Yuk Mengenal Fotografi Makro Beserta Cara Melakukannya Dengan Baik dan Benar

8 komentar
mengenal fotografi makro beserta cara melakukannya dengan baik dan benar

Fotografi Makro  memberikan tekstur Foto yang menarik dari objek secara mendetail dengan Fokus yang sempurna serta ketajaman gambar membuat para penikmatnya akan merasakan suatu perasaan yang menyenangkan dengan keindahan dari Objeknya.

Beitupun dengan saya yang saat pertama mencoba memotret dengan  Fotografi Makro ini. Awalnya hanya ingin memotret bunga dan kupu-kupu di pekarangan rumah saja. Saat pertama memotret ini saya masih menggunkan Lensa Tamron 70-300 Makro.

Mulai Menyukai Aliran fotografi yang satu ini karena saat pertama saya malah mendapat hasil foto yang cukup memuaskan untuk kategori pemula seperti saya, Xixi. Meskipun masih kurang bagus namun ini adalah suatu hal yang cukup memuaskan sih.

Fotografi Makro bagiku sangat menyenangkan dimana kita seperti melatih kesabaran untuk mendapatkan sebuah hasil yang indah. Sperti aliran Fotografi yang lainnya, jenis Fotografi Makro ini juga memerlukan teknik yang baik untuk mendapatkan hasil yang baik juga.

Sekedar cerita-cerita sih, yuk kita sama-sama mengenal dan belajar tentang Fotografi Makro. Melalui Artikel ini saya juga akan membagikan tips, cara serta mengenal apa itu Fotografi Makro

Pengertian Fotografi Makro

Fotografi Makro atau Macro Photography adalah sebuah proses pengambilan foto yang dimana akan menghasilkan gambar sekitar 1:10 hingga 1:1 dari ukuran asli objeknya. Pada Umumnya Fotografi makro memilih objek yang kecil seperti kupu-kupu atau bagian kecil dari bunga dengan jarak yang dekat, serta mengutamakan ketajaman dan Detail dari objek tersebut.

Fotografi Makro juga merupakan sebuah aliran Fotografi yang banyak di pilih fotografer sebagai aliran yang menyenangkan, tak heran jika banyak sekali fotografer yang menekuni aliran yang satu ini.

Perlengkapan Fotografi Makro

Seperti jenis fotografi lainnya Fotografi Makro umumnya juga memiliki perlengkapan yang baik untuk memotret. Alat yang di gunakan pun sama saja dengan aliran fotografi pada umumnya, hanya saja ada sedikit berbeda dengan lensa yang di gunakan. berikut adalah perlengkapan yang umum di gunakan dalam proses pengambilan fotografi makro.

Kamera

Pertama adalah Kamera, meskipun ada alternatif lain seperti smartphone yang bisa di gunakan dalam pemotretan Fotografi makro ini. Namun ,menurut saya baiknya menggukan Kamera DSLR atau Mirrorless untuk mendapatkan hasil detai yang baik.

Karena seperti yang kita ketahui meskipun Kamera Smartphone bisa melakukan jenis foto ini, namun untuk mendapatkan hasil yang sempurna, Kamera DSLR dan Kamera Mirrorless lah yang paling baik untuk mendapatkan hasil yang indah.

Lensa

Pemilihan Lensa yang pas juga merupakan hal yang baik sebelum memulai Fotografi Makro. Pada Umumnya Fotografi Makro memiliki jenis lensanya sendiri. Namun bukan berarti aliran fotografi ini tidak bisa menggunakan lensa lain seperti lensa kit pun juga bisa melakukan aliran ini.

Salah satu Lensa yang bisa di gunakan adalah Lensa Tamron LD Di 70-300 mm, Lensa Tamron ini sudah memiliki fitur Macro di Focal Lens 180-300mm. Dengan Fitur ini cukup memberikan hasil yang baik dalam Fotografi makro. Saat pertama memotret Fotografi makro saya menggunakan Lensa Tamron ini, dan hasilnya pun cukup bagus sih menurut saya.

Tripod

Tripod pada umumnya di gunakan untuk mengurangi getar pada saat pengambilan gambar. Di jenis Fotografi Makro ini akan menggukan Shutter speed yang cukup kecil sehingga getar pada saat proses pengambilan gambar akan lebih berisiko, di sinilah peranan dari tripod ini akan sangat berguna dalam fotografi makro.

Filter

Pada fotografi Makro menggunakan filter bertujuan untuk mendapatkan hasil yang indah, serta bertujuan untuk mendapatkan warna natural yang baik. Fiter yang bisa di gunakan adalah Filter Close-Up. Filter ini berfungsi untuk memperbaik ketajaman serta memberikan efek blur yang sangat menarik.

Flash Trigger

Flash Trigger ini befungsi untuk menjadi sumber pencahayaan. Sebenarnya bisa menggunakan flas yang di pasang di body, namun nantinya akan terhalang oleh Lensa dan ini akan memberikan efek bayangan pada objek atau bahkan yang di hasilkan dari flash bawaan akan merubah warna pada foto nantinya.

Saat pencahayaan kurang memadai atau saat pengambilan pada malam hari, pencahayaan yang cukup akan memberikan efek yang baik juga pada gambar nantinya. Apalagi seperti yang kita ketahui pada bukaan lensa yang kecil atau pada Aperture di f 8-f 12  atau bahkan lebih ini akan menghasilkan foto yang cukup gelap. Menaikan ISO bisa di maksimalkan namun kan menghasilkan banyak Noise nantinya pada gambar. 

Teknik Melakukan Fotografi Makro

cara melakukan fotografi makro yang baik


Untuk mendapatkan hasil yang baik pastinya memerlukan teknik serta cara melakukan yang baik juga, selain Gear skill dalam Dunia fotografi juga sangat di perlukan. Sama halnya dengan macro photography juga memerlukan tenik untuk mendapatkan detai yang baik.

Pencahayaan 

Yang pertama paling wajib di perhatikan dalam Fotografi adalah pencahayaan. Pencahayaan yang baik akan menghasilkan foto yang baik juga, gambar dengan pencahayaan yang baik memilki kualitas yang indah. Meskipun bisa di perbaiki saat editing,namun alangkah baiknya jika pencahayaan tersebut di peroleh dengan natural.

Tips Pencahayaan fotografi makro : Waktu yang baik untuk mendapatkan cahaya yang baik dalam fotografi makro adalah pada kisaran jam 5 - jam 9 Pagi. Saat Matahari belum begitu terik, ini bertujuan untuk mengurangi over exposure pada gambar nantinya, dan meminimalisir terjadinya garis cahaya pada objek. 

Dan pada jam 4-6 sore untuk mendapatkan efek cahaya yang baik, atau bahkan bisa  pada wkatu malam,namun ini akan membutuhkan peralatan tambahan seperti Flash Trigger seperti yang di katakan di atas.

Jangan Memotret saat Angin

Hentikan pemotretan jika saat sedang ada Angin, ini akan membuat objek menjadi bergerak dan akan berdampak ke foto yang menjadi kurang fokus atau mis fokus pada objek. Apalagi saat ingin memotret serangga atau kupu-kupu di bunga.

Mengatur Jarak Lensa Dengan Objek

mengenal fotografi makro


Seperti yang di ketahui bahwa fotografi Makro ini memerlukan jarak yang ideal antara Lensa dengan Objek, ini bertujuan untuk mendapatkan ketajaman yang pas. Aturlah Focal lensa paling tajam, pada Lensa Macro biasanya ada pada focal antara 26mm-50mm dengan jarak lensa dan objek berkisaran 50cm-1 meter.

Jika menggunakan Lensa Tele Tamron 70-300 mm ada pada Focal 180-300mm dengan jarak 1 meter sampai satu meter setengah dari Objek untuk mendapatkan blur dan ketajaman yang maksimal.

Jangan Berisik

Saat sudah menentukan objek, baiknya untuk mendekat jangan terlalu berik atau kurangi pergerakan yang tidak perlu di lakukan. Karena serangga akan sangat sensitif dengan pergerakan dan membuatnya akan merasa terganggu.

Jangan Memakai Parfum yang berlebihan

Jika ingin menjadikan serangga sebagai objek ini akan menjadi poin yang sangat penting, pasalnya serangga akan sangat sensitif dengan bau yang menyengat dan ini akan membuat serangga akan merasa terganggu.

Jangan Mengambil Foto Hanya Sekali

Jika sudah ada kesempatan untuk memotrer jangan sia-siakan kesempatan, Jangan hanya mengambil satu gambar lakukanlah beberapa kali pengambilan dengan objek yang sama, agar nantinya bisa memilih mana yang memiliki hasil terbaik.

Lakukan dengan Angel yang  Berbeda

Sama halnya dengan Fotografi Landscape dan Potrait. Angel akan memberikan sudut pandang yang istimewah dari objek. Pilihlah Angel yang pas untuk mendapatkan hasil yang baik. Jangan lupa juga lakukan dengan berbagai sudut untuk mendapatkan Angel yang bagus dalam Fotorgrafi Makro.

Jangan Merusak

Sangat tidak keren jika mendapatkan hasil yang bagus dengan merusak bagian yang ada hanya untuk mendapatkan hasil yang indah. Jangan pernah sesekali merusak alam, apalagi sampai membunu atau mematahkan. Ini bertujuan agar nantinya kita bisa kembali lagi untuk memotret di tempat yang sama.

Penutup

Fotografi Makro sangat menyenangkan, dimana kita bisa menikmati keindahan ciptaan lewat jepretan kita. Nah itulah sedikt tips dan cara Melakukan fotografi Makro dengan baik. Mulailah mencoba jika hanya belajar teori tanpa Actions saja kita tak akan pernah tau dengan kesalahan.

Jangan lupa abadikan jepretan pertamamu agar menjadi sebuah kenagan dalam pertama melakukan Fotografi Makro, biar bisa terus semangat memperbaiki kesalah dan terus meningkatkan skill. yuk sama-sama belajar. semangat

Terimakasih sudah berkunjung ke Sepatukusam

Salam hangat dan Salam Motret

Tabik

Baca Juga Dong :

Trio saputra
Seorang yang menyukai Kopi

Related Posts

8 komentar

  1. Manteb banget sekarang 😁👍 gambare gede 😊

    BalasHapus
  2. Pembahasan yang berguna banget buat foto grafer amartir seperti saya nich. Thanks ilmu nya gan.

    Admin Bambu

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap kak sama-sama, semoga bermanfaat.hehe saya juga masih belajar kak

      Hapus
  3. Nah, ini nih master Photography, ternyata banyak teknik-teknik juga ya agar mendapatkan/menghasilkan foto yang keren, semoga di blog ini saya dapat belajar perihal teknik-teknik pengambilan gambar, terima kasih artikelnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. heehe, siap kang
      sama-sama belajar yuk tentang fotografi makro

      Hapus
  4. Beuuuh keren banget nih tips triknya. Baru tahu saya bang. Keren pisan boom 🔥

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, berdasarkan pengalaman prbadi aja sih bang
      alhamdulillah bisa bermanfaat kan bang

      Hapus

Posting Komentar