hal dan perlengkapan yang harus ada saat pendakian

Seperti membawa tenda, menyiapkan sleeping Bag, alat masak, jaket tebal, dan perlengkapan p3k yang komplit.

Ini berkaitan dengan aktivitas alam bebas yang segala kemungkinan bisa saja terjadi, dengan mematuhi serta mengikuti Safety Prosedur yang ada, mudah-mudahan bisa meminimalisir hal yang tidak di inginkan saat mendaki.

Rekomendasi Sepatu Gunung yang baik untuk mendaki

Sepatu Gunung merupakan poin penting dalam kegiatan pendakian, maka dari itu si pendaki juga harus memperhatikan kualitas yang baik dari sepatu Gunung yang akan di gunakan.

Semakin baik kualitas sepatu Gunung tersebut, semakin nyaman dan safety juga dalam kegiatan pendakian, berikut ini adalah rekomendasi sepatu gunung yang memiliki kualitas baik dan terjangkau

Sepatu Gunung Eiger

pentingnya menggunakan sepatu saat mendaki gunung


Seperti yang kita ketahui bahwa brand Outdoor yang satu ini sudah tidak di ragukan lagi akan kualitasnya.

Eiger salah satu brand yang terpercaya dalam kegiatan Outdoor di Indonesia, namun harga dari Sepatu Gunung dari brand yang satu ini terbilang cukup mahal, tetapi memiliki Kualitas yang sangat baik.

Sepatu Gunung Consina

Brand Consina juga merupakan brand andalan para pendaki Gunung di indonesia, selain kualitasnya harga dari brand ini sedikit lebih murah dari brand yang sebelumnya , namun tetap menjaga  kualitas dengan baik.

pentingnya menggunakan sepatu saat mendaki gunung


Sepatu Gunung dari brand Consina ini memiliki ketahan yang kuat, baik itu dari cuaca extreme maupun medan yang berat.

Sepatu Gunung dari Consina ini sangat cocok untuk pendaki yang menyukai trek yang cukup extreme.

Sepatu Gunung Arei

Sama Populernya dengan Consina, Arei Outdoor Gear ini merupakan primadona bagi kalangan pendaki, karena harganya relatif Ekonomis, dengan kualitas bahan yang kuat.

pentingnya menggunakan sepatu saat mendaki gunung

Saya sendiri pernah memilih Sepatu Gunung keluaran Arei ini saat tahun 2016, dan kualitas serta kenyamanan dari Arei ini sungguh baik.

Terlebih dengan Waterfropnya yang baik,sehingga saat hujan tidak menembus ke dalam sepatu.

Sepatu Gunung Jack Wolfskin

Sepatu Gunung Jack Wolf Skin ini merupakan salah satu brand terpercaya yang memiliki kualitas unggul dengan sajian desain yang modern.

Sehingga saat memakai Sepatu Gunung jenis ini akan terasa lebih nyaman.

Sepatu Gunung Karrimor

Sepatu Gunung dari Karrimor ini adalah salah satu brand terbaik menurut saya, karena saya menggunakan trakking Karrimor ini sudah hampir 8 tahun.

pentingnya menggunakan sepatu saat mendaki gunung


Salah satu yang baik menurut saya adalah kualitas dari Sepatu ini yang baik, alas busa yang tebal serta ruang yang nyaman menjadi point plus dari sepatu Gunung Karrimor ini.

Akhir Kata

Dari sedikit penjelasan diatas tadi, bisa kita simpulkan bahwa Sepatu Gunung memiliki peranan yang sangat penting dalam Dunia Pendakian, tentang keselamatan saat mendaki, serta kenyamanan.

Bersama dengan ini juga bisa kita ketahui bahwasannya mengikuti Safety prosedur merupakan langkah awal untuk mendaki Gunung

Mungkin inn saja dulu yang bisa saya bagikan Pada artikel kali ini tentang pentingnya Sepatu Gunung dalam Mendaki.

Terimakasih sudah berkunjung ke Blog Sepatukusam

Tabik..

Trio saputra
Seorang yang menyukai Kopi

Related Posts

2 komentar

  1. Keren Kang, kalau misalkan waktu hiking itu baris per baris ada tugasnya masing-masing kah Kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kang, biasanya memiliki peranan masing-masing

      Hapus

Posting Komentar