Cara Mempercepat Browser Chrome Dengan Mudah dan Praktis

 Sepatukusam.com - Untuk kalian nih yang Google Chromenya sering lemot, dan sering banget lama nunggin loading doang.

Nah, saya punya titipan tips dari temen yang bakalan jelasin bagaimana cara agar Browser Chrome bisa lebih cepat.


Cara Mempercepat Browser Chrome Dengan Mudah dan Praktis

Salah satu browser dengan jumlah pengguna terbanyak saat ini ialah Google Chrome. Browser ini memiliki banyak kelebihan sehingga diandalkan untuk mendulang kegiatan browsing. Walaupun dipelopori oleh perusahaan besar yaitu Google, Chrome kerap kali mengundang emosi pengguna karena memiliki kecepatan yang rendah pada "kondisi" tertentu. Masalah loading dan pemuatan halaman yang lama pun menjadi salah satu keluhannya.

 Mengenai hal ini, mestinya pengguna browser Chrome tidak mentah-mentah menyalahkan aplikasi dan komponennya sebagai penyebab utama. Pasalnya, ada banyak hal yang dilakukan oleh pengguna browser Chrome yang dapat menyebabkan terjadinya lemot bahkan force close. Berikut beberapa cara yang telah kami rangkum untuk mempercepat browser Chrome di perangkat anda.

Cara Mempercepat Browser Chrome

1. Gunakan Provider Tercepat di Daerah Anda

 Salah satu hal yang sangat mempengaruhi kecepatan dan loading browser Chrome ialah koneksi internet. Jika perangkat Anda tidak memiliki koneksi internet yang bagus, maka browser Chrome akan berkerja tidak seperti semestinya. Solusi yang tepat untuk mempercepat browser Chrome mengenai hal ini ialah dengan menggunakan provider terbaik. Artinya, gunakan provider kartu SIM yang memiliki koneksi atau jaringan yang bagus di daerah yang anda tempati.

2. Tutup Tab Yang Tidak di Perlukan

Apakah anda tahu? Banyaknya tab yang dibuka pada browser Chrome juga mempengaruhi kecepatan loading, loh. Jika ada tab yang terbuka namun tidak diperlukan, mestinya anda menutup tab tersebut dengan mengklik tombol silang di masing-masing tab atau menyeretnya ke arah kanan.

3. Bersihkan Cache

Sederhananya, Cache merupakan data-data penjelajahan yang disimpan agar halaman yang sama ketika diakses kedepannya bisa terbuka dengan cepat. Meskipun peranannya yang bagus karena mempercepat loading web, cache harus anda hapus karena nantinya akan menumpuk dan membuat kinerja browser Chrome anda melambat. Cara mempercepat browser Chrome ini juga sangat mudah dipraktikkan, cukup klik titik 3 di kanan atas, lalu pilih menu histori, terakhir klik hapus data penjelajahan.

4. Gunakan Tema Bawaan

Cara mempercepat browser Chrome selanjutnya ialah dengan menggunakan tema bawaan. Memang melakukan kustomisasi tema Chrome membuat tampilan browser ini lebih menarik. Namun, hal ini ternyata memberi dampak negatif seperti lemot dan lag disaat menjalankan nya. Tema Chrome condong diproses oleh GPU sehingga membuat GPU bekerja lebih keras, dan akhirnya membuat browser anda menjadi lag dan lemot. Oleh karena itu, tetap gunakan tema bawaan agar kinerja GPU menjadi lebih ringan.

5. Update Browser Chrome ke Versi Terbaru

Melalui pembaruan aplikasi, developer google chrome tentunya akan melakukan improvisasi dan peningkatan performa dari browser chrome sehingga program semakin lancar ketika dijalankan. Selain itu, peningkatan kualitas keamanan juga akan anda dapatkan ketika mengupdate aplikasi sehingga sulit terinfeksi Malware maupun virus lainnya.

Cara mempercepat browser chrome satu ini juga bermanfaat bagi kinerja perangkat anda loh. Aplikasi yang tidak diperbarui akan menggunakan prosesor yang lebih besar sehingga menghasilkan suhu perangkat yang tinggi. Yang mana hal ini akan membuat perangkat anda akan mudahnya kehabisan baterai.

6. Hapus Ekstensi Yang Tidak Digunakan

Bagi anda yang senang mendownload, pasti akan mengandalkan esktensi untuk memudahkan proses download. Ekstensi yang dapat digunakan juga beragam seperti ekstensi terjemahan, download video, dan lain sebagainya. Walaupun ekstensi ini sangat membantu, perlu diketahui bahwa ekstensi juga menggunakan RAM.

Yang mana akan membuat google chrome tidak bisa berjalan dengan baik jika anda menginstal terlalu banyak ekstensi. Maka dari itu, seleksi terlebih dahulu ekstensi yang tidak diperlukan dan hapus dari browser chrome anda.

7. Perbaiki Dengan Task Manager

Cara mempercepat browser chrome terakhir ialah dengan memanfaatkan fitur task manager. Jika browser chrome bermasalah seperti lemot dan lag, jangan langsung beranggapan bahwa koneksi internet sebagai penyebabnya. Hal ini juga harus anda perbaiki dengan fitur task manager. Lalu, bagaimana cara membuka fitur ini? Simak lebih lanjut.

Adapun caranya ialah dengan menekan tombol CTRL + ALT + DEL secara bersamaan. Setelah itu, akan muncul informasi mengenai program-program yang terdapat pada browser chrome anda. Beberapa program ini bisa anda disable jika dirasa tidak terlalu diperlukan.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan singkat mengenai langkah-langkah mempercepat browser chrome dengan mudah. Apabila anda ingin mendapatkan informasi seputar teknologi, blogging, tips, dan trik, silahkan kunjungi situs banghabibi.com.