Cara Mengembalikan Cahting WhatsApp yang Sudah Dihapus

Posting Komentar


Sepatukusam.com - Sering pesan Whatsapp tidak sengaja terhapus, atau saat berganti smartphone baru semua dokumen mendadak hilang menjadi hal terbebani. Namun ternyata bisa dikembalikan, terdapat beberapa cara mengembalikan chatting Whatsapp yang telah dihapus dengan mengikuti langkah seperti berikut:

Pakai Google Drive Untuk Backup Data dan Chat

Sebelum berganti smartphone baru, jangan terburu-buru uninstall aplikasi Whatsapp. Sebelumnya lakukan backup data pada akun Google Drive pengguna. Cara tersebut juga berlaku untuk pengembalian riwayat chatting yang terhapus, semakin sering backup data pemulihan mudah dilakukan.

Pada fitur backup seringnya bekerja otomatis kemudian file disimpan dalam memori internal handphone. Akan tetapi, backup manual juga bisa dilakukan. Pertama buka aplikasi, klik simbol titik tiga di pojok atas, pilih setelan, klik chat, pilih cadangan chat pada bagian bawah.

Klik sekali lagi pada cadangkan untuk segera melakukan backup data, pastikan tempat google drive yang dipilih sesuai akun email pengguna. 

Pada menu backup chat, selain percakapan dapat juga mencadangkan video yang terhapus ataupun hilang dengan menandai menu include videos. Tunggu dengan sabar sampai pencadangan selesai sempurna, usahakan jaringan internet tersedia.

Jika sudah melakukan pencadangan chat, secara otomatis chat akan tersimpan di akun drive, pastikan nomor handphone tetap. Jadi tidak perlu khawatir akan kehilangan chat pada handphone baru atau whatsapp yang sedang di uninstal. 

Selain itu jika kamu mengalami masalah pada saat menginstall aplikasi di Play Store dan tidak kompatibel, kamu dapat mencoba cara ini: Mengatasi Tidak kompatibel di Play Store.

Mendownload Kembali Aplikasi WhatsApp

Tahap selanjutnya setelah berhasil back up di Google Drive, cara mengembalikan chatting whatsapp yang telah terhapus ialah dengan menginstal ulang aplikasi. Pastikan masukkan nomor handphone pengguna yang sama saat di awal untuk cara mengembalikan chatting whatsapp yang telah dihapus.

Selanjutnya akan muncul notifikasi berupa Restore Backup, tekan Restore, otomatis akan mengunduh data chat media whatsapp yang lalu. 

Namun jika restore gagal mendeteksi pencadangan chat biasanya terjadi kesalahan tempat akun pencadangan di Google drive yang tidak sama dengan akun sebelumnya.

Pastikan Mempunyai Aplikasi File Explorer

Ketika pencadangan ke Google Drive ternyata WhatsApp juga melakukan pencadangan di penyimpanan internal handphone, maka memori ruang harus mencukupi. Aplikasi ES Explorer digunakan untuk mengelola file, pastikan mempunyai aplikasi seperti ini jika belum, download di Playstore.

Buka aplikasi kemudian cari folder whatsapp, klik databases. Jika  data tidak ditemukan di kartu SD, mungkin berada penyimpanan internal atau penyimpanan yang lain.

Selanjutnya dari nama msgstore.db.crypt8 gantikan kata ke msgstore.db.crypt8.current. Waktu pencadangan akan sedikit lama jika protokol yang digunakan tidak yang terbaru. Ingat tidak diperbolehkan mengganti nomor ekstensi crypt. 

Selanjutnya baru lakukan install ulang aplikasi kemudian klik restore pada tampilan memulihkan percakapan.

Terdapat ketentuan khusus, dikarenakan backup ini hanya backup lokal, handphone dapat membantu backup lokal selama seminggu terakhir. 

Selebihnya jika file pemulihan yang diinginkan lebih dari 7 hari, maka pencadangan lokal tidak bisa memulihkannya.

Lakukan disaat baterai handphone penuh/ mencukupi ketika proses backup chat, karena cadangan pertama akan berjalan lumayan lama sejalan dengan ukurannya. 

Saat pencadangan seterusnya, chat akan bersifat inkremental, yaitu backup hanya salinan perubahan yang dibuat sejak pencadangan data tambahan sebelumnya. 

Sehingga mempunyai keunggulan kecepatan backup cepat namun, berbanding terbalik dengan kecepatan restore. Berhubungan Aplikasi File Manager, jika kamu kehilangan file yang terhapus permanen, kamu dapat mengembalikan file yang terhapus permanen.

Itulah  cara mengembalikan chatting WhatsApp yang telah dihapus. Ini hanya bisa dilakukan oleh handphone android, tidak berlaku pada whatsapp iOS. 

Pada WhatsApp di handphone android menggunakan Google Drive untuk backup data dan restore data. Sedangkan pada handphone iPhone tidak menggunakan whatsapp versi android tetapi whatsapp iOS dan menggunakan iCloud untuk pencadangan chat.

 

Trio saputra
Tetaplah menjadi Versi diri sendiri, Berdirilah di atas kaki Sendiri dan Berjuanglah tanpa harus memberatkan Orang Lain

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter