Ekowisata di Indonesia paling Spektakuler yang Wajib di Kunjungi

Posting Komentar

 

ekowisata di Indonesia

Negara Indonesia yang memiliki Kawasan Hutan yang sangat luas, berbagai Jenis Flora dan Fauna yang tersebar hampir di setiap bagian wilayahnya membuat Indonesia memiliki banyak potensi Destinasi Ekowisata yang menarik dan Spektakuler. Ekowisata di Indonesia merupakan aset Pariwisata yang memilki Potensi yang luar biasa untuk Indonesia.

Ekowisata atau Ekotourisme (ecotourism) yang lebih mengarah kepada Konservasi dan Pemberdayaan masyarakat serta meningkatkan pentingnya menjaga Lingkungan akan sangat berdampak baik untuk kelestarian Lingkungan dan Alam.

Pengertian dan Manfaat Ekowisata

Sebelum lanjut ke Destinasi Wisata Ekowisata di Indonesia saya akan membagikan sedikit penjelasan mengenai Ekowisata terlebih dahulu, seperti kata pepatah "tak kenal, maka tak sayang" begitupun dengan pengertian Apa itu Ekowisata.

Pengertian Ekowisata atau Ekotourisme (ecotourism)

Ekowisata adalah  kegiatan wisata yang bertanggung jawab terhadap alam, memberdayakan masyarakat, meningkatkan kesadaran lingkungan. Ini bukan sekedar wisata alam saja, namun juga mementingkan aspek Konservassi dan Lingkungan Hidup.

Menurut The International Ecotourism Society mengartikan ekowisata sebagai kegiatan wisata yang memiliki tanggung jawab kepada alam, masyarakat, dan lingkungan sekitar.

Jadi bisa kita artikan bersama bahwa Ekowisata ini adalah sebuah kegiatan wisata yang di lakukan dengan tetap menjaga kelestarian serta mengartikan bahwa pentinganya menjaga kelestarian Lingkungan Hidup.

Manfaat Ekowisata

Seperti yang sudah kita ketahui tentang arti dari Ekowisata ini merupakan tentang keterlibatan wisatawan akan peduli terhadap Lingkungan Hidup. Pastinya dengan konsep Wisata bebau Lingkungan ini pasti akan memberikan dampak serta manfaat yang baik terhadap Lingkungan dan kelestarian Alam.

Menurut artian ini Ekowisata memiliki manfaat sebagai berikut

  • Memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai peduli terhadap Lingkungan serta pentingnya kelestarian alam berserta makhluk hidup yang ada di dalamnya
  • Sebagai media ajakan partisipassi peranan masyarakat dalam Konservasi Lingkungan. Partisipasi masyarakat ini berguna untuk kelestarian Hayati yang ada di Lingkungan Ekowisata
  • Secaratidak langsung mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam menjaga keanekaragaman Hayati serta berperan penting dalam kenaikan sektor ekonomi dalam Wilayah Ekowisata.

Sejarah Ekowisata

Ekowisata awalnya ada di Afrika yang saat itu merupakan rekreasi wisata berburu satwa liar. Meskipun begitu tidak semua orang bisa melakukan rekreasi tersebut, karena pada saat itu Rekreasi jenis ini merupakan Rekreasi yang mahal.

Kemudian dari rekreasi tersebut mulai berdampak terhadap kelestarian terhadap satwa liar yang menjadi acuan rekreasi tersebut. Kemudian Pemerintah kenya mengatisipasi hal ini dengan menerapkan Inovasi Ekowisata.

Selanjutnya Konsep Ekowisata dari Kenya ini mendapat tanggapan serta menjadi perbincangan Dunia. Kemudian Pada tahun 1976, Budowski mengusulkan untuk Mengabungkan wisata alam dan konservasi untuk pertama kalinya.

Kemudian Hector Ceballos-Lascurain pada tahun 1987 memberikan Rumusan yang mengartikan Ekowisata sebagai perjalanan ke tempat yang masih alami dan relatif belum terganggu atau tercemari dengan tujuan untuk mempelajari, mengagumi dan menikmati pemandangan, flora dan fauna, serta bentuk-bentuk manifestasi budaya masyarakat yang ada.

Destinasi Ekowisata di Indonesia yang Spektakuler

Sebagai Rekomendasi untuk mencoba merasakan bagaimana seru dan menariknya rekreasi di Ekowisata, berikut ini adalah Destinasi Ekowisata yang Spektakuler dan sangat cocok untuk menjadi tujuan Liburan.

1. Ekowisata Mangrove PIK 

Ekowisata di Indonesia yang pertama adalah Ekowisata Mangrove PIK di Jakarta Utara. Ekowisata seperti ini sangat berdampak baik, terlebih dengan suasana Ibu Kota Negara yang super metropolitan yang dimana-mana pasti ada kuda besi dan Polusi.

Mangrove PIk ini adalah tujuan Rekreasi yang sangat baik untuk di Kunjungi, selain ketenangan serta kesejukan dari kawasan Ekowisata ini memiliki Tiket masuk yang tidak begitu mahal seperti taman ancol.

ekowisata di indonesia yang spektakuler
jakrtamangrove.id


Mangrove PIK ini berada besebelahan dengan kawasan elite pantai Indah Kapuk di Jakarta Utara, tepatnya Kawasan Ekowisata Magrove Pik berada di kelurahan Kamal Muara, Jakarta Utara.

Ekowisata Magrove Pik ini juga kerap di sebut sebagai Surga Hijau di Jakarta, karena memang Ibu Kota Negara ini merupakan sebagian wilahnya di penuhi dengan Gedung yang menjulang. Tak heran jika di sebut sebagai Surga Hijau, pasalnya Ekowisata ini memiliki kawasan yang cukup Luas, sekitaran 99,82 Hektare.

Harga tiket kawasan ekowisata Manggrove Pik 

*harga tiket berikut berdasarkan dari Situs Resmi Jakartamangrove.id

Baca Juga Dong : Menikmati Suasana Hutan Mangrove Kampung Sejahtera

Harga Tiket Magrove Pik

Turis Nusantara
Dewasa: Rp. 30.000 / Orang (Rp. 35.000 untuk hari sabtu/minggu/libur)
Anak-anak: Rp. 15.000 / Orang (Rp.20.000 untuk hari sabtu/minggu/libur)


Turis Mancanegara (tanpa KITAS)
Rp. 150.000 / Orang (Rp. 170.000 untuk hari sabtu/minggu/libur)

Parkir Motor
Rp. 5.000 / Unit

Parkir Mobil
Rp. 10.000 / Unit

Parkir Bus
Rp. 50.000 / Unit

Masih banyak lagi yang bisa di Lakukan di kawasan Ekowisata Magrove Pik ini, seperti Speed Boat, Perahu Dayung, Perahu Kano, Perahu Kodok. yang masing-masing memiliki tarif tersendiri dari setiap wahana yang dipilih. Untuk detai harga dari masing-masing wahana tersebut bisa langsung mengunjungi situs resmi dari Jakartamangrove.id

2. Tangkahan Eco Tourism, Sumatera Utara

Ekowisata di Indonesia berikunya adalah Tangkahan Eco Tourism. Tangakahan eco Tourism berada di Kabupaten Binjai, Sumatera Utara.

Ekowisata Tangkahan Langkat


Kawasan Ekowisata ini memberikan sensasi yang sangat spektakuller, dimana pengunjung Bisa berinteraksi dengan Gajah secara Langsung, serta mengedukasi diri tentang pentingnya kelestarian satwa yang ada di Kawasana Eco Tourism Tangkahan ini.

Yang menarik dari Ekowisata Tangkahan ini adalah pengunjung bisa melakukan berbagai Hal menarik lainnya selain dari mengamati Gajah. Pengunjung juga bisa berseru seruan dengan wisata River Tubing di Tangkahan dan menyusuri Gua serta pemandian Air Panas

3. Ekowisata Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur adalah Ekowisata Terbesar dan paling populer di Indonesia. Taman Nasional ini memiliki satwa endemik khas pulau Komodo yang tidak akan bisa di temui di Daerah Lainnya di Indonesia.

ekowisata indonesia
gambar by wikipedia


Taman Nasional Komodo akan memberikan edukasi tentang pelestarian satwa langkah yang di Lindungi serta bisa melihat bagaimana peranan masyarakat yang aktif dalam pelestarrian Lingkungan Hidup.

Ekowisata Taman Nasional Komodo merupakan Ekowisata yang sudah mendunia, tak jarang wisatawan Asing menjadikan Pulau ini sebagai tujuan Ekowisata yang menjadi prioritas untuk mengamati Satwa endemik Indonesia ini.

Lokasi Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo yang secara administratif masuk ke dalam wilayah Nusa Tenggara Timur. Ekowisata ini terbagi menjadi tiga Pulau Besar yang masuk dalam kawasannya, yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar

Baca  Juga Dong : Rekomendasi Area Camping Ground yang  Bagus di Bengkulu 

4. Desa Wisata Tembi Yogyakarta

Desa Wisata Tembi adalah yang paling cocok untuk kalian yang ingin merasakan suasana serta Nuansa Pedesaan yang masih sangat Alami.  Di Ekowisata Desa Wisata tembi ini kalian juga akan di kenalkan dengan Budaya Masyarakat lokal.

Bukan hanya itu saja, di sini pengunjung bisa merasakan bagaimana serunya membuat batik, bisa belajar bertanam padi, serta memancing. terlepas dri itu pengunjung juga bisa mengedukasikan diri tentang bagaimana pentingnya menjaga lingkungan dari Desa ini.

Yang menarik dari Desa Wisata Tembi ini adalah adanya Museum Rumah Budaya Tembi yang menyimpan berbagai barang bersejarah seperti Keris persnjataan jawa, Alat masak tradisional Jawa seperti dandang, Peralatan Seni seperti gamelan dan Alat Membatik.

Ekowisata Desa Wisata Tembi terletak di Jl parangtritis, Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Bantul Daerah Istimewah Yogyakarta

Penutup

Dengan adanya Ekowisata di Indonesia ini di harapkan bisa menjaga kelestarian Lingkungan dan Budaya yang terkandung di dalamnya, Selain dari itu melalui Ekowisata ini di harapkan bisa menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya menjaga Kelangsungan Flora dan Fauna endemik Indonesia.

Indonesia yang memiliki potensi Ekowisata yang luar biasa juga di harapkan bisa menjadi penyumbang devisa negara melalui Sektor pariwisatanya, mari kita sama-sama menjaga dan mengEdukasikan diri serta ikut berperan aktif dalam menjaga kelestarian Lingkungan Hidup.

Akhir kata semoga melaui artikel ini bisa menumbuhkan semangat dalam menjaga Lingkungan dan alam kita Indonesia, terimakasih sudah berkenan mampir di Sepatukusam

Tabik

Trio saputra
Seorang yang menyukai Kopi

Related Posts

Posting Komentar