Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ciptakan Foto Food Photography yang Segar agar Kelihatan Menarik

food photography

 Semakin banyaknya aliran Photography pada era yang modern ini membuat para Photografer selalu mengupgrade skill dalam memotret. Beberapa Aliran Photography yang sangat populer dan bisa menghasilkan karya yang ciamik adalah Food PhotographyAliran ini juga bukan hanya bisa menghasilkan sebuah karya yang menarik saja, melainkan bisa menjadi sumber penghasilan yang sangat Fantastis bagi fotografer.

Food Photography saat ini menjadi salah satu bagian dari teknik pemasaran produk atau brand makanan yang cukup berpengaruh. pasalnya rata-rata calon pembeli akan melihat tampilan dan gambar yang ada di media promosi yang akan membuat konsumen menjadi tertarik. Disinilah peranan Food Photography akan sangat berpengaruh dalam pemasaran.

Lalu bagaiman sih menciptakan Hasil yang keren agar hasil Food Photography terlihat segar. Nah buat kalian yang ingin mengenal dan mencoba menekuni aliran Fotografi yang satu ini, saya akan membagikan Tips yang bisa di coba untuk menghasilkan Hasil yang keren dan Segar.

Namun sebelum lanjut ke cara menghasilkan karya yang keren dari Food Photography, ada baiknya kita sama-sama memahami terlebih dahulu apa sih Food Photography.

Pengertian Food Photography

Food Photography adalah aliran fotografi yang digunakan untuk memotret makanan agar mengasilkan foto yang menarik dan terlihat lebih hidup.  Ini bertujuan untuk menggambarkan tentang kelezatan makanan tersebut tanpa harus bercerita.



food Photography ini tidak lepas dari adanya Dunia makanan yang memiliki berbagai jenis dan persaingan dalam bidang bisnis makanan. Hasil dari ini juga kerap di jadikan sebagai sarana Promosi,baik itu dalam media Sosial maupun dalam bentuk banner.

Sejarah Food Photography

Pertama kali di kenalkan pada 1845 oleh William Henry Fox talbot.  Yang saat itu di ketahui menunjukkan hasil Foto dengan subjek makanan. Saat pertama dahulu William menunjukkan sebuah foto buah persik dan nanas sebagai subjek.

Kemudian istilah  Food Photography ini berkembang, lalu foto makanan menjadi lebih kreatif dengan susunan serta penataan yang lebih menarik, sehingga akan terlihat lebih mirip dengann makanan yang biasa dijumpai pada umumnya. 

Yang perlu di Perhatikan Agar Food Photography terlihat Menarik

Meskipun Food Photograpy terlihat Simpel jika di bandingkan dengan aliran fotografi Landscape maupun Potrait, namun ini tetaplah merupakan salah satu aliran yang harus memiliki ketelitian dan konsentrasi serta keseriusan dalam Pemotretan. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik tetaplah harus memperhatikan dari segala hal saat pemotretan maupun sebelum pemotretan. Berikut ini adalah hal yang harus di perhatikan agar menghasilkan yang terbaik.

1. Perlengkapan Food Photography

1. Kamera
property food photography
Gambar by Jsp.co.id


Perlengkapan food Photography yang pertama dan wajib dimiliki adalah Kamera. Kamera adalah jantung dari Pemotretan. Bagaimana akan mendapatkan Gambara yang menarik jika tidak ada kamera,xixi.  Agar mendapatkan hasil yang maksimal pilih Kamera yang memiliki fitur dan pengaturan ISO yang baik. Menurut profesiona Food Photography kamera Canon merupakan kamera yang bagus dan cocok untuk jenis aliran fotografi yang satu ini.

2. Lensa

Sama pentingnya dengan Kamera, Pemilihan Lensa yang tepat juga akan mempengaruhi hasil nantinya, meskipun penentunya tetaplah Komposisi yang baik dan Skil dari fotografer. Dalam Food Photography ini umumnya di rekomendasikan Lensa yang multi pungsi, ini brtujuan agar lebih praktis dan tidak selalu  mengganti Lensa.

3. Tripod

Tipod sendiri bertujuan agar kamera tidak getar saat pengambilan Gambar. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa hasil yang blur akan mengurangi kualitas dari gambar tersebut. Selain itu tripod juga berguna untuk menempatkan kamera di posisi yang pas.

4. Lighting (Soft Box)

Dalam Pengambila gambar makanan, ini lebih banyak di lakukan dalam ruangan. Seperti yang kita ketahui bahwa dalam ruangan memiliki pencahayaan yang kurang meskipun sudah ada penerangan. Lighting ini sangat berpengaruh dalam Food Photography karena dengan ini juga akan mempengaruhi ketajaman dari Gambar

Property Food Photography

perlengkapan food photography

Selain Perlengkapan, Property dalam Food Photography juga merupakan hal yang perlu di perhatikan. Ini bertujuan untuk menghasilkan Gambar yang lebih menarik, hidup, dan terkesan Segar saat di lihat. Property berikut ini bisa di jadikan referensi untuk Aksesoris food photography dalam project pemotretan

1. Alas

Alas bisa memberika kesan yang lebih menarik untuk hasil pemotretan. Para profesional Food Photography  sering menjadikan ini sebagai salah satu bagian yang cukup penting dalam pemotretan.

2. Sendok dan Garpu

Jenis ini adalah aliran foto makanan, maka Sendok dan Garpu sepertinya property yang wajib ada deh saat pemotretan Food Photography.  Ini juga akan menambahkan kesan yang segar pada saat di lihat.

3. Serbet

Mungkin ini terlihat tidak begitu berpengaruh, namu jika di tata dengan baik serbet akan menjadi property yang akan membuat hasil menjadi lebih menarik.

4. Tanaman Hias

Property yang satu ini sangat di perlukan untuk menciptakan suasanan makanan yang lebih segar.  Dalam food photography  sediri ini sama pentingnya dengan sendok dan garpu.

Tips pengambilan Foto Food Photography agar terlihat menarik

Setelah mengerti dari semua bagian penting dalam Food Photography selanjutnya pada bagian pemotretan atau saat pengambilan gambar agar nantinya bisa menghasilkan foto yang menarik untuk di lihat. Berikut ini adalah cara yang bisa di lakukan untuk mendapatkan hasil yang bagus saat pengambilan gambar.

Jangan Terpaku pada satu Angel

Biasanya kita sering terlalu nyaman saat sudah menemukan Angel  yang pas saat memotret, namun sebenarnya kita bisa mencoba beberapa Angel yang berbeda, meskipun telah menemukan Angel yang pas.

Ini bertujuan untuk mencari sudut pandang yang bagus saat hasil food photography  di lihat. Selain itu ini juga bisa melatih kreativitas  dalam pemotretan. Jadi saat melakukan Job selanjutnya tidak terlalu sibuk untuk uji coba Angel yang baru.

Jangan Menggunakan Flash Kamera

Penggunaan Flash kamera nantinya akan berdampak kepada hasil yang kurang memuaskan, ini di karenakan Flash Kamera yang memiliki warna yang agak kuning, Selain itu penggunaan flash Kamera akan membuat foto menimbulkan bayangan. Dalam Food Photography biasanya menggukan Lighting external seperti Softbox untuk menjadi sumber cahaya.

Melakukan Aksi dalam Pemotretan

Melaukan aksi dalam Food Photography ini akan memberikan efek hidup pada makanan, selain itu akan memberikan kesan pada makanan terlihat lebih segar. Teknik ini sudah sangat banyak di lakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Namun di Teknik ini akan membuthkan skil yang cukup, karena melakukan aksi dalam Food Photography ini membutuhkan ketelitian yang baik, ini di kerenaka akan memotret bergerak, seperti menuangkan air , melempar bahan baku atau bahkan menjatuhkan beberapa property agar Foto terlihat lebih hidup dan segar

Ambil Gambar selagi Makanan Masih Panas/Fresh

Mengambil gambar makanan selagi panas atau fresh akan membahkan kesan yang lebih menarik, kalau istilah anak gaming 'Demagenya akan Nambah" xixi. Ini juga bisa memberikan efek natural pada Food Photography.

Penutup

Bagaimana? Sudah tertarik kah untuk menyelami aliran Fotografi yang satu ini. Food Photography ini sangat menarik untuk di pelajari, selain kalian akan terlihat keren kalian juga bisa menjadikan ini sebagai pekerjaan yang cukup menjanjikan.

Pada artikel tentang Cara Ciptakan Foto Food Photography yang Segar agar Kelihatan Menarik kali ini semoga bisa menjadi referensi untuk mencoba hal baru untuk teman-teman yang menyukai Fotografi. Jika masih banyak kesalaha dalam menyampaikan tipsnya,mohon di maafkan

Terimaksih sudah mengunjungi Sepatukusam

Tabik


Baca Juga Dong :