Cara Cek Broken Link atau Tautan URL yang Mati di Blog

4 komentar
cara cek broken link atau tautan mati di blog

Broken Link atau Link Mati kerap menjadi sebuah penghabat artikel untuk mendapatkan posisi Rank dalam mesin pencarian, selain itu juga tautan yang mati akan memberikan pengalaman yang buruk kedapa pengunjung Blog/website kita. Lebih dari itu Broken Link ini dapat menurukan kualitas SEO pada Blog.

Namun untuk mengecek Link yang mati satu persatu ku rasa akan memakan waktu yang tidak sedikt terlebih lagi jika artikelnya sudah mencapai ratusan, ini bisa memakan waktu yang lama hanya untuk mengecek Link yang mati saja, lalu kapan nulis artikelnya xixi.

Sesuai dengan pengalaman sendiri, berikut ini adalah Cara Cek Broken Link Online yang bagus banget untuk mengecek semua total Tautan yang mati pada Halaman Artikel. Karena Tools ini akan mendeteksi Semua Link yang mati secara sekaligus bisa mencapai 3000 halaman dalam satu kali pengecekan.

Pengertian Broken Link 

Namun sebelum mengecek Link yang mati pada artikel, gak ada salahnya dong mengenal apa itu sebenarnya Broken Link atau Tautan Link yang mati. Broken Link adalah Sebuah tautan atau link yang rusak dan tidak berfungsi lagi. 

Tautan yang rusak ini bisa di sebabkan oleh beberapa fakto yang di sengaja maupun tidak di sengaja, faktor sengaja misalkan kita mengganti alamat link, namun lupa untuk menggantikannya kembali pada link yang kita tautkan sebelumnya ke link yang baru saja kita perbaharui atau di ganti.

Faktor lainnya adalah secara tidak sengaja salah menuliskan atau mengetik alamat link yang di tautkan tanpa kita sadari, dan kemudian ini akan menjadi Broken Link.

Dampak Dari Broken Link

Dampak yang akan terasa dari Broken Link ini bisa saja berpengaruh kepada Kualita SEO pada blog, seterusnya akan be efek samping ke menurunnya rank artikel kita di pencarian. Ini terjadi karena Kualitas SEO yang menurun.

Dampak Lainnya bisa saja mengurangi jumlah kunjungan visitor karena pengunjung merasa pengalama yang kurang baik,ini di karenakan karena tautan yang mati pada artikel kita.

Cara Cek Broken Link 

Setelah tau apa itu Broken Link, pasti mau cepat-cepat periksa ya kan. sama aku dulu saat pertama tau kalau tautan mati bisa berdapak buruk terhadap blog rasanya mau cepat-cepat ganti link yang rusaknya, berikut ini adalah cara yang biasa saya lakukan untuk mengecek Broken Link yang ada di Blog saya ini.

Langkah Cek Broken Link 

  Pertama silahkan buka dulu Brokenlinkcheker.com

cara cek link yangmati di artikel
  • Kemudian lihat halaman yang berisi kolom untuk mengisi nama Blog/website kalian 
  • selanjutnya, nanti terdapat 2 kolom lagi, kolom pertama yaitu untuk menempatkan nama blog atau website kita, sedangkan yang kedua untuk security Code.

  • Selanjutnya tekan tombol FIND BROKEN LINK NOW  
  • pada bagian bawah kolom security code terdapat dua pilihan jenis cek Broken Linknya yang pertama itu hanya untuk mengecek tautan yang rusak saja, sedangkan yang ke dua untuk mengecek semua Broken Link yang ada di Blog.
  • Tunggu sampai pengecekan Selesai, hingga semua broken linknya muncul 

Proses Cek Broken Link dan Memperbaikinya

  • Setelah semua Broken Link muncul, silahkan di lihat URL mana yang mengalami kerusakan. Selanjutnya silah kan pilih URL untuk mengecek halaman artikelnya, lalu pilih SRC untuk mengetahui posisi Broken Linknya berada, kedua pilihan ini berada kolom page where found
cara cek broken link
  • Setelah tau posisi Link yang rusak silahkan buka menu dasbord Blogger cari halaman artikel yang terdapat broken link tadi, atau bisa kalian copy di menu Online Broken Link Cheker tadi kemudian paste di pencarian dasbord blogger.
  • Selanjutnya tinggal ganti saja link yang rusak atau bisa di nonaktifkan saja tautan yang rusak tersebut.
  • Setelah itu untuk memastikannya silahkan refres lagi, lihat apakah sudah berhasil. biasnya akan langsung work dan berhasil.
  • Selesai, Broken Link sudah teratasi 

Tips 

Sebaiknya lakukan pengecekan Tautan yang mati ini setiap hari, atau tidak seminggu sekali , atau bisa juga satu bulan sekali, agar performa Blog tetap baik dan bisa terus meningkat. Jangan lupa juga jika setelah mengganti link untuk mengganti juga link yang di tautkan di artikel agar Broken Linknya tidak menumpuk.

Penutup

Sebenarnya masih banyak lagi tool yang bisa di gunakan untuk mengecek broken link pada blog, namun Online Cheker Broken Link dari Brokenlinkcheck.com ini adalah yang biasa saya gunakan untuk mengecek tautan yang rusak. Nah itulah Cara Cek Broken Link atau Tautan yang mati di blog, ini rekomendasi banget untuk mengecek.

Karena memang lodingnya cepat, tidak perlu instal plugin dan cukup kunjungi websitenya saja bisa langsung find Broken Link secara lengkap.  

Terimakasih sudah mengunjungi Blog  Sepatukusam

tabik


Baca Juga Dong :

Trio saputra
Seorang yang menyukai Kopi dan Fotografi Meluangkan sebagian waktu untuk Menulis

Related Posts

4 komentar

  1. Sangat membantu sekali buat saya yg bingung cara cek nya bagaimana... thanks yaa

    BalasHapus
  2. mengcek broken link sangat penting dilakukan ya mas io biar gak menggangu pengunjung ketika mengakses halaman web. Terimaksih mas io tutorialnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang, karna kemarin2 sering ada komplain dari yang baca, hehe

      Siap sama-sama bang rahman

      Hapus

Posting Komentar